Whatsapp Share Like Simpan

Di masa menuju persalinan, banyak dari Ibu yang merasakan perasaan tidak menentu. Terutama perasaan cemas menanti si buah hati lahir ke dunia. Namun ada sebuah proses yang tidak bisa dilewatkan dalam masa tersebut, yaitu menunggu pembukaan. Kerap kali mencari tahu tentang cara mempercepat pembukaan jadi hal yang sering dilakukan di masa menuju persalinan. Mencari tahu cara mempercepat pembukaan jadi hal yang cukup sering dilakukan karena proses pembukaan persalinan ini memiliki 10 tahap yang cepat atau lambatnya kerap kali berbeda dari satu Ibu ke Ibu lainnya.

Pembukaan adalah sebuah tahapan yang harus dilalui Ibu saat menuju persalinan demi mengetahui berapa besar terbukanya rahim sebagai jalur lahir buat si kecil. Mengetahui cara mempercepat pembukaan juga punya peranan penting dalam menentukan apakah proses persalinan Ibu akan dilakukan secara normal atau caesar. Pasalnya semakin besar pembukaan yang Ibu alami, semakin cepat juga bayi akan lahir. 

Cara mempercepat pembukaan yang alami

Bagi Ibu yang sedang mencari cara mempercepat pembukaan, berikut adalah beberapa cara alami yang bisa dilakukan. Cara mempercepat pembukaan alami ini bisa Ibu lakukan sendiri di rumah dengan mudah. Namun, jika Ibu merasa butuh bantuan, Ibu juga bisa ajak suami untuk membantu Ibu dalam menjalankan cara mempercepat pembukaan yang alami secara perlahan.

  1. Sering berjalan kaki

    Aktivitas fisik yang ringan dan low impact kerap kali seperti berjalan kaki dianjurkan untuk menjaga kesehatan Ibu hamil. Namun, ternyata berjalan kaki secara rutin ternyata dapat menjadi salah satu cara mempercepat pembukaan yang alami dan baik. Berjalan kaki dengan santai dalam waktu yang tidak terlalu intensif dianggap bisa jadi salah satu cara agar janin lebih cepat turun menuju jalur lahir. Ketika Ibu sering berjalan kaki sebagai cara mempercepat pembukaan, kepala janin akan bergerak menekan mulut rahim. 

    Tekanan tersebut nantinya akan membantu proses pembukaan jadi lebih cepat. Selain itu, tekanan yang dihasilkan dari cara mempercepat pembukaan tersebut juga akan menstimulasi kontraksi yang juga membuat jalur lahir cepat terbuka. Dalam melakukan aktivitas berjalan kaki ini, Ibu tidak perlu melakukannya dalam waktu yang cukup lama atau jarak yang jauh. Berjalan kaki di sekitar rumah atau di taman yang ada di dekat rumah bisa jadi opsi baik, karena jika mulai merasa lelah, Ibu bisa langsung pulang untuk beristirahat dengan nyaman. Ibu juga bisa mengajak suami untuk menjadi teman berolahraga agar mengurangi kesan bosan saat berjalan kaki sendirian. 

    Artikel Sejenis

  2. Melakukan olahraga ringan

    Selain berjalan kaki, Ibu juga bisa lakukan olahraga ringan di rumah sebagai salah satu cara mempercepat pembukaan yang alami. Banyak jenis olahraga ringan yang bisa Ibu lakukan demi menemukan cara mempercepat pembukaan yang alami. Salah satunya adalah rutin melakukan senam hamil. Senam hamil ini biasanya terdiri dari beberapa tahap yang disesuaikan dengan usia kehamilan. Untuk Ibu yang sedang menunggu waktu persalinan, senam kegel bisa jadi pilihan baik sebagai olahraga ringan dalam cara mempercepat pembukaan. Pasalnya, cara mempercepat pembukaan yang alami satu ini dinilai mampu membantu membuat otot panggul jadi lebih elastis jika dilakukan secara rutin. Dengan otot panggul yang elastis, hal tersebut membawa manfaat agar jalan lahir sekaligus proses persalinan dapat dilakukan secara lancar dan optimal. Cara mempercepat pembukaan yang alami ini juga mampu mencegah risiko rahim turun di masa kehamilan.

