Whatsapp Share Like Simpan

Di masa pandemi covid-19 ini, penting bagi Ibu untuk mencari cara meningkatkan imunitas tubuh si Kecil agar terhindar dari berbagai penyakit, khususnya virus corona. Sebab, sistem imun ibarat benteng pertahanan yang harus kuat dan terjaga untuk melawan serangan virus, bakteri, atau kuman penyebab penyakit. 

Perlu Ibu ketahui bahwa anak-anak memiliki sistem imun yang masih berkembang, sehingga daya tahan tubuhnya belum sekuat orang dewasa. Akibatnya, banyak anak yang lebih rentan sakit karena sistem imunnya cukup lemah. Oleh karena itu, Ibu perlu mengetahui cara meningkatkan imunitas tubuh si Kecil agar tumbuh kembangnya tidak terganggu. 

Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh

  1. Konsumsi makanan bergizi

    Cara meningkatkan imunitas tubuh si Kecil yang paling penting yaitu mengonsumsi makanan bergizi. Nutrisi berperan penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil. Sebab, sel-sel dalam tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang seimbang agar bisa menjalankan fungsinya dengan optimal. 

    Nutrisi yang harus ada dalam menu makanan bergizi di antaranya protein, karbohidrat, serat, lemak, serta beragam vitamin dan mineral. Selain itu, jika di dalam tubuh si Kecil terdapat radikal bebas, kerja sistem imun bisa terganggu dan si Kecil jadi lebih mudah terkena infeksi virus. 

    Maka, si Kecil perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan sebagai cara meningkatkan imunitas tubuh karena dapat membantu tubuh melawan radikal bebas. Makanan tersebut meliputi sayuran, buah-buahan, dan tanaman herbal. 

    Artikel Sejenis

    Cara meningkatkan imunitas tubuh juga diperlukan asupan nutrisi yang cukup. Sebaiknya Ibu perbanyak memberikan si Kecil sumber protein hewani, seperti susu, telur, ikan, daging tanpa lemak serta sumber protein nabati yang meliputi kacang-kacangan dan biji-bijian agar daya tahan tubuh si Kecil lebih kuat. 

    Tak hanya itu, Ibu juga bisa memberikan si Kecil susu pertumbuhan yang kaya nutrisi sebagai cara meningkatkan imunitas tubuh. Pastikan Ibu memilih susu yang mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE) secara lengkap karena Asam Amino Esensial sangat dibutuhkan karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri. Kehadiran Asam Amino Esensial (9AAE) ini sangat penting demi mengoptimalkan kesehatan dan tumbuh kembang si Kecil. 

    Pilihlah susu Frisian Flag PRIMAGRO AAE 1+ karena mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE) secara lengkap dan diperkaya dengan 9 nutrisi lainnya, seperti minyak ikan, omega 3, omega 6, zat besi, zinc, protein, kalsium, magnesium, vitamin D3, serta vitamin dan mineral lain sebagai cara meningkatkan imunitas tubuh si Kecil. Kandungan nutrisi dalam susu pertumbuhan ini sudah ditingkatkan dari sebelumnya guna mendukung potensi tumbuh kembang optimal si Kecil. 

  2. Pastikan kebutuhan cairan terpenuhi

    Mencukupi kebutuhan cairan harian juga termasuk cara meningkatkan imunitas tubuh lho, Bu. Pastikan Ibu memenuhi kebutuhan cairan si Kecil dengan memberikannya air putih serta sayur dan buah yang mengandung tinggi air. 

    Kebiasaan ini sangat bermanfaat bagi tubuh karena dapat memelihara fungsi ginjal, melancarkan saluran pencernaan, menjaga kesehatan kulit, mengontrol berat badan, dan mengurangi risiko kanker. 

  3. Istirahat dan tidur yang cukup

    Cara meningkatkan imunitas tubuh yang perlu Ibu lakukan yaitu mencukupi waktu tidur si Kecil. Bagi anak-anak, tidur merupakan kegiatan yang sama pentingnya dengan makan, minum, atau bermain. 

    Si Kecil butuh waktu tidur yang cukup agar tubuhnya dapat beristirahat dengan optimal, lebih segar, dan mendapatkan energi baru. Bila si Kecil kurang tidur, maka daya tahan tubuhnya pun akan menurun. 

    Oleh karena itu, cara meningkatkan imunitas tubuh bisa dengan mengoptimalkan waktu istirahat dan tidur si Kecil setiap hari. Tidur malam merupakan waktu saat produksi hormon pertumbuhan berlangsung, sehingga tumbuh kembang si Kecil akan lebih optimal. Pastikan si Kecil yang berusia 1-3 tahun mendapatkan waktu tidur sebanyak 11-14 jam dalam sehari. 

  4. Ajak si Kecil lebih aktif 

    Cara meningkatkan imunitas tubuh selanjutnya yaitu dengan mengajak si Kecil lebih aktif melakukan aktivitas fisik. Ada banyak aktivitas yang bisa Ibu lakukan bersama dengan si Kecil, di antaranya menari, petak umpet, bermain air di halaman rumah, lompat tali, bermain karakter, dan lainnya. 

    Saat tubuh bergerak, maka sel darah putih dapat bekerja lebih maksimal dalam memerangi kuman dan virus penyebab penyakit. Selain itu, tubuh juga akan mengeluarkan keringat yang dapat membuang racun-racun berbahaya yang ada di dalam tubuh. Cara meningkatkan imunitas tubuh ini bisa Ibu lakukan secara rutin tiga kali dalam seminggu atau saat akhir pekan. 

  5. Jaga kebersihan diri dan lingkungan

    Cara meningkatkan imunitas tubuh yang tak kalah penting yaitu menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Menjaga kebersihan bisa dimulai dari hal-hal sederhana, seperti rajin cuci tangan menggunakan sabun, buang sampah pada tempatnya, membersihkan diri setelah dari luar rumah, dan kebiasan lainnya. 

    Apalagi di tengah pandemi Covid-19 ini, Ibu harus ekstra menjaga kebersihan diri dan lingkungan sebagai cara meningkatkan imunitas tubuh. Salah satu caranya dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun agar mencegah bakteri, virus, dan parasit yang ada di tangan masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan infeksi. Jika Ibu menerapkan kebiasaan ini kepada si Kecil sejak dini, maka ia pun akan terbiasa menjaga kebersihan hingga dewasa. 

  6. Rutin berjemur di pagi hari

    Berjemur termasuk cara meningkatkan imunitas tubuh si Kecil di tengah pandemi Covid-19. Hal ini karena sinar matahari pagi mengandung vitamin D yang sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan si Kecil. 

    Sinar matahari pagi menghasilkan ultraviolet (UV) yang menyentuh permukaan kulit untuk diubah oleh tubuh menjadi vitamin D. Vitamin D dibutuhkan untuk membantu meningkatkan sistem imun, metabolisme kalsium, serta mengoptimalkan kerja otot dengan saraf. 

    Sebaiknya Ibu mengajak si Kecil berjemur di pagi hari dengan durasi sekitar 15 hingga 20 menit. Cara meningkatkan imunitas tubuh ini bisa Ibu lakukan setiap hari sambil mengajak si Kecil bercerita atau bermain agar tidak bosan. 

  7. Konsumsi suplemen penambah imun 

    Sebenarnya mengonsumsi makanan bergizi sudah cukup sebagai cara meningkatkan imunitas tubuh. Namun pada beberapa kondisi, terkadang si Kecil membutuhkan suplemen tambahan agar daya tahan tubuhnya tidak lemah. 

    Oleh karenanya, Ibu dapat mempertimbangkan pemberian suplemen sebagai cara meningkatkan imunitas tubuh si Kecil, terutama di tengah pandemi Covid-19 yang tak kunjung berakhir ini. 

    Akan tetapi, konsumsi suplemen penambah imun harus sesuai dengan anjuran dokter karena kondisi setiap anak berbeda, sehingga suplemen yang dibutuhkan pun mungkin saja berbeda dosisnya. 

Maka dari itu, Ibu wajib berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar mendapat penanganan yang tepat. Selain cara meningkatkan imunitas tubuh yang telah disebutkan di atas, Ibu juga perlu melakukan upaya lain untuk mencegah penularan virus Corona, yaitu:

  • Hindari kerumunan 
  • Menjaga jarak atau physical distancing 
  • Membatasi mobilitas keluar rumah 
  • Penggunaan masker disarankan untuk anak yang berusia ke atas ketika sedang berada di luar rumah. Namun, anak usia 2-5 tahun sebenarnya boleh menggunakan masker, tetapi dengan catatan ia perlu diawasi oleh orang tua
  • Biasakan si Kecil untuk tidak menyentuh langsung wajah, hidung, dan mata dengan tangan kotor atau belum dicuci

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz