Whatsapp Share Like Simpan

Bumil, sudahkah menyiapkan perlengkapan bayi baru lahir? Selain menyiapkan fisik dan mental menjelang persalinan, Ibu hamil juga harus menyiapkan berbagai perlengkapan bayi baru lahir yang dibutuhkan setelah melahirkan. Bagi Ibu yang baru hamil, mungkin akan bingung memilih dan menyiapkan perlengkapan apa saja yang diperlukan. Ibu pasti merasa membutuhkan banyak perlengkapan untuk menunjang masa-masa setelah melahirkan. 

Namun, keinginan yang banyak tersebut terkadang membuat Ibu jadi kalap. Akibatnya, bisa saja banyak perlengkapan bayi baru lahir yang justru tidak terpakai. Apalagi saat ini sudah banyak perlengkapan bayi yang lucu dan menggemaskan, sehingga Ibu hamil sulit untuk menolaknya. Padahal, fungsi barang tersebut belum tentu berguna. Nah, supaya Ibu tidak bingung dan kalap, catat rekomendasi perlengkapan bayi baru lahir di bawah ini, yuk! 

Rekomendasi Perlengkapan Bayi Baru Lahir 

Berikut adalah rekomendasi perlengkapan bayi baru lahir yang perlu Ibu hamil siapkan, di antaranya:

  1. Popok

    Perlengkapan bayi baru lahir yang sangat penting adalah popok. Sebab, bayi yang baru lahir biasanya perlu mengganti popok sebanyak 10-12 kali sehari. Jadi, Ibu perlu menyiapkan stok popok setidaknya untuk beberapa hari. Jika Ibu berencana menggunakan popok kain yang bisa dicuci dan digunakan kembali, sebaiknya pilihlah bahan katun yang lembut dan mudah menyerap. Ibu juga bisa menggunakan popok sekali pakai saat di malam hari atau ketika ke luar rumah.

  2. Baju dan celana bayi

    Perlengkapan bayi baru lahir yang tak kalah penting adalah baju dan celana. Saat membeli baju dan celana, sebaiknya Ibu memilih pakaian yang bahannya lembut, mudah menyerap, dan nyaman untuk si Kecil. Berikut ini beberapa pilihan baju yang perlu Ibu siapkan dari awal, di antaranya:

    Artikel Sejenis

    • 4-8 baju jumper pendek dan panjang yang disertai dengan kancing di bagi, selangkangan, atau di sepanjang bagian tubuh
    • 4-8 piyama
    • 4-8 celana pendek dan panjang 
    • 1-3 sweater atau jaket dengan kancing di bagian depan 
    • 4-8 baju berbentuk kimono dengan kancing di bahu 

    Memilih baju dengan kancing di bagian depan tidak hanya membuat si Kecil nyaman, tetapi juga untuk memudahkan Ibu saat melepas pasang baju si Kecil. 

  3. Bedong selimut

    Bedong selimut termasuk perlengkapan bayi baru lahir yang dianggap penting sejak zaman dahulu. Sebab, selama 9 bulan di dalam kandungan, posisi bayi sama seperti dibedong atau dibundel, sehingga bedong selimut diperlukan untuk memberikan kenyamanan bagi bayi yang baru lahir. Ibu setidaknya perlu menyediakan 3-4 selimut atau kain lembut khusus bayi yang berguna untuk membedong tubuh mungilnya. 

    Ibu bisa menyiapkan selimut atau kain lembut berbahan katun tipis untuk cuaca yang panas dan selimut atau kain berbahan lebih tebal untuk digunakan saat cuaca dingin, di ruangan ber-AC, atau saat malam hari. 

  4. Sarung tangan dan kaos kaki

    Perlengkapan bayi baru lahir selanjutnya yaitu sarung tangan dan kaos kaki. Setidaknya Ibu perlu menyiapkan 3-4 pasang kaus kaki dan sarung tangan. Barang-barang ini sangat penting untuk membuat bayi baru lahir tetap merasa aman dan nyaman, terutama di kondisi dingin. Sarung tangan juga berguna untuk mencegah bayi menggaruk dirinya sendiri yang bisa saja melukai wajahnya. 

  5. Perlak

    Perlak bayi merupakan salah satu perlengkapan bayi baru lahir yang perlu Ibu persiapkan sebelum persalinan. Perlak bayi yang biasa terbuat dari karet ini telah digunakan selama bertahun-tahun untuk melindungi kasur dari ompol bayi. Selain itu, perlak bayi juga penting untuk membantu memudahkan Ibu saat mengurus bayi, seperti mengganti popok, sebagai alas bayi setelah mandi, dan lain sebagainya. 

