Share Like
Simpan

Hai, Bu! Bagaimana pagi Ibu hari ini? Bagi yang baru memasuki trimester pertama, seringkali Ibu merasa ‘asing’ dengan tubuh sendiri. Ya, di tiga bulan pertama memang akan banyak perubahan yang terjadi pada tubuh kita. Ibu tidak perlu khawatir. Semua hal tersebut wajar kok, dirasakan di awal kehamilan.

Saya pun dulu begitu. Ketika mengandung si Kecil, sering muncul rasa panik. Maklum, namanya juga bumil baru. Pegal-pegal, nyeri, morning sickness, semua masalah fisik yang umumnya muncul pada trimester pertama sempat saya alami. Meski awalnya kaget, tapi perlahan saya terbiasa dan mulai paham cara menyiasatinya.

Nah, bagi para ibu yang sedang menjalani trimester pertama kehamilan, saya ingin berbagi pengalaman. Sama seperti Ibu, dulu saya juga merasakan masalah fisik saat hamil, yang sering membuat panik. Berikut adalah beberapa contohnya:

 

1. Kram pada Bagian Kaki

 Sering merasakan kaki kram? Tenang, kaki kram atau leg cramps memang sering terjadi pada trimester pertama kehamilan. Penyebabnya ialah tegangnya otot kaki akibat menopang berat tubuh saat hamil. Dari info yang saya baca, kram pada bagian kaki juga biasanya akan semakin sering terjadi seiring bertambahnya usia kehamilan.

Nah, apabila Ibu mengalaminya, segera lakukan peregangan, Bu. Luruskan kaki, lalu pijat betis secara perlahan. Biasakan melakukan pemanasan di pagi hari dan sebelum tidur untuk melemaskan otot kaki, agar terhindar dari kram.

 

 2. Varises

Varises merupakan pembuluh darah berwarna kebiruan yang sering terlihat menonjol dari bawah permukaan kulit. Selama kehamilan, varises sering muncul akibat adanya tekanan pada daerah vena sehingga mempengaruhi laju aliran darah. Meski umumnya tidak menyakitkan, terkadang ada jenis varises tertentu yang dapat menyebabkan rasa sakit atau gatal.

Untuk mencegah timbulnya varises, hindari berdiri terlalu lama. Saat duduk pun, sebisa mungkin tempatkan kaki dalam keadaan lurus. Dulu, saat tidur saya sering menempatkan bantal empuk di bawah kaki untuk mengistirahatkan otot kaki. Selain itu, hindari memakai sepatu berhak tinggi ya, Bu. Selain mencegah varises, Ibu juga akan merasa lebih nyaman saat beraktivitas.

 

3. Back Pain

Back pain atau nyeri pada bagian punggung umumnya merupakan hal yang paling sering dikeluhkan oleh ibu hamil. Dari konsultasi dokter, saya jadi paham bahwa ternyata membesarnya rahim di kala hamil merupakan penyebab mengapa kita sering merasakan nyeri punggung. Otot perut melemah, sehingga otot bagian belakang harus bekerja keras untuk menopang berat tubuh selama masa kehamilan.  Akibatnya, saya dulu sering merasa nyeri saat berjalan, berdiri, bahkan saat duduk sekalipun.

 Apabila punggung mulai terasa sakit, Ibu juga bisa melakukan tips berikut ini: lakukan gerakan telungkup dengan menekuk lutut, kedua tangan berada di sisi kepala (seperti gerakan menyembah). Kemudian,  dorong bagian punggung ke arah luar. Tahan selama beberapa detik, kemudian ulangi lagi. Gerakan ini berguna untuk melemaskan bagian punggung untuk mengurangi rasa sakit.

 

Tentunya, untuk mengurangi risiko masalah fisik saat hamil, Ibu pun perlu untuk menyiapkan diri sebaik mungkin selama proses kehamilan. Sebisa mungkin, juga lakukan olahraga secara rutin ya, Bu. Cukup lakukan yang ringan saja, misalnya dengan rajin berjalan di sore hari atau berenang. Selain sehat, olahraga juga bisa menjadi momen tepat untuk melepaskan diri dari kepenatan. Selamat mencoba!