Memasuki trimester kedua, Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi asupan bernutrisi seperti susu Ibu hamil trimester 2 sebagai upaya membantu pertumbuhan dan perkembangan janin. Salah satu susu Ibu hamil trimester 2 yang bisa jadi pertimbangan Ibu adalah susu Frisian Flag PRIMAMUM yang mengandung tinggi DHA yang bermanfaat untuk dukung Akal Cermat dan Imunitas si Kecil, serta 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal. Susu ini juga mengandung 9 nutrisi penting untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh Ibu dengan rasa cokelat yang lezat dan pasti disukai Ibu. 

Banner Register
Banner AKP
Banner Register
Banner Pop Up

Susu Ibu hamil trimester 2 sangat penting dalam memastikan kesehatan dan pertumbuhan janin yang sehat. Trimester kedua kehamilan adalah periode penting di mana janin sedang berkembang dan tumbuh dengan cepat.

Kebutuhan gizi Ibu hamil trimester 2 juga akan semakin meningkat. Lantas apa saja nutrisi yang harus ada dalam susu Ibu hamil trimester 2? Simak selengkapnya ya, Bu.

Kandungan Nutrisi Susu Ibu Hamil Trimester 2 yang Bagus

Ada berbagai nutrisi yang diperlukan oleh Ibu hamil di trimester 2. Selain dari makanan, nutrisi Ibu hamil trimester 2 juga perlu didukung dengan asupan tambahan susu kehamilan yang tepat.

Berikut ini adalah nutrisi yang sebaiknya ada dalam susu kehamilan yang Ibu pilih untuk mendukung perkembangan janin di trimester kedua:

Artikel Sejenis

  1. Protein
  2. Protein merupakan nutrisi yang sangat penting bagi pertumbuhan janin dan juga untuk memperbaiki sel-sel tubuh Ibu hamil. Pada trimester kedua kehamilan, Ibu memerlukan sekitar 70-75 gram protein setiap harinya.

    Konsumsi protein sebanyak 75-100 gram per hari dapat membantu meningkatkan pertumbuhan janin serta mengoptimalkan kesehatan Ibu hamil.

  3. Zat besi
  4. Ibu hamil trimester 2 memerlukan zat besi sekitar 24-27 mg per hari. Konsumsi zat besi sebanyak 27 mg per hari dapat membantu mencegah anemia pada Ibu hamil dan membantu meningkatkan kualitas darah.

  5. Asam folat
  6. Asam folat sangat penting untuk membantu pembentukan sistem saraf janin yang sehat. Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG), Ibu hamil trimester 2 memerlukan 600 mcg asupan asam folat setiap harinya.

    Konsumsi asam folat sebanyak 600 mcg per hari dapat membantu mengurangi risiko cacat tabung saraf pada janin serta meningkatkan kesehatan Ibu hamil.

  7. Kalsium
  8. Kalsium merupakan nutrisi penting bagi Ibu hamil karena pada masa ini, janin mulai membangun tulang dan gigi. Kebutuhan kalsium Ibu hamil trimester 2 bertambah 200 mg dari yang seharusnya.

    Konsumsi kalsium sebanyak 1000 mg per hari dapat membantu memperkuat tulang dan gigi janin serta membantu mencegah osteoporosis pada Ibu hamil.

  9. Vitamin D
  10. Vitamin D juga sangat penting untuk membantu pembentukan tulang dan gigi janin. Vitamin D juga dapat membantu meningkatkan kesehatan Ibu hamil.

    Konsumsi vitamin D sebanyak 600-800 IU per hari dapat membantu memperkuat tulang dan gigi janin serta membantu meningkatkan kesehatan Ibu hamil.

  11. Omega-3
  12. Omega-3 sangat penting untuk membantu perkembangan sistem saraf janin lho, Bu. Ibu hamil trimester 2 membutuhkan sekitar 1,4 gram asupan omega-3 mg per hari.

    Mengonsumsi cukup asupan omega-3 dapat membantu meningkatkan perkembangan sistem saraf janin serta membantu mengurangi risiko bayi lahir prematur.

Semua kebutuhan nutrisi Ibu hamil trimester 2 bisa Ibu temukan dalam kandungan susu Frisian Flag PRIMAMUM yang dilengkapi dengan DHA, 9 Asam Amino Esensial (AAE), asam folat, asam lemak omega-3, zat besi, kalsium, vitamin C seng, hingga serat pangan inulin.

Satu gelas Frisian Flag PRIMAMUM mengandung energi sebanyak 180 kalori, DHA 34 mg, protein 9 gram dan nutrisi penting lainnya dalam jumlah yang disesuaikan dengan tambahan nutrisi yang dIbutuhkan Ibu selama periode kehamilan.

Baca juga: Tips Memilih Susu Ibu Hamil yang Tepat dan Tidak Bikin Mual

Manfaat Susu Ibu Hamil Trimester 2

manfaat susu ibu hamil trimester 2 - ibudanbalita

Susu Ibu hamil merupakan sumber nutrisi penting bagi perkembangan janin dalam kandungan. Berikut ini adalah beberapa manfaat susu Ibu hamil trimester 2:

  1. Menyediakan nutrisi penting untuk pertumbuhan janin
  2. Susu Ibu hamil trimester 2 kaya akan nutrisi penting seperti protein, kalsium, vitamin D, dan asam folat. Nutrisi-nutrisi ini sangat penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang sehat.

  3. Meningkatkan kesehatan tulang
  4. Susu Ibu hamil trimester 2 kaya akan kalsium dan vitamin D yang penting untuk kesehatan tulang. Kalsium membantu membangun dan memperkuat tulang janin, sementara vitamin D membantu penyerapan kalsium.

  5. Meningkatkan kekebalan tubuh
  6. Susu Ibu hamil trimester 2 juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dapat membantu melindungi Ibu hamil dan bayi dari penyakit dan infeksi.

  7. Meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan
  8. Trimester kedua kehamilan seringkali diiringi dengan kelelahan dan kekurangan energi. Susu Ibu hamil trimester 2 dapat membantu meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan karena kandungan protein dan vitamin B yang tinggi.

  9. Meningkatkan produksi ASI
  10. Ketika bayi lahir, produksi ASI sangat penting untuk kesehatan dan pertumbuhan bayi. Mengonsumsi susu Ibu hamil trimester 2 dapat membantu meningkatkan produksi ASI.

Demi mendapatkan manfaat minum susu Ibu hamil trimester 2 yang optimal, Ibu juga perlu mengonsumsi makanan bergizi seimbang.

Baca juga: 4 Cara Asyik Menikmati Kehamilan Trimester Ketiga

Makanan yang Bagus untuk Ibu Hamil Trimester 2

makanan yang bagus untuk ibu hamil trimester 2 - ibudanbalita

Selama menjalani kehamilan, Ibu harus mendapatkan cukup asupan vitamin, mineral, protein, lemak, dan karbohidrat untuk mendukung pertumbuhan janin yang sehat. 

Trimester kedua merupakan tahap dimana janin yang ada di dalam rahim Ibu mengalami perkembangan yang signifikan, mulai dari perkembangan otak, jantung, ginjal, sampai paru-paru.

Salah satu makanan Ibu hamil trimester 2 yang direkomendasikan untuk mendukung pertumbuhan janin adalah buah-buahan seperti berikut:

  1. Pisang
  2. Buah yang bagus untuk ibu hamil trimester ke-2 ini diketahui mengandung kalium yang sangat dibutuhkan oleh bumil. Melansir dari FatSecret, satu buah pisang berukuran sedang terdapat 422 mg kandungan kalium di dalamnya.

    Kalium membantu mengatur tekanan darah dan cairan dalam tubuh, sehingga membantu meminimalisir kram kaki selama kehamilan. Asupan kalium yang cukup juga akan membantu perkembangan si Kecil dalam kandungan.

    Pisang juga mengandung vitamin C, vitamin B6, dan serat yang bermanfaat untuk membantu mengatasi berbagai gejala kehamilan seperti mual, sembelit, dan muntah.

  3. Apel
  4. Apel mengandung serat dalam jumlah yang cukup besar. Mengonsumsi satu buah apel berukuran besar akan membantu Ibu memenuhi 5,1 gram asupan serat harian.

    Memenuhi asupan serat melalui konsumsi makanan Ibu hamil trimester 2 yang tinggi serat seperti buah apel dapat membantu mengatur pencernaan.

  5. Semangka
  6. Semangka adalah buah yang bagus untuk ibu hamil trimester ke-2 karena tinggi vitamin A, vitamin B6, dan vitamin C. Buah semangka juga memiliki kandungan kalium yang bisa meredakan kram selama menjalani masa kehamilan.

    Selain itu, buah ini juga mengandung magnesium yang dapat membantu Ibu terhindar dari kontraksi dini, meredakan rasa mual di pagi hari, hingga membuat otot lebih rileks. 

  7. Jeruk
  8. Jeruk merupakan salah satu sumber asam folat yang membantu perkembangan otak si Kecil. Menurut CDC, ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi setidaknya 400 mcg asam folat per hari selama kehamilan.

    Tingginya kadar air dalam jeruk juga bisa membantu Ibu tetap terhidrasi. Selain itu, jeruk juga kaya akan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan yang berfungsi untuk membantu mencegah kerusakan sel dalam tubuh.

