Whatsapp Share Like Simpan

Terdapat banyak cara untuk memancing kontraksi agar cepat melahirkan, mulai dari cara alami hingga cara yang harus dilakukan oleh tim medis. Semua cara ini perlu Ibu hamil ketahui agar proses persalinan berjalan sesuai dengan waktu perkiraan hari lahir. Sebab, jika kehamilan melewati waktu prediksi, maka akan menyebabkan proses persalinan lebih lama dan meningkatkan risiko terjadinya masalah kesehatan pada janin. Lantas, apa saja cara untuk memancing kontraksi agar cepat melahirkan? Simak penjelasannya di bawah ini yuk! 

  1. Banyak gerak

    Banyak bergerak termasuk salah satu cara untuk memancing kontraksi agar cepat melahirkan yang bisa Ibu lakukan dengan mudah di rumah. Sebaiknya Ibu membiasakan diri untuk aktif bergerak karena kebiasaan ini dapat meningkatkan aliran darah, sehingga proses persalinan bisa lebih cepat. Gerakan yang Ibu lakukan tidak perlu yang terlalu rumit ya, cukup berjalan kaki di sekeliling halaman rumah setiap harinya. Selain itu, Ibu juga bisa melakukan beberapa gerakan yang dapat membuka jalan lahir di leher rahim dan memancing kontraksi agar cepat melahirkan. Beberapa gerakan yang bisa Ibu lakukan, antara lain:

    • Berdiri tegak dengan satu kaki naik ke atas kursi
    • Berdiri dengan dua kaki terbuka
    • Merangkak
    • Menungging
    • Duduk di toilet
    • Menerapkan posisi setengah duduk
    • Duduk bersandar ke depan
    • Berdiri sambil berpegangan
    • Berdiri sambil membungkuk ke depan
    • Berayun di kursi goyang
    • Berbaring miring ke arah kiri
  2. Tenangkan pikiran dan tubuh

    Wajar jika Ibu merasa tegang dan khawatir saat mendekati waktu persalinan. Namun, sebaiknya Ibu tidak merasakan ketegangan secara berlarut-larut karena bisa berpotensi memperlambat proses pembukaan. Stres dan ketegangan otot dapat menyulitkan serviks atau leher rahim untuk terbuka, sehingga proses persalinan bisa saja berlangsung lama. Oleh karena itu, banyak dokter kandungan yang menganjurkan Ibu hamil untuk melatih pernapasan dan menenangkan pikiran, serta tubuh demi memancing kontraksi agar cepat melahirkan. 

  3. Gunakan birth ball 

    Birth ball adalah bola persalinan yang berukuran cukup besar dengan bentuk yang menyerupai bola gym. Ibu tidak perlu khawatir karena birth ball didesain khusus agar tidak licin saat dipakai di lantai. Cara menggunakannya pun cukup mudah, Ibu hanya perlu duduk di atas birth ball dan menggerakkan bolanya ke depan atau belakang. Ini adalah salah satu cara memancing kontraksi agar cepat melahirkan karena dipercaya bisa membuat otot di panggul menjadi kendur dan rileks saat persalinan tiba. 

    Birth ball tak hanya digunakan sebagai induksi alami saja, tetapi juga dapat membantu mengurangi nyeri pada punggung. Ketidaknyamanan yang Ibu rasakan akibat kontraksi juga dipercaya dapat berkurang jika rutin menggunakan birth ball selama kehamilan dan menjelang persalinan. 

    Artikel Sejenis

  4. Berhubungan intim

    Salah satu cara yang diyakini dapat memancing kontraksi agar cepat melahirkan adalah dengan melakukan hubungan intim. Melansir laman resmi medicalnewstoday.com, beberapa penelitian menyatakan bahwa berhubungan intim saat usia kehamilan di atas 36 minggu dapat menurunkan risiko terlambatnya persalinan. Hal ini karena zat prostaglandin yang terkandung dalam sperma diyakini dapat memicu kontraksi. Pastikan untuk memilih posisi saat berhubungan intim yang tidak membahayakan kehamilan ya, Bu. 

  5. Stimulasi puting payudara

    Melansir dari laman American Pregnancy Association, stimulasi puting termasuk satu dari beberapa cara memancing kontraksi agar cepat melahirkan. Stimulasi puting bisa dilakukan dengan cara manual menggunakan tangan maupun pompa listrik. Nantinya hormon oksitosin di dalam tubuh Ibu secara alami dapat memancing kontraksi agar cepat melahirkan. Metode stimulasi puting ini tidak jauh berbeda seperti bayi yang menyusu saat baru lahir atau inisiasi menyusui dini (IMD). Bedanya, ketika baru lahir, proses menyusui bayi dapat merangsang kontraksi sehingga memperlambat terjadinya perdarahan.

  6. Berolahraga ringan

    Berolahraga juga bisa menjadi salah satu cara untuk memancing kontraksi agar cepat melahirkan lho, Bu. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa rutin olahraga selama hamil tak hanya melindungi Ibu dan janin dari berbagai penyakit, tetapi juga dapat mempermudah dan mempercepat proses persalinan. Ada beberapa jenis olahraga yang dapat Ibu hamil pilih, di antaranya yoga, jalan santai, senam hamil, squat, latihan kegel, atau pilates. Sebaiknya hindari olahraga yang menuntut Ibu hamil untuk melompat, karena akan berdampak buruk pada kehamilan. 

