Whatsapp Share Like Simpan

Di masa kehamilan, asupan nutrisi yang seimbang penting untuk dipenuhi oleh Ibu hamil agar kesehatannya tetap terjaga dan pertumbuhan janin pun lebih optimal. Tahukah Ibu? Ada beragam nutrisi yang bisa Ibu konsumsi selama kehamilan, salah satunya susu kedelai. Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil cukup banyak. Ini karena kacang kedelai kaya akan nutrisi penting, mulai dari protein , karbohidrat kompleks, lemak, serat, dan berbagai vitamin serta mineral yang penting. Kacang kedelai dan olahannya mengandung protein yang tinggi dan memiliki 9 asam amino esensial (9AAE) yang baik untuk pertumbuhan bayi. Kebutuhan protein selama masa kehamilan wajib terpenuhi agar jaringan tubuh janin dapat tumbuh secara optimal, salah satunya otak. Masa-masa penting pembentukan jaringan tubuh janin ini dimulai sejak kehamilan hingga periode emas pertumbuhan bayi setelah lahir. Untuk mendukung kebutuhan ini, Ibu disarankan mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi, salah satunya susu kedelai. 

Di balik rasanya yang lezat, ada pula manfaat susu kedelai untuk ibu hamil yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan jaringan tubuh janin, seperti membantu mengurangi risiko bayi prematur, meningkatkan fungsi otak, serta menjaga kesehatan berbagai organ tubuh bayi. Bahkan, manfaat susu kedelai untuk ibu hamil juga bisa mencegah terjadinya gangguan kelainan saat lahir lho, Bu. Itulah kenapa, Ibu hamil perlu mengonsumsi susu kedelai dan produk olahan kacang kedelai lain, tentunya dengan kadar atau jumlah yang tepat, agar kandungan gizi dari nutrisi lainnya bisa seimbang. 

Pasalnya, nutrisi penting bukan hanya didapatkan dari susu kedelai sebagai protein nabati, tetapi juga bisa didapatkan dari protein hewani, seperti telur, susu, ikan, daging merah, dan daging putih. Selain itu, nutrisi karbohidrat, lemak, serat, vitamin, dan mineral pun harus seimbang. Lalu, seberapa penting manfaat susu kedelai untuk ibu hamil ini? Ibu akan tahu jawabannya dari penjelasan di bawah ini ya. 

Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil

Susu kedelai merupakan susu yang diperoleh dari olahan kacang kedelai yang telah direbus, digiling, lalu dicampur air. Ada banyak manfaat susu kedelai untuk Ibu hamil yang penting untuk kesehatan, antara lain:

Mengoptimalkan Pertumbuhan Jaringan dan Organ Tubuh Janin

Seperti yang Ibu ketahui, protein merupakan nutrisi penting untuk membentuk dan mengoptimalkan jaringan tubuh. Susu kedelai termasuk sumber protein nabati yang bisa dikonsumsi Ibu. Itulah kenapa manfaat susu kedelai untuk ibu hamil juga penting bagi tumbuh kembang janin, terutama pertumbuhan fungsi otak. Asupan protein yang cukup selama hamil juga bisa mengurangi risiko bayi mengalami berat badan rendah saat lahir. Bukan hanya itu lho, Bu. Kandungan protein dalam susu kedelai juga mampu menjaga kesehatan rahim dan payudara Ibu hamil. 

Artikel Sejenis

Baca juga: 4 Fungsi Protein Untuk Bayi Bagi Tumbuh Kembangnya

Meningkatkan Energi

Ibu jadi lebih mudah lelah dan lemas saat masa kehamilan? Tenang saja, kondisi ini wajar dan sering dialami kebanyakan Ibu hamil. Asalkan lelahnya tidak berlebihan, kondisi tersebut masih bisa dikurangi dengan mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi. Nutrisi yang bisa meningkatkan energi adalah karbohidrat dan protein. Kedua nutrisi ini bisa ditemukan di makanan sehat untuk ibu hamil, salah satunya susu kedelai. Manfaat susu kedelai untuk Ibu hamil ini cukup penting, mengingat Ibu membutuhkan energi ekstra untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Namun, jika Ibu merasa lelah yang luar biasa meski tidak beraktivitas, lebih baik segera berkonsultasi dengan dokter agar dilakukan penanganan lebih cepat dan tepat, ya! 

Mendukung Perkembangan Sistem Saraf Janin

Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil selanjutnya berkaitan dengan perkembangan sistem saraf janin. Ini karena kandungan folat yang terdapat dalam susu kedelai. Fungsi folat ini bisa meningkatkan perkembangan sistem saraf serta otak bayi saat lahir. Mencukupi kebutuhan folat dan Vitamin B12 selama hamil terbukti dapat mencegah terjadinya kelainan bawaan sejak lahir. Ibu pasti ingin melahirkan bayi yang sehat dan cerdas, bukan? Oleh karena itu, Ibu wajib penuhi kebutuhan nutrisi seimbang sejak masa kehamilan hingga periode emas pertumbuhan si Kecil. 

Mencegah Risiko Anemia

Anemia termasuk kondisi yang sering dialami oleh Ibu hamil. Penyakit ini muncul karena tubuh kekurangan asupan zat besi sehingga jumlah sel darah merah dalam tubuh berkurang dan tidak dapat berfungsi dengan baik. Zat besi ini bisa Ibu temukan dalam susu kedelai. Berkat kandungan zat besi, manfaat susu kedelai untuk ibu hamil dapat membentuk sel darah merah di tubuh Ibu, mencegah anemia, serta mengurangi risiko kelahiran prematur. 

Memenuhi Kebutuhan Vitamin

Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil juga bisa Ibu rasakan karena banyaknya kandungan vitamin dan mineral di dalamnya. Kandungan vitamin A pada susu kedelai penting untuk proses perkembangan organ tubuh janin, mulai dari mata, kulit, rambut, tulang, dan organ lainnya. Selain itu, vitamin A juga berperan untuk membentuk sistem kekebalan tubuh janin. 

Vitamin lainnya yang tak kalah penting adalah vitamin B12. Vitamin ini penting untuk mendukung proses pembentukan sel darah merah dan menjaga kesehatan saraf ibu hamil. Asupan vitamin B12 dan isoflavon juga dapat mencegah terjadinya kelainan saraf pada janin. Oleh karena itu, manfaat susu kedelai untuk ibu hamil cukup mendukung kebutuhan vitamin dan mineral, di samping asupan utamanya dari sayur atau buah. 

Meningkatkan Kesehatan Tulang dan Gigi 

Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil yang tak kalah penting adalah dapat meningkatkan kesehatan tulang dan gigi. Ini karena adanya kandungan vitamin D dan kalsium sebagai nutrisi utama pembentuk jaringan tulang dan gigi pada janin. 

Dari penjelasan di atas, Ibu pasti semakin paham ternyata manfaat susu kedelai untuk ibu hamil itu penting selama masa kehamilan. Namun, di balik manfaat susu kedelai untuk ibu hamil ini, ada pula efek sampingnya yang tidak boleh disepelekan lho, Bu. Simak penjelasannya di bawah ini ya!

Efek Samping Mengonsumsi Susu Kedelai Berlebihan

Saking sukanya dengan susu kedelai, Ibu jadi sering mengonsumsinya secara berlebihan? Hati-hati, Ibu akan mengalami beberapa gangguan kesehatan jika terlalu banyak mengonsumsi sumber protein nabati satu ini. 

Penyerapan Mineral Terhambat

Di balik manfaat susu kedelai untuk ibu hamil, ternyata susu jenis ini juga bisa menghambat penyerapan mineral dalam tubuh Ibu hamil jika dikonsumsi secara berlebihan. Ini karena susu kedelai mengandung asam fitat yang mengganggu penyerapan kalsium, zat besi, dan zinc yang dibutuhkan untuk proses pertumbuhan serta perkembangan janin. 

Menurunkan Kolesterol Baik

Salah satu manfaat susu kedelai untuk ibu hamil yaitu karena kandungan lemaknya yang rendah. Namun, jika Ibu terlalu banyak mengonsumsi susu kedelai, kadar kolesterol alami yang sebenarnya dibutuhkan tubuh saat hamil akan semakin menurun. Kolesterol baik ini berperan dalam pembentukan vitamin D dan hormon kehamilan, seperti progesteron dan estrogen.

Memicu Alergi 

Dengan banyaknya manfaat susu kedelai untuk ibu hamil, ternyata di balik itu ada efek samping yang mengganggu kesehatan ibu dan bayi, salah satunya memicu indikasi alergi. Protein pada kacang kedelai bisa menyebabkan alergi pada sebagian bayi yang baru lahir. Kondisi ini terjadi saat sistem kekebalan tubuh bayi menganggap protein dalam kacang kedelai sebagai bahan berbahaya dan menciptakan kekebalan untuk melawannya. Jika kondisi ini terjadi, lebih baik Ibu bawa si Kecil ke dokter untuk diperiksa dengan penanganan yang lebih tepat. 

Itulah manfaat susu kedelai untuk ibu hamil beserta efek sampingnya jika dikonsumsi berlebihan. Perlu Ibu ingat lagi ya, bila ingin mengonsumsi susu kedelai, perhatikan asupannya dengan seimbang agar tidak menimbulkan risiko berbahaya. Jika Ibu ragu untuk mengonsumsi susu kedelai dan produk olahannya, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui nutrisi yang dibutuhkan selama masa kehamilan.


Selain susu kedelai, ada banyak sumber nutrisi lain yang bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan gizi Ibu dan janin, salah satunya susu Frisian Flag Mama Tahap 0 SUPRIMA yang mempunyai dua manfaat dalam satu produknya, yakni bisa dikonsumsi oleh Ibu hamil dan menyusui sekaligus. Frisian Flag Mama dapat melengkapi kebutuhan gizi ibu hamil dan menyusui yang memerlukan nutrisi lebih banyak dibanding sebelumnya. Yuk, saatnya penuhi gizi seimbang agar kesehatan Ibu dan janin tetap terjaga.