Whatsapp Share Like
Simpan

Montok dan menggemaskan. Seperti itulah gambaran bayi yang berusia 4 bulan, Bu. Berat badan bayi 4 bulan biasanya akan meningkat dua kali lipat dari berat badannya saat lahir. Ini karena ia sedang memasuki fase sering merasa haus dan lapar, sehingga membuatnya banyak menyusu. Ibu pun harus rajin memantau pertumbuhan berat badannya, karena ini menjadi tolak ukur apakah tumbuh kembangnya baik atau tidak. 

Berat Badan Bayi 4 Bulan yang Ideal

Bayi usia 4 bulan akan mengalami kenaikan berat badan (BB) hingga 0,5 kilogram dari BB nya saat berusia 3 bulan. Walaupun kenaikannya sama, tapi umumnya bayi laki-laki mempunyai panjang dan berat badan yang lebih besar dibandingkan dengan bayi perempuan.

Untuk bayi laki-laki rata-rata beratnya antara 5,6 hingga 8,6 kilogram dan panjangnya antara 60 hingga 67,8 centimeter. Sementara untuk bayi perempuan rata-rata beratnya antara 5,1 hingga 8,1 kilogram dan panjangnya antara 58 hingga 66,2 centimeter.

Faktor yang Mempengaruhi Berat Badan

Masing-masing bayi akan memiliki berat badan yang berbeda-beda, tergantung pada beberapa faktor. Seperti pada bayi yang lahir prematur, biasanya akan memiliki berat dan panjang badan yang lebih kecil dibandingkan dengan bayi yang lahir normal. Selain itu, masih ada beberapa faktor lainnya yang mempengaruhi berat badan bayi, yaitu sebagai berikut:

  • Genetik. Faktor genetik ini tentu akan sangat mempengaruhi ukuran badan bayi. Jika ayah dan ibunya besar, maka bayinya cenderung tumbuh besar juga. Namun jika ayah dan ibunya kecil, bayinya pun akan cenderung bertubuh kecil.
  • Asupan nutrisi selama hamil. Ibu yang hamil dan rajin mengonsumsi makanan sehat tentu akan berpengaruh dengan pertumbuhan janin di dalam perutnya. Bahkan setelah lahir, asupan nutrisi tersebut masih akan berpengaruh.
  • Gaya hidup selama hamil. Gaya hidup sehat dari ibu selama hamil juga dapat berdampak pada pertumbuhan fisik janin di dalam rahim, hingga setelah ia lahir. Bila selama hamil sang ibu merokok atau minum alkohol, maka bayinya pun akan cenderung lebih berukuran kecil.
  • Kondisi kesehatan ibu selama hamil. Ibu yang kondisi kesehatannya terganggu oleh penyakit, seperti diabetes, jantung, hipertensi, atau obesitas, maka akan berpengaruh pada berat badan bayi.
  • Masa kehamilan. Bayi yang terlahir prematur cenderung memiliki tubuh yang lebih kecil. Sementara bayi yang terlahir melewati HPL cenderung memiliki tubuh yang lebih besar dibandingkan ukuran rata-rata bayi seusianya.
  • Jenis kelamin bayi. Bayi berjenis kelamin laki-laki cenderung lebih cepat tumbuh daripada bayi berjenis kelamin perempuan.
  • Urutan kelahiran. Anak pertama cenderung memiliki tubuh yang lebih kecil dibandingkan adik-adiknya.
  • Kesehatan bayi. Pertumbuhan berat bayi akan dipengaruhi oleh kondisi kesehatan bayi, seperti adanya cacat lahir atau terkena paparan infeksi.
  • Kehamilan kembar. Pertumbuhan berat bayi juga dapat dipengaruhi oleh jumlah bayi yang dikandung Ibu.

Jika Berat Badan Bayi Hanya Naik Sedikit

Setelah terlahir dengan sehat, bayi umumnya akan kehilangan sekitar 7 hingga 10% berat badan. Penyebabnya adalah saat lahir bayi membawa cairan ekstra yang kemudian akan dikeluarkan melalui air kencing dan feses. Setelah itu sedikit demi sedikit bayi akan mengalami kenaikan berat badan.

Artikel Sejenis

Pada bulan pertamanya, berat badan bayi akan bertambah sekitar 1 ons per hari. Kemudian pada usia 7-10 hari, 3 minggu, dan 6 minggu, berat badannya akan naik secara drastis. Jika berat badan bayi 4 bulan hanya bertambah sedikit, jangan dulu merasa khawatir, Bu. Asalkan ia sering menyusu dan sering buang air, maka ia masih tergolong bayi yang sehat. Ibu baru boleh merasa khawatir bila mendapati berat badan bayi turun terus dan disertai dengan volume air kencing yang berkurang. Sebaiknya Ibu membawanya ke dokter untuk berkonsultasi.

Usia 4 Bulan yang Menakjubkan

Usia 4 bulan merupakan fase lonjakan pertumbuhan yang membuat bayi jadi lebih sering menyusu. Hal ini juga akan membuatnya jadi rewel dan lebih sering terbangun untuk menyusu karena ia sering merasa haus dan lapar. Ibu pun harus bersiap untuk merasa cepat lelah dan lapar. Untuk itu Ibu juga harus memperhatikan asupan makanan dan pola tidur agar bisa tetap optimal mengasuh bayi. Mintalah bantuan Ayah ataupun orang lain yang dirasa bisa membantu.

Nah, itulah informasi seputar berat badan bayi 4 bulan yang ideal. Bagaimana dengan berat badan buah hati, Bu? Apakah sudah tergolong ideal? Tetap semangat mengASIhi ya, Bu, karena ASI adalah asupan terbaik bagi bayi. Semoga buah hati tumbuh dan berkembang dengan optimal dan selalu sehat.

Bila Ibu masih memiliki pertanyaan atau ingin berkonsultasi seputar anak, bisa berkunjung ke laman Tanya Pakar. Di sana ada para ahli yang akan siap membantu Ibu. Untuk bisa menggunakan fitur tersebut, pastikan Ibu sudah registrasi terlebih dulu.

Sumber:

id.theasianparent.com