  9. Mangga
  10. Mangga memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C yang merupakan vitamin ibu hamil trimester 2 berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah infeksi saluran pernapasan ketika si Kecil lahir kelak.

    Si Kecil yang kekurangan vitamin A saat lahir dikaitkan dengan kekebalan yang lebih rendah dan risiko komplikasi yang lebih tinggi, seperti diare dan infeksi saluran pernapasan.

    Meski mangga termasuk dalam daftar makanan Ibu hamil trimester 2 yang bagus, Ibu sebaiknya tidak mengonsumsinya terlalu berlebihan ya, Bu. Sebab, mangga diyakini dapat memicu terjadinya kontraksi.

  11. Berries
  12. Strawberry, blueberry, dan raspberry juga termasuk buah yang bagus untuk ibu hamil trimester ke-2. Pasalnya, berries mengandung banyak kalium, folat, dan vitamin C di dalamnya.

    Kalium pada buah berry dapat menjaga tekanan darah yang diperlukan untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh, sementara kandungan folat dan vitamin C dapat membantu mencegah anemia pada ibu hamil.

  13. Buah Pir
  14. Ada banyak manfaat buah pir yang akan Ibu dapatkan dengan mengonsumsi buah pir. Buah yang masih satu spesies dengan buah apel ini mengandung kalium, folat, serat, dan vitamin C yang tinggi.

    Mengonsumsi pir secara rutin bisa membantu Ibu terhindar dari gangguan pencernaan yang sering dikeluhkan saat hamil. Sedangkan kandungan kalsium dan folat dapat merangsang pertumbuhan sel-sel tubuh si Kecil dalam rahim.

  15. Sayuran
  16. Sayuran seperti brokoli, kacang hijau, wortel, kubis, dan okra mengandung magnesium dan kalsium yang baik untuk kesehatan Ibu hamil. Jangan memasak sayuran terlalu lama untuk mendapatkan nutrisinya secara maksimal.

  17. Yoghurt plain
  18. Yoghurt plain tanpa pemanis bisa menjadi camilan sehat untuk Ibu hamil yang kaya kalsium. Tambahkan buah berry yang mengandung magnesium, seperti blackberry atau strawberry untuk menambah manfaatnya.

Ternyata cukup banyak makanan yang bagus untuk ibu hamil trimester 2 ya, Bu. Berbagai makanan di atas bisa Ibu jadikan camilan sehat atau bisa juga dikreasikan menjadi olahan makanan agar tidak bosan. 

Baca juga: Perubahan Tubuh Ibu Hamil yang Tampak pada Trimester 2

Selama kehamilan, Ibu memerlukan tambahan energi, protein dan nutrisi penting lainnya untuk mendukung kesehatan Ibu dan tumbuh kembang janin yang sehat dan optimal. Selain mengonsumsi makanan bergizi, Ibu juga perlu mengonsumsi susu ibu hamil yang mengandung tinggi DHA untuk mendukung perkembangan otak janin, 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal serta 9 nutrisi penting lainnya seperti; tinggi asam folat, Omega 3 (ALA), Omega 6 (LA), tinggi zat besi, serat pangan inulin, tinggi vitamin C, protein, tinggi kalsium dan tinggi seng untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh Ibu selama periode kehamilan.

Frisian Flag PRIMAMUM adalah susu ibu hamil untuk dukung Akal Cermat dan Imunitas si Kecil yang dilengkapi dengan DHA serta 9 Asam Amino Esensial (AAE) selama periode kehamilan. Satu gelas Frisian Flag PRIMAMUM mengandung energi sebanyak 180 kalori, DHA 34 mg, protein 9 gram dan 9 nutrisi penting lainnya dalam jumlah yang disesuaikan dengan tambahan nutrisi yang dibutuhkan ibu selama periode kehamilan. Frisian Flag PRIMAMUM tersedia dalam rasa cokelat yang lezat, tidak membuat enek atau mual serta enak disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin. Optimalkan tumbuh kembang janin dengan susu Frisian Flag PRIMAMUM!

Sebagai tambahan informasi, Ibu juga bisa lho memanfaatkan fitur-fitur yang terdapat dalam Akademi Keluarga Prima, salah satunya fitur Kamus Kehamilan untuk mencari informasi tentang kehamilan, asupan nutrisi, dan hal-hal lain yang penting bagi Ibu hamil. Yuk, coba fiturnya sekarang juga. 

Jangan lupa registrasikan data Ibu untuk informasi dan fitur lengkap seputar kehamilan dan tumbuh kembang si Kecil dari Ibu dan Balita. Selain itu, dengan bergabung sebagai member Ibu dan Balita, Ibu juga dapat memperoleh poin yang akan bisa ditukarkan dengan hadiah dan promo yang menarik. Yuk, daftar sekarang!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.