Share Like
Simpan

Pernahkah Ibu menyusui merasa bingung saat ingin berpuasa, baik puasa Senin-Kamis ataupun yang lainnya? Tentunya ada kekhawatiran puasa memengaruhi kuantitas dan kualitas ASI Ibu, ya. Kekhawatiran ini juga membuat saya mencari info seputar puasa bagi Ibu menyusui di berbagai forum diskusi online. Berikut ini sejumlah info yang saya dapatkan agar kualitas dan kuntitas ASI tetap baik saat beribadah puasa. 

1. Pilih Makananan Sehat

Ibu harus cermat dan selektif dalam memilih asupan makanan selama puasa. Pilihlah makanan yang kaya serat dan air, seperti sayuran dan buah-buahan. Usahakan makanan yang dikonsumsi memenuhi kriteria gizi seimbang, yaitu 50% Karbohidrat, 30% Protein, serta 10###/span#<-20% Lemak dan Serat. Selain itu, Ibu menyusui juga wajib makan tiga kali sehari. Ini bisa dilakukan antara waktu berbuka sampai sahur.

2. Cukupi Kebutuhan Cairan

Meskipun Ibu menahan haus selama lebih dari 12 jam, tetap cukupi kebutuhan cairan harian ya, Bu. Minumlah sebanyak dua liter (sekitar 8 gelas) air putih setiap harinya. Hal ini bisa dilakukan secara mencicil, misalnya dua gelas air pada waktu berbuka, empat gelas air di malam hari, serta dua gelas air pada saat sahur.

3. Hindari Stres

Tahukah Ibu, saat Ibu merasa rileks dan bahagia, jumlah hormon oksitosin dalam tubuh meningkat, lho. Hormon ini memicu otot-otot halus di sekitar sel-sel pembuat ASI, sehingga membuatnya bekerja lebih aktif dan berkontraksi. Oleh sebab itu, ASI lebih mudah keluar. Jika Ibu merasa khawatir bahkan stres, produksi ASI malah berisiko berkurang, lho.

4. Hindari Makanan Pedas dan Bersantan

Apakah Ibu suka makan sahur atau berbuka dengan santapan pedas atau bersantan? Sayangnya, makanan pedas dan bersantan bisa menyebabkan tubuh merasa lemas, lho. Jenis makanan ini menyerap mineral alami tubuh, sehingga Ibu lebih mudah kekurangan cairan. Lebih baik perbanyak konsumsi  makanan  berprotein tinggi, kaya serat, seperti daging, ikan, sayuran,  dan buah-buahan.

5. Istirahat Cukup

Ibu juga bisa membatasi aktivitas fisik selama berpuasa agar energi tubuh tak cepat terkuras. Apalagi, proses menyusui butuh banyak tenaga. Selain itu, pastikan Ibu mendapat waktu istirahat yang cukup, ya.

Bagaimana Bu, apakah informasi yang saya rangkum seputar tips puasa bagi Ibu menyusui sudah cukup jelas? Semoga Ibu tetap kuat menjalankan ibadah puasa selagi menyusui, ya. Selamat berpuasa!