    Pastikan Ibu memilih perlak bayi yang bahannya lembut dan aman bagi si Kecil. Satu hal yang tak kalah penting, pilihlah perlak bayi yang bahannya mudah dibersihkan, baik itu sekadar dilap atau dicuci. Dengan begitu, perlak bayi termasuk perlengkapan bayi baru lahir yang cukup multifungsi dan berguna hingga waktu yang lama. 

  6. Perlengkapan mandi

    Seperti yang Ibu ketahui, kulit bayi yang baru lahir masih sensitif dan lembut, sehingga membutuhkan perlengkapan mandi khusus yang diformulasikan untuk bayi dan tidak menimbulkan alergi. Nah, berikut ini perlengkapan bayi baru lahir untuk mandi:

    • Bak mandi khusus bayi, agar lebih mudah, aman, dan nyaman saat memandikan si Kecil
    • Sabun dan sampo khusus bayi
    • Bedak bayi
    • Handuk mandi yang bahannya lembut dan mudah menyerap
    • Minyak pijat atau baby oil 
    • Pelembap atau losion 
    • Sisir sikat halus
  7. Tempat tidur bayi dan bantal

    Perlengkapan bayi baru lahir yang Ibu butuhkan selanjutnya adalah tempat tidur bayi dan bantalnya. Tempat tidur bayi diperlukan karena bisa menjadi tempat paling aman untuk bayi tidur selama 6 bulan pertama. Tempat tidur bayi ada banyak bentuknya lho, Bu. Bukan hanya ranjang yang terpisah dari kasur Ibu, tetapi tempat tidur bayi juga bisa berbentuk bedding set yang bisa Ibu pindahkan ke berbagai tempat, mulai dari kasur utama, ruang tengah, dan lain sebagainya. 

  8. Tas untuk menyimpan barang bayi saat bepergian

    Tas juga termasuk perlengkapan bayi baru lahir yang Ibu perlukan jika hendak bepergian. Sebenarnya Ibu bisa saja menyimpan kebutuhan si Kecil ke dalam tas Ibu atau Ayah, tetapi akan bercampur dengan barang lainnya. Itulah sebabnya, tas bayi berguna untuk menyimpan kebutuhan si Kecil, sehingga memudahkan Ibu saat ingin mengganti popok, menggunakan tisu basah, atau mengganti pakaian si Kecil. Sebaiknya Ibu memilih tas bayi yang memiliki banyak kompartemen, agar lebih mudah untuk mencari barang si Kecil yang Ibu butuhkan. 

  9. Gendongan bayi

    Digendong merupakan salah satu momen yang membuat bayi merasa nyaman. Tak hanya itu, menggendong bayi juga termasuk kegiatan untuk mempererat kedekatan antara Ibu dan si Kecil. Itulah sebabnya, salah satu perlengkapan bayi baru lahir yang dibutuhkan oleh Ibu adalah gendongan bayi. Pastikan Ibu memilih gendongan bayi yang tepat sesuai usia si Kecil, ya. 

  10. Celemek atau slabber bayi 

    Sebagian besar bayi biasanya akan mengeluarkan ASI atau gumoh saat bersendawa. Nah, penggunaan celemek atau slabber bayi bisa melindungi pakaian si Kecil agar tetap bersih. Celemek atau slabber bayi juga disebut dengan istilah bib bayi. Pilihlah jenis celemek leher yang mudah dilepas pasang dan dibersihkan. 

  11. Perlengkapan perawatan bayi lainnya

    Ibu juga perlu menyiapkan perlengkapan perawatan lainnya untuk menunjang kebutuhan si Kecil setelah lahir. Beberapa perlengkapan perawatan ini meliputi gunting kuku, cotton buds, tisu basah, kain kasa steril, dan minyak telon. 

  12. Mainan dan buku 

    Mainan juga termasuk perlengkapan bayi baru lahir yang perlu Ibu siapkan juga lho. Ibu tidak perlu menyiapkan mainan yang mewah, cukup menyiapkan mainan kerincing, mainan musik, atau mainan berbahan lunak yang bisa berguna untuk merangsang perkembangan otaknya. Selain itu, Ibu juga bisa membacakan buku kepada si Kecil sejak dini sebagai stimulasi.

Selain barang-barang yang disebutkan di atas, sebenarnya ada perlengkapan bayi baru lahir lainnya yang bisa Ibu siapkan, di antaranya kelambu, alat pompa ASI, bouncer, stroller, botol susu, alat pencuci botol, pelembap ruangan atau humidifier, termometer, alat sterilisasi, dan lain sebagainya. Perlengