Share Like
Simpan

Hampir semua bayi pernah mengalami ruam popok atau lecet karena penggunaan popok dalam waktu lama. Biasanya lokasi yang sering terkena berada di seperti sekitar alat kelamin, pantat, dan pangkal paha bagian dalam.

Ruam popok terjadi karena adanya gesekan antara popok dengan kulit bayi. Hal ini disebabkan karena kulit bayi masih sangat peka dan sensitif. Selain itu, penyebab lain ruam popok antara lain kulit bayi terlalu lama terkena urin atau kotoran akibat popok atau diapers yang terlalu lama dipakai.

Untuk mencegah dan mengatasi ruam popok pada bayi, Ibu bisa melakukan beberapa langkah-langkah seperti berikut:

  • Pakailah popok yang sesuai dengan ukuran badan bayi, usahakan tidak terlalu sempit dan kencang karena bisa menyebabkan iritasi kulit.
  • Ganti popok sesering mungkin, minimal setiap 3 - 4 jam sekali. Kebiasaan yang tidak baik adalah menunggu popok penuh atau basah sekali. Cara ini sangatlah tidak sehat. Karena fungsi popok sebenarnya bukan untuk menampung kotoran, tetapi untuk melindungi kulit bayi. Sebelum popok diganti, terlebih dahulu bersihkan bokong bayi secara lembut dengan air hangat dan kapas. Lalu keringkan dengan handuk lembut dan jangan mengosok kulit yang kemerahan.
  • Sebaiknya pilih popok yang berbahan lembut dan berdaya serap tinggi.
  • Daerah yang terkena popok harus dibersihkan secara lembut dengan air hangat. Lalu keringkan dengan handuk kering. Apabila masih lembab, bisa dengan mengangin-anginkan sebentar lalu berikan bedak bayi. Jika sudah terlanjur terkena ruam popok, oleskan krim bayi di daerah yang terkena ruam popok.
  • Sebaiknya bayi tidak terlalu sering dipakaikan popok atau diapers. Sekali-kali biarkan bayi tidak memakai popok. Risikonya memang mengompol, tetapi ini lebih aman bagi kulitnya.
  • Bila popok yang dipakai si bayi tidak cocok, segera ganti dengan popok merek lain, karena mungkin ia alergi dengan bahan tertentu pada popok tersebut.
  • Sebelum memakaikan popok baru, pastikan area yang ditutupi popok sudah kering. Baik itu setiap kali sehabis mandi atau seusai membersihkan area yang ditutupi popok. Jika masih basah, atau bahkan lembab, sebaiknya Ibu tidak langsung memakaikan popok.
  • Apabila kondisi kulit si bayi yang terkena ruam bertambah parah, seperti melepuh atau keluar nanah, sebaiknya Ibu segera berkonsultasi ke dokter, apalagi bila ruam tidak hilang dalam jangka waktu tiga hari.