Whatsapp Share Like Simpan

Apakah Ibu pernah mendengar fakta-fakta anak pertama? Ternyata fakta anak pertama cukup berbeda dibandingkan adik-adiknya yang lain. Sebab, urutan anak dalam keluarga terkadang membuat setiap anak memiliki ciri khasnya sendiri. Meskipun setiap anak memiliki keunikan dan karakter masing-masing, akan lebih baik jika Ibu mengetahui pula fakta anak pertama untuk bisa mendidiknya dengan baik. Simak penjelasan tentang fakta anak pertama di bawah ini, yuk!

  • Memiliki rasa tanggung jawab

    Penelitian yang dilakukan oleh komunitas YouGov menunjukkan bahwa fakta anak pertama ternyata memiliki rasa tanggung jawab yang lebih tinggi dibandingkan saudaranya yang lebih muda. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan sekitar 54 persen anak pertama lebih yakin bahwa dirinya cukup bertanggung jawab dibandingkan adik-adiknya.

    Untuk anak pertama yang berusia di atas 4 tahun, Ibu sudah bisa mengajarkan rasa tanggung jawab dari hal-hal sederhana, seperti membereskan mainannya sendiri, meminta si Kecil untuk membuang sampah pada tempatnya, atau menyimpan piring makan ke tempat cuci. Membiasakan rasa tanggung jawab pada si Kecil memang membutuhkan kesabaran karena di usia tersebut anak-anak masih harus sering diingatkan berulang kali agar terbiasa.

  • Bisa diandalkan

    Fakta anak pertama yang selanjutnya yaitu dianggap lebih bisa diandalkan dibandingkan adik-adiknya. Fakta anak pertama ini telah dibuktikan dalam penelitian di National Bureau of Economic Research (NBER) yang dilansir dari laman resmi Elite Daily.

    Sikap bisa diandalkan ini mungkin saja berkaitan dengan label mereka sebagai kakak dan anak pertama yang punya tanggung jawab untuk menjadi contoh bagi adik-adiknya, sehingga ada sikap agar ia bisa diandalkan oleh orang tua, adik, dan orang di sekitarnya.

    Artikel Sejenis

    Fakta anak pertama ini bisa Ibu optimalkan dengan pemberian nutrisi yang penting untuk perkembangan otak si Kecil agar lebih kreatif, di antaranya DHA, omega 3, omega 6, minyak ikan, kolin, sphingomyelin, asam sialat, dan tirosin. Dengan begitu, fakta anak pertama tak hanya bisa diandalkan, tetapi juga bisa tumbuh jadi anak yang lebih kreatif dan cerdas.

  • Mandiri

    Tahukah Ibu bahwa ketika orang tua memberikan tanggung jawab sekaligus kepercayaan kepada anak, hal tersebut pun dapat menumbuhkan sikap mandiri? Ya, itulah salah satu fakta anak pertama yang perlu Ibu ketahui.

    Fakta anak pertama terkait sikap mandiri juga berkaitan dengan poin sebelumnya, yaitu rasa tanggung jawab dan bisa diandalkan. Meskipun begitu, perlu diingat kembali bahwa kemandirian seseorang juga tidak muncul begitu saja, melainkan dari kebiasaan yang terus menerus Ibu ajarkan dan biasakan sejak dini.

    Fakta anak pertama ini bisa Ibu ajarkan pada anak usia 4-6 tahun dari beberapa kebiasaan, seperti makan makanannya sendiri, membereskan mainan yang telah dimainkan, mengajari anak untuk berani tidur sendiri, dan lain sebagainya. Kebiasaan-kebiasaan tersebut bisa menciptakan kemandirian sebagai salah satu fakta anak pertama.

    Baca juga: Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Si Kecil

  • Bisa jadi pemimpin

    Fakta anak pertama yang biasanya terlihat yaitu sikap kepemimpinannya. Tak hanya untuk sang adik, terkadang Ibu juga bisa melihat karakter anak pertama yang menjadi pemimpin bagi orang tuanya. Ini karena rasa tanggung jawab yang ia miliki dan akhirnya memunculkan sikap kepemimpinan di dalam dirinya.