  3. Hadirkan stimulasi kontraksi dengan ball birth

    Selain senam kegel, olahraga ringan lainnya yang bisa jadi cara mempercepat pembukaan secara alami adalah senam menggunakan ball birth sebagai alat bantu. Ball birth merupakan sejenis bola gym dengan ukuran, berat, dan fleksibilitas yang disesuaikan untuk Ibu hamil. Senam menggunakan ball birth secara rutin dianggap mampu untuk memperlancar proses persalinan sekaligus juga mengurangi rasa sakit saat kontraksi datang. Dengan arahan yang tepat, cara mempercepat pembukaan satu ini dinilai mampu mengurangi rasa sakit di bagian punggung. 

    Selain itu, ball birth juga dapat membuat otot tubuh Ibu jadi lebih elastis, sehingga jadi cara mempercepat pembukaan yang efektif di usia hamil yang mendekati masa persalinan. Untuk cara awal, Ibu bisa coba untuk membiasakan terlebih dahulu duduk di atas ball birth dengan kaki yang lurus. Lakukan secara perlahan dan bertahap hingga Ibu bisa merasa nyaman agar cara mempercepat pembukaan ini tidak jadi salah satu penyebab cidera yang mengkhawatirkan saat kehamilan. Ibu juga bisa minta bantuan suami agar menjaga tubuh tetap seimbang saat menggunakan cara mempercepat pembukaan satu ini. 

    Baca juga: 5 Hal yang Dipelajari Janin Sejak dalam Kandungan

  4. Mandi air hangat

    Sebagaimana yang telah diketahui, agar proses pembukaan lebih cepat, diperlukan otot tubuh yang elastis. Salah satu cara untuk membuat otot elastis adalah menjaga tubuh tetap merasa rileks. Hal tersebut bisa Ibu dapatkan di rumah dengan mandi air hangat. Mandi air hangat sebagai salah satu cara mempercepat pembukaan ini merupakan hal yang paling mudah untuk dilakukan di rumah. Mandi air hangat juga bermanfaat agar mempercepat kontraksi, sehingga Ibu tidak perlu merasa sakit akibat mulas yang terlalu besar dan lama.

  5. Buang air kecil secara teratur

    Rasa cemas menjelang waktu persalinan kerap kali membuat Ibu mudah merasa haus dan secara tidak sadar minum dalam jumlah banyak di waktu yang singkat. Minum air putih memang memiliki banyak manfaat. Namun menjelang persalinan, Ibu juga harus memerhatikan frekuensi buang air kecil. Pastikan Ibu memiliki frekuensi buang air kecil yang teratur. Buang air kecil secara teratur ini merupakan salah satu cara mempercepat pembukaan yang alami juga, lho Bu. Pasalnya, kantung kemih yang penuh nantinya berisiko memperlambat proses pembukaan serta menghambat kontraksi yang berdampak pada proses persalinan yang kurang lancar.

Hindari rumput fatimah

Dalam mencari cara mempercepat pembukaan yang alami, kerap kali bahan herbal juga jadi pilihan banyak orang. Salah satunya adalah rumput fatimah. Namun, Ibu perlu waspada terhadap rekomendasi cara mempercepat pembukaan dengan menggunakan rumput fatimah. Rumput fatimah dianggap berbahaya untuk dikonsumsi oleh Ibu hamil. Salah satu risiko besar yang terjadi berkat rumput fatimah adalah risiko keguguran yang besar, karena rumput fatimah memaksa tubuh untuk mengirimkan sinyal kontraksi yang jadi bahaya bagi Ibu hamil.

Pastikan selalu untuk mengikuti anjuran dokter yang terpercaya dalam mencari cara mempercepat pembukaan yang baik bagi Ibu. selain itu, sembari menunggu masa persalinan, pastikan Ibu terus melengkapi asupan nutrisi demi menjaga kehamilan yang sehat. Ibu bisa lengkapi nutrisi harian berkualitas dengan rutin mengonsumsi susu khusus Ibu hamil dari dari Frisian Flag MAMA yang mengandung protein, serat pangan, vitamin B9 (asam folat), zat besi, dan kalsium untuk mendukung kesehatan Ibu dan si Kecil selama di dalam kandungan hingga setelah lahir.