Memasuki trimester kedua kehamilan, Ibu disarankan untuk mengonsumsi makanan tinggi vitamin dan mineral seperti buah-buahan sebagai upaya membantu pertumbuhan dan perkembangan janin. Selain beberapa buah yang bagus untuk ibu hamil trimester ke-2, Ibu juga disarankan mengonsumsi susu ibu hamil seperti susu Frisian Flag PRIMAMUM yang mengandung 9 Asam Amino Esensial (AAE), protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya dan tinggi DHA yang bermanfaat untuk perkembangan otak dan 9 nutrisi penting lainnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil di 1000 hari pertama kehidupannya dengan rasa cokelat yang lezat dan pasti disukai Ibu.

Mengonsumsi buah selama kehamilan trimester ke-2 dapat bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil, seperti mengurangi intensitas sembelit yang kerap menjadi keluhan saat hamil muda. Simak apa saja buah yang bagus untuk ibu hamil trimester ke-2 berikut ini yuk, Bu.

Daftar Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil Trimester Ke-2 

Selama menjalani kehamilan, Ibu harus mendapatkan cukup asupan vitamin, mineral, protein, lemak, dan karbohidrat untuk mendukung pertumbuhan janin yang sehat. Buah-buahan dapat menjadi sumber vitamin dan mineral sehat yang bisa Ibu konsumsi. 

Trimester kedua merupakan tahap dimana janin yang ada di dalam rahim Ibu mengalami perkembangan yang signifikan, mulai dari perkembangan otak, jantung, ginjal, sampai paru-paru.

Dari sekian banyak buah yang ada, Ibu tidak boleh sembarangan memilihnya. Berikut beberapa daftar buah yang bagus untuk ibu hamil trimester ke-2: 

Artikel Sejenis

  1. Pisang

    Buah yang bagus untuk ibu hamil trimester ke-2 ini diketahui mengandung kalium yang sangat dibutuhkan oleh bumil. Melansir dari FatSecret, satu buah pisang berukuran sedang terdapat 422 mg kandungan kalium di dalamnya.

    Kalium membantu mengatur tekanan darah dan cairan dalam tubuh, sehingga membantu meminimalisir kram kaki selama kehamilan. Asupan kalium yang cukup akan menjaga keseimbangan elektrolit dan membantu perkembangan si Kecil dalam kandungan.

    Pisang juga mengandung vitamin B6, vitamin C, dan serat yang bermanfaat untuk membantu mengatasi berbagai gejala kehamilan seperti mual, sembelit, dan muntah.

  2. Apel

    Apel mengandung serat dalam jumlah yang cukup besar. Mengonsumsi satu buah apel berukuran besar akan membantu Ibu memenuhi 5,1 gram asupan serat harian. 

    Memenuhi asupan serat melalui konsumsi buah yang bagus untuk ibu hamil trimester ke-2 seperti apel dapat membantu mengatur pencernaan. Gangguan pencernaan yang kerap Ibu alami ketika hamil biasanya disebabkan karena kurangnya mengonsumsi makanan berserat ya, Bu.

    Baca juga: 4 Rekomendasi Makanan Berserat untuk Ibu Hamil

  3. Semangka

    Semangka adalah buah yang bagus untuk ibu hamil trimester ke-2 karena tinggi vitamin A, vitamin B6, dan vitamin C. Bukan hanya itu saja, semangka juga memiliki kandungan kalium yang bisa meredakan kram selama menjalani masa kehamilan.

    Kandungan magnesium dalam semangka juga turut membantu melemaskan otot dan membantu mencegah kontraksi dini, meringankan gejala morning sickness, dan dehidrasi.

  4. Jeruk

    Buah jeruk sering direkomendasikan sebagai buah yang bagus untuk ibu hamil trimester ke-2. Jeruk merupakan salah satu sumber asam folat yang membantu perkembangan otak si Kecil. Menurut CDC, ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi setidaknya 400 mcg asam folat per hari selama kehamilan.

    Tingginya kadar air dalam jeruk juga bisa membantu Ibu tetap terhidrasi. Selain itu, jeruk juga kaya akan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan yang berfungsi untuk membantu mencegah kerusakan sel dalam tubuh. Tak heran jika jeruk menjadi salah satu buah yang bagus untuk ibu hamil trimester ke-2.

  5. Mangga

    Mangga menjadi salah satu buah yang bagus untuk ibu hamil trimester ke-2 lantaran mengandung vitamin C dan vitamin A. Kedua vitamin tersebut berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah infeksi saluran pernapasan ketika si Kecil lahir kelak. 

    Si Kecil yang kekurangan vitamin A saat lahir dikaitkan dengan kekebalan yang lebih rendah dan risiko komplikasi yang lebih tinggi, seperti diare dan infeksi saluran pernapasan.

    Meski mangga termasuk buah yang bagus untuk ibu hamil trimester ke-2, Ibu sebaiknya tidak mengonsumsinya terlalu berlebihan ya, Bu. Sebab, mangga diyakini dapat memicu terjadinya kontraksi.

  6. Berries

    Strawberry, blueberry, dan raspberry juga termasuk buah yang bagus untuk ibu hamil trimester ke-2. Pasalnya, berries mengandung banyak kalium, folat, dan vitamin C di dalamnya.

    Kalium pada buah berry dapat menjaga tekanan darah yang diperlukan untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh, transmisi saraf, dan kontraksi otot. Sementara kandungan folat dan vitamin C dapat membantu mencegah anemia pada ibu hamil.

  7. Buah Pir

    Ada banyak manfaat buah pir yang akan Ibu dapatkan dengan mengonsumsi buah pir. Buah yang masih satu spesies dengan buah apel ini mengandung kalium, folat, serat, dan vitamin C yang tinggi.

    Mengonsumsi pir secara rutin bisa membantu Ibu terhindar dari gangguan pencernaan yang sering dikeluhkan saat hamil. Sedangkan kandungan kalsium dan folat dapat merangsang pertumbuhan sel-sel tubuh si Kecil dalam rahim.

Ternyata cukup banyak jenis buah yang bagus untuk ibu hamil trimester ke-2 ya, Bu. Buah-buahan di atas bisa Ibu jadikan camilan sehat atau bisa juga dikreasikan menjadi olahan makanan agar tidak bosan.

Selama kehamilan, Ibu perlu tambahan nutrisi dan kalori untuk mendukung kesehatan Ibu dan tumbuh kembang janin. Selain mengonsumsi makanan bergizi, Ibu juga perlu mengonsumsi susu yang mengandung 9 Asam Amino Esensial (AAE), protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mengoptimalkan tumbuh kembang otak dan tulang janin serta menjaga kesehatan ibu), DHA dan 9 nutrisi penting lainnya seperti: asam folat, omega 3 (ALA)/DHA, Omega 6 (LA), zat besi, serat pangan inulin, vitamin C, protein, kalsium dan seng untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tambahan selama masa kehamilan.

Frisian Flag PRIMAMUM adalah susu ibu hamil dengan 9 Asam Amino Esensial (AAE), Tinggi DHA & 9 Nutrisi Penting untuk melengkapi nutrisi Ibu dan si Kecil selama periode kehamilan. Satu gelas Frisian Flag PRIMAMUM mengandung energi sebanyak 180 kalori, protein 9 gram, DHA 34 mg dan 9 nutrisi penting lainnya dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan ibu hamil. 

DHA sangat dibutuhkan di 1000 hari pertama kehidupan si Kecil sejak dalam kandungan untuk mendukung pertumbuhan sel otaknya. Frisian Flag PRIMAMUM tersedia dalam rasa cokelat yang lezat, tidak membuat enek atau mual serta enak disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin.

Sebagai tambahan informasi, Ibu juga bisa lho memanfaatkan fitur-fitur yang terdapat dalam Akademi Keluarga Prima, salah satunya fitur Kalkulator Kehamilan yang memudahkan Ibu untuk mengetahui Hari Perkiraan Lahir (HPL) si Kecil. Coba fiturnya di sini yuk, Bu.