    Saat anak pertama Ibu masih berusia 4-6 tahun, ada beberapa hal yang bisa Ibu lakukan untuk melatih jiwa kepemimpinannya, seperti mendorong ia untuk belajar memimpin do’a saat makan bersama adik, menerapkan sikap disiplin, berani beropini, dan lain sebagainya. Jiwa kepemimpinan ini pun sebaiknya diimbangi oleh sikap tangguh yang dimiliki oleh anak pertama.

    Penting bagi Ibu untuk mengajarkan sikap tangguh dengan berbagai stimulasi serta asupan nutrisi harian yang tepat. Beberapa jenis nutrisi yang membantu si Kecil tumbuh menjadi anak tangguh di antaranya protein, zat besi, dan zinc.

  • Memiliki rasa percaya diri

    Fakta anak pertama yang perlu Ibu ketahui selanjutnya yaitu rasa percaya diri yang cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan adik-adiknya. Namun, perlu diingat lagi bahwa setiap anak itu unik dan memiliki rasa percaya diri yang berbeda.

    Munculnya rasa percaya diri pada anak juga dipengaruhi oleh asupan nutrisi yang ia konsumsi sejak dini lho, Bu. Sebab, rasa percaya diri muncul karena si Kecil tumbuh menjadi anak yang tinggi badannya optimal. Nah, untuk mendukung hal tersebut, Ibu perlu memenuhi asupan nutrisi seimbang, seperti 9 Asam Amino Esensial (9AAE), kalsium, magnesium, dan vitamin D3 agar si Kecil lebih tangguh.

    Nutrisi tersebut sangat penting dikonsumsi oleh anak-anak yang sedang dalam masa tumbuh kembang, termasuk saat si sulung berusia 4-6 tahun. Oleh karena itu, fakta anak pertama ini sebenarnya tidak muncul begitu saja, Ibu perlu mendukungnya dengan asupan nutrisi dan stimulasi sejak dini. 

Fakta anak pertama yang telah disebutkan di atas memang diambil dari sejumlah penelitian yang telah dilakukan secara langsung. Namun, setiap anak unik jadi karakter dan sikapnya bisa berbeda-beda. 

Hal yang dapat Ibu lakukan agar fakta anak pertama tersebut bisa tercermin dalam diri si Kecil adalah dengan membimbing dan mendukung apapun pilihan si Kecil selama itu positif dan baik untuk masa depannya kelak.

Selain fokus pada fakta anak pertama dan membentuk pribadinya jadi lebih positif, Ibu juga perlu ingat bahwa tumbuh kembang anak harus didukung dengan asupan nutrisi yang berkualitas agar lebih kreatif, tangguh, dan percaya diri. Salah satu nutrisi yang penting untuk dikonsumsi adalah susu Frisian Flag PRIMAGRO 3+.

Susu Frisian Flag PRIMAGRO 3+ mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap agar tumbuh kembang anak prima lebih optimal. Tahukah Ibu bahwa 9 Asam Amino Esensial (9AAE) harus dipenuhi dalam jumlah dan jenis yang lengkap? Ini karena penelitian dalam di National Center for Biotechnology Information membuktikan bahwa kekurangan 1 jenis 9 Asam Amino Esensial (9AAE) akan menurunkan potensi tinggi badan sebanyak -34% dan kekurangan semua jenis 9 AAE akan menurunkan potensi tinggi badan sebanyak -50%.

Selain itu, 9 Asam Amino Esensial (9AAE) juga tidak bisa diproduksi sendiri di dalam tubuh, sehingga sehingga harus didapatkan dari sumber protein berkualitas, salah satunya susu. Tanpa adanya 9 Asam Amino Esensial (9AAE), konsumsi zat gizi lain, seperti minyak ikan, DHA, dan AA, tidak akan diserap secara optimal oleh tubuh si Kecil.

Itulah sebabnya, susu Frisian Flag PRIMAGRO 3+ merupakan solusi tepat karena di dalamnya juga mengandung 8 kombinasi nutrisi penting lain untuk mendukung kreativitas si Kecil, seperti DHA 4x lebih tinggi, omega 3, omega 6, minyak ikan, kolin, sphingomyelin, asam sialat, dan tirosin tertinggi.

Tak hanya itu lho, Bu, susu Frisian Flag PRIMAGRO 3+ juga diperkaya dengan 5 kombinasi nutrisi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, di antaranya zat besi, vitamin D3, zinc, magnesium, dan vitamin C tertinggi. Dengan begitu, si sulung akan tumbuh menjadi anak yang kreatif, tangguh, dan percaya diri.