    Baca juga: Berkenalan dengan Asam Amino Pembentuk Protein

  7. Pijatan

    Ibu hamil pasti merasakan khawatir jika usia kandungan sudah semakin besar, tetapi tidak ada tanda-tanda persalinan yang muncul. Untuk mengatasi kondisi ini, Ibu bisa melakukan pijatan lembut. Pijatan ini dapat membantu mengurangi rasa cemas, nyeri, dan merelaksasi tubuh. Selain itu, pijatan juga dapat membantu memancing kontraksi agar cepat melahirkan. Pijatan di titik tertentu, seperti pada telapak kaki, betis, telapak tangan, tumit, dan panggul, dipercaya bisa membantu mempercepat persalinan.

  8. Akupuntur dan akupresur

    Cara selanjutnya untuk memancing kontraksi agar cepat melahirkan yaitu dengan teknik akupuntur atau akupresur. Kedua cara ini termasuk induksi persalinan alami yang sama-sama memberikan tekanan pada bagian tubuh tertentu untuk mengurangi rasa sakit. Perbedaannya hanya terletak pada penggunaan jari dan jarum. Akupuntur menggunakan jarum untuk menekan titik tertentu. Sementara, akupresur menggunakan alat khusus atau ujung jari. Biasanya titik yang menjadi penekanan yaitu pada celah antara ibu jari dan telunjuk kaki. Meskipun begitu, banyak pula yang beranggapan akupuntur dan akupresur belum efektif untuk memancing kontraksi agar cepat melahirkan, namun kedua cara ini berguna untuk mengurangi nyeri menjelang persalinan. Jika berencana melakukan akupresur sebagai induksi alami, Ibu wajib berkonsultasi dan mendapatkan persetujuan dari dokter terlebih dahulu.

Penanganan Medis untuk Memancing Kontraksi Agar Cepat Melahirkan

Saat usia kehamilan sudah melebihi 42 minggu, cairan ketuban mulai berkurang. Jika tidak segera dilahirkan, berbagai risiko gangguan pada janin dapat Ibu alami, mulai dari gawat janin hingga kematian. Oleh karena itu, diperlukan penanganan medis untuk memancing kontraksi agar cepat melahirkan. Ada beberapa kondisi yang mengharuskan dilakukannya induksi persalinan, antara lain:

  • Kontraksi belum terasa meski air ketuban pecah
  • Usia kandungan telah melewati waktu perkiraan persalinan
  • Kehamilan berisiko tinggi

Ada beberapa jenis induksi persalinan untuk memancing kontraksi agar cepat melahirkan, di antaranya:

  • Menggunakan teknik membrane stripping 

    Teknik dilakukan ketika dokter kandungan atau bidan menggunakan jarinya untuk memisahkan lapisan kantung ketuban dengan leher rahim. Cara ini dapat melepaskan hormon prostaglandin yang dapat memancing kontraksi agar cepat melahirkan. 

  • Mematangkan leher rahim

    Teknik mematangkan leher rahim dilakukan dengan cara pemberian obat yang berisi hormon untuk menipiskan leher rahim. Obatnya bisa dalam bentuk obat minum (oral) atau obat yang dimasukkan ke dalam vagina (suppositoria).

    Baca juga: Manfaat Asam Amino Esensial (9AAE) Untuk Pertumbuhan Anak

  • Memecahkan air ketuban

    Cara untuk memancing kontraksi agar cepat melahirkan ini disebut juga dengan istilah amniotomi. Metode ini dilakukan saat kepala bayi sudah berada di panggul bawah dan leher rahim dalam kondisi setengah terbuka. Metode tersebut dilakukan dengan membuat lubang kecil di kantung ketuban. Nantinya, metode ini akan memancing kontraksi agar cepat melahirkan, sehingga Ibu hamil akan merasakan semburan cairan hangat saat kantung ketuban telah dipecahkan.

  • Penggunaan obat-obatan 

    Cara selanjutnya yang biasa dilakukan tim medis yaitu dengan pemberian obat-obatan yang diinfuskan ke pembuluh darah Ibu hamil. Cara ini menggunakan hormon oksitosin, yaitu hormon sintetis pemicu kontraksi rahim, yang dimasukkan melalui pembuluh darah. 

Itulah beberapa cara memancing kontraksi agar cepat melahirkan. Sebelum melakukan salah satu cara di atas, pastikan Ibu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan atau bidan, agar mengetahui cara yang aman dan efektif bagi janin dalam kandungan. Selain itu, Ibu juga perlu menjaga kesehatan diri dan tumbuh kembang si Kecil dengan mengonsumsi nutrisi berkualitas, seperti susu Frisian Flag MAMA yang diformulasikan khusus Ibu hamil dan Ibu menyusui. Frisian Flag MAMA mengandung protein, serat pangan, vitamin B9 (asam folat), zat besi, dan kalsium untuk mendukung kesehatan Ibu dan si Kecil selama di dalam kandungan hingga setelah lahir.