Whatsapp Share Like Simpan

Apakah Ibu sedang menjalani masa kehamilan? Di momen penting ini sebaiknya Ibu mencukupi asupan nutrisi dan berbagai macam kebutuhan untuk menunjang kesehatan Ibu dan tumbuh kembang si Kecil dengan optimal. Ada satu cara yang bisa Ibu lakukan yaitu minum susu ibu hamil secara rutin.

Susu ibu hamil biasanya diformulasi khusus dengan berbagai nutrisi penting yang dapat mendukung kesehatan janin. Namun, penting bagi Ibu untuk memilih jenis susu ibu hamil yang tepat agar kebutuhan nutrisi harian tercukupi dengan baik. Lantas, bagaimana memilih susu ibu hamil yang tepat? Simak informasi lengkapnya dalam artikel ini ya, Bu.

Tips Memilih Susu Ibu Hamil yang Tepat

Berikut ini beberapa tips saat memilih susu ibu hamil yang tepat, di antaranya:

  1. Pilih susu ibu hamil yang berkualitas

    Saat mencari susu ibu hamil, pastikan Ibu memilih susu dari brand atau merek yang berkualitas. Artinya, susu tersebut memang sudah dipercaya untuk mendukung kebaikan Ibu dan janin selama masa kehamilan hingga menyusui. Dengan memilih susu ibu hamil yang berkualitas dan dipercaya, sudah pasti kebutuhan nutrisi harian akan tercukupi dengan baik, tentunya dengan diimbangi asupan nutrisi dari makanan bergizi lainnya.

  2. Mengandung nutrisi yang lengkap

    Ibu pasti ingin mendapatkan asupan nutrisi yang maksimal agar janin tumbuh dengan baik, bukan? Itulah sebabnya, Ibu perlu memilih susu ibu hamil yang mengandung nutrisi lengkap, baik untuk Ibu maupun si Kecil dalam kandungan. Ibu tidak perlu khawatir karena ada susu Frisian Flag PRIMAMUM bisa jadi pilihan tepat untuk mendukung kesehatan Ibu dan tumbuh kembang janin.

    Artikel Sejenis

    Susu Frisian Flag PRIMAMUM mengandung 9 asam amino esensial (9AAE) lengkap dan 9 nutrisi penting lainnya untuk kebaikan Ibu dan si Kecil. Susu ini juga diperkaya dengan tinggi asam folat, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), serta tinggi DHA untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan sel otak si Kecil.

    Yang tak kalah penting, susu Frisian Flag PRIMAMUM juga mengandung tinggi zat besi, tinggi zinc, dan sumber serat pangan inulin untuk mendukung daya tahan tubuh Ibu dan si Kecil. Ditambah kandungan tinggi kalsium dan tinggi vitamin C untuk mendukung pertumbuhan sel tubuh si Kecil.

  3. Diperkaya dengan 9 Asam Amino Esensial (9 AAE)

    Tahukah Ibu bahwa 9 Asam Amino Esensial (9 AAE) merupakan nutrisi penting yang dapat mengoptimalkan tumbuh kembang anak? Yup! 9 AAE adalah protein esensial yang berperan penting terhadap fungsi dasar tubuh, yaitu untuk perkembangan otak serta menstimulasi hormon pertumbuhan otot dan tulang. 

    9 AAE harus dikonsumsi secara rutin setiap hari karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri. Penelitian dari J.Nutr yang dipublikasi dalam National Center for Biotechnology Information menjelaskan bahwa kekurangan semua jenis 9 AAE akan menghambat potensi tinggi badan dan kecerdasan anak sebanyak -50%.

    Itulah sebabnya, penting bagi Ibu untuk mencukupi asupan 9 AAE sejak hamil hingga si Kecil dalam masa tumbuh kembang. Nah, asupan 9 AAE yang lengkap bisa Ibu dapatkan dalam susu Frisian Flag PRIMAMUM

  4. Memiliki rasa yang lezat dan tidak enek

    Ibu hamil pasti identik dengan morning sickness atau rasa mual terhadap suatu hal. Kondisi ini sudah pasti mengganggu kenyamanan Ibu. Bahkan, jika dibiarkan dalam waktu yang lama justru bisa mengganggu kesehatan dan tumbuh kembang janin. 

    Terkadang susu juga jadi faktor yang membuat sebagian ibu hamil merasa mual. Padahal, susu mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya Ibu memilih susu Frisian Flag PRIMAMUM karena tersedia dalam rasa cokelat yang lezat dan tidak membuat ibu enek atau mual. 

    Frisian Flag PRIMAMUM mengandung 180 kalori dan 9 gram protein dalam 1 gelasnya. Dengan mengonsumsi 2x sehari, Ibu sudah bisa mendapatkan 15% asupan energi dari Frisian Flag Primamum. Apalagi rasa cokelatnya lezat dan tidak bikin enek sehingga bisa membantu Ibu memenuhi kebutuhan gizi hariannya.

Apa Saja Manfaat Susu Ibu Hamil?

Berikut ini beberapa manfaat susu ibu hamil yang perlu diketahui, antara lain:

  • Sebagai sumber energi

    Susu ibu hamil yang tinggi protein dan karbohidrat dapat menjadi salah satu sumber energi yang dibutuhkan selama kehamilan. Kedua zat gizi makro ini berperan penting untuk memberikan energi bagi Ibu untuk beraktivitas sehari-hari, serta energi bagi janin dalam kandungan. Untuk menambah energi, Ibu bisa meminum susu ibu hamil di pagi hari dan malam hari sebelum tidur, tentunya dengan diimbangi oleh asupan makanan bergizi seimbang lainnya serta pola hidup sehat aktif.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

    Ada beberapa asupan nutrisi yang berperan penting untuk meningkatkan sistem imun agar terhindar dari risiko berbagai penyakit, seperti protein, vitamin C, vitamin D, zat besi, magnesium, dan zinc. Nah, asupan nutrisi-nutrisi tersebut juga harus terkandung dalam susu untuk ibu hamil agar daya tahan tubuh semakin meningkat.

  • Meningkatkan tumbuh kembang bayi

    Susu ibu hamil juga akan mempengaruhi kesehatan tubuh dan perkembangan otak janin. Bayi yang lahir dari ibu yang sering mengonsumsi susu saat hamil cenderung memiliki kekebalan tubuh yang lebih kuat, tubuh yang lebih tinggi, serta kadar insulin yang tinggi dalam darah. Dengan begitu bayi akan memiliki resiko terkena penyakit diabetes tipe II yang lebih rendah saat sudah dewasa nanti.

    Melansir laman parents.com, sebuah penelitian pada 2006 menyebutkan bahwa ibu yang rutin mengonsumsi susu ibu hamil dapat membantu perkembangan otak janin serta membuat bayi lebih sehat saat lahir jika dibandingkan dengan ibu yang sedikit mengonsumsi susu. 

  • Membantu melancarkan ASI

    Manfaat susu ibu hamil juga bisa dirasakan setelah ibu melahirkan, yaitu akan memperlancar keluarnya ASI berkat adanya kandungan kalsium di dalamnya. ASI tidak lancar sering menjadi momok bagi para ibu karena takut kebutuhan si Kecil tidak tercukupi. Bila produksi ASI lancar, maka bayi pun akan tumbuh dengan sehat dan normal.

  • Membantu mengurangi risiko anemia

    Banyak ibu hamil terserang anemia di masa kehamilan. Hal ini bisa diakibatkan oleh kurangnya pasokan darah ke tubuh. Ibu pun jadi lebih mudah sakit serta sering merasakan pusing dan lelah. Dibutuhkan zat besi yang cukup untuk ibu hamil yang bisa didapat dari susu ibu hamil yang wajib dikonsumsi secara rutin.

Selain memperhatikan asupan nutrisi yang ibu hamil konsumsi setiap hari, penting juga untuk memantau tumbuh kembang janin dalam kandungan dengan lebih baik. Ibu bisa lho bergabung dengan Akademi Keluarga Prima. Akademi Keluarga Prima dapat menemani keluarga prima berkembang dari masa kehamilan hingga 6 tahun pertama kehidupan si Kecil.

Nah, dalam masa kehamilan, penting bagi Ibu untuk memanfaatkan fitur Kalkulator Kehamilan dalam Akademi Keluarga Prima, sehingga tumbuh kembang janin lebih terpantau dan Ibu bisa tahu Hari Perkiraan Lahir (HPL) dengan mudah.

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz