Whatsapp Share Like Simpan

Sayuran merupakan bahan makanan yang cukup dikenal sebagai pembawa manfaat bagi kesehatan. Setiap orang dianjurkan untuk rutin mengonsumsi sayuran demi menjaga metabolisme tubuh yang berdampak pada kesehatan. Begitu pula bagi ibu hamil. Mengonsumsi sayuran untuk ibu hamil secara rutin adalah sebuah langkah tepat yang bisa Ibu lakukan dalam menjaga tumbuh kembang bayi secara optimal. Sebagaimana yang telah diketahui, dari macam asupan yang Ibu dapatkan dari makanan seperti sayuran untuk ibu hamil, nutrisi dalam makanan tersebut akan tersalurkan ke janin demi menjaga perkembangan bayi tetap sehat.

Sama halnya dengan bahan makanan lainnya, sayuran untuk ibu hamil memiliki nutrisi yang esensial untuk Ibu yang sedang menjalankan masa kehamilannya. Dengan mengonsumsi sayuran untuk ibu hamil, Ibu juga menjaga agar tubuh tetap mendapatkan asupan yang seimbang dengan mencukupi kebutuhan vitamin, serat, mineral, dan antioksidan harian. Penting bagi Ibu secara cermat memilih sayuran untuk Ibu hamil yang tepat. Sayuran untuk Ibu hamil juga bisa diolah dengan bahan makanan lainnya seperti telur, daging merah, daging putih, serta kacang-kacangan agar Ibu mendapatkan asupan yang lengkap dibutuhkan oleh tubuh sehari-hari.

Jenis sayuran untuk Ibu hamil

Meskipun sayuran merupakan salah satu makanan yang dianjurkan demi menjaga kesehatan secara umum, nyatanya tidak semua jenis sayuran cocok untuk dikonsumsi oleh Ibu yang sedang mengandung. Rekomendasi sayuran untuk ibu hamil ini dipilih agar Ibu mampu mencukupi kebutuhan asupan seperti asam folat, kalsium, zat besi, serta berbagai vitamin lainnya dalam menjaga kesehatan diri dan juga buah hati yang ada di dalam kandungan. Berikut adalah jenis sayuran untuk Ibu hamil yang baik untuk dikonsumsi secara rutin.

  1. Bayam

    Bayam adalah salah satu jenis sayuran untuk Ibu hamil yang baik untuk dikonsumsi secara rutin. Salah satu jenis sayuran untuk Ibu hamil ini mampu jadi sumber utama dalam mencukupi kebutuhan asupan asam folat dan zat besi yang diperlukan oleh Ibu di masa kehamilan. Untuk asupan vitamin, bayam sebagai jenis sayuran untuk ibu hamil ini juga mengandung vitamin A, C, dan K. Jadi Ibu tidak perlu khawatir dalam memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin harian dengan sayuran untuk ibu hamil satu ini. Bayam sebagai sayuran untuk ibu hamil juga mudah untuk diolah di rumah. Salah satu cara mudah mengolah bayam adalah sebagai bahan utama untuk sayur bening

  2. Brokoli

    Selain bayam, ada satu jenis sayuran hijau lainnya yang cocok untuk dikonsumsi sebagai sayuran untuk ibu hamil, lho, Bu. Pasalnya, salah satu sayuran untuk ibu hamil ini dikenal memiliki kandungan kalsium, beta karoten, indoles, dan isotiosianat yang baik dalam menjaga kesehatan Ibu dan buah hati di dalam kandungan. Selain itu, zat-zat yang terkandung di dalam sayuran untuk ibu hamil tersebut juga bermanfaat dalam mencegah tubuh dari kondisi kesehatan yang mengkhawatirkan, seperti kanker. Sayuran untuk ibu hamil satu ini juga menawarkan keleluasaan kepada Ibu saat ingin mengolahnya di dalam rumah. Brokoli bisa jadi salah satu sayuran untuk ibu hamil yang diolah untuk masakan yang berkuah, seperti sup atau jenis makanan yang ditumis sebagai pelengkap hidangan bergizi lainnya.

    Artikel Sejenis

  3. Bit

    Meskipun dikenal dengan nama buah bit, nyatanya bit ini dikelompokkan sebagai jenis sayuran. Sayuran untuk ibu hamil satu ini dianggap sebagai sayuran dengan kandungan ajaib yang bermanfaat bagi Ibu di masa kehamilan. Kandungan asam folat, zat besi, dan vitamin C yang tinggi di dalam sayuran untuk ibu hamil satu ini dapat membantu sistem pencernaan Ibu agar tetap sehat di masa kehamilan. Selain itu, sayuran untuk ibu hamil satu ini juga dinilai dapat memurnikan darah selama masa kehamilan.

  4. Wortel

    Wortel dikenal sebagai salah satu jenis sayuran yang kaya akan vitamin A. Namun tidak berhenti di situ, wortel juga menjadi salah satu pilihan baik yang dapat disajikan sebagai sayuran untuk ibu hamil. Sayuran untuk ibu hamil satu ini memiliki kandungan beta karoten yang membawa manfaat besar bagi janin di dalam kandungan Ibu . kandungan beta karoten pada sayuran untuk ibu hamil satu ini mampu menjaga agar perkembangan jaringan sel dan saraf pada janin mampu bekerja secara optimal. Selain itu, wortel juga punya kandungan kalsium yang baik dalam merangsang pertumbuhan tulang dan gigi bagi janin. Di masa menyusui, wortel juga cukup sering dianjurkan, karena manfaatnya yang dapat menjaga kualitas ASI.

  5. Daun katuk

    Produksi ASI ternyata tidak hanya muncul ketika Ibu masuk ke dalam masa menyusui. Ternyata perangsangan produksi ASI sudah dibutuhkan oleh Ibu di saat masa trimester akhir. Agar perangsangan produksi ASI berjalan optimal, di masa kehamilan akhir, Ibu disarankan untuk mengonsumsi daun katuk sebagai salah satu jenis sayuran untuk ibu hamil. Daun katuk sebagai salah satu jenis sayuran untuk ibu hamil juga diketahui memiliki kandungan alkaloid, sterol, flavonoid, tanin, vitamin C, dan A yang cukup tinggi.

    Baca juga: [9 Kiat] Menjaga Kehamilan Tetap Sehat di Era New Normal

Manfaat sayuran untuk ibu hamil

Selain bermanfaat untuk menjaga perkembangan janin terjaga optimal, sayuran untuk ibu hamil juga berguna dalam menjaga agar buah hati terhindar dari berbagai macam penyakit bawaan. Berikut adalah manfaat yang bisa Ibu dapatkan saat rutin mengonsumsi sayuran untuk ibu hamil

  1. Menjaga saluran pernapasan

    Salah satu manfaat yang bisa ibu salurkan kepada buah hati dengan rutin mengonsumsi sayuran adalah menjaga si kecil terhindar dari masalah pada saluran pernapasan di masa pertumbuhannya. Permasalahan pada saluran pernapasan seperti asma di masa pertumbuhan si kecil bisa Ibu cegah dengan rutin mengonsumsi sayuran untuk ibu hamil, seperti bayam dan brokoli yang mengandung vitamin E.

  2. Mengurangi risiko penyakit kulit

    Dengan menjaga kesehatan buah hati, rutin mengonsumsi sayuran untuk ibu hamil dapat berperan sebagai langkah mengurangi risiko penyakit kulit, seperti eksim bagi si kecil. Minimalisasi risiko penyakit kulit ini bisa dilakukan oleh Ibu dengan mengonsumsi sayuran untuk ibu hamil yang kaya akan kandungan beta karoten, seperti wortel.

  3. Terhindar dari alergi

    Selalu coba memilih sayuran untuk ibu hamil yang kaya antioksidan, ya Ibu. Kandungan antioksidan yang ada pada sayuran untuk ibu hamil dapat memberikan manfaat untuk melindungi sel tubuh buah hati dari radikal bebas. Dengan sel tubuh yang terjaga dan kuat dari radikal bebas, Ibu juga berperan penting agar si kecil dapat terhindar dari berbagai jenis alergi di masa pertumbuhannya.

Rutin mengonsumsi sayuran untuk ibu hamil merupakan salah satu langkah baik dalam menjaga kehamilan, baik untuk Ibu serta untuk janin yang ada di dalam kandungan. dalam melengkapi asupan nutrisi, Ibu juga bisa memenuhi asupan nutrisi berkualitas dengan minum susu khusus Ibu hamil dar dari Frisian Flag MAMA yang mengandung protein, serat pangan, vitamin B9 (asam folat), zat besi, dan kalsium untuk mendukung kesehatan Ibu dan si Kecil selama di dalam kandungan hingga setelah lahir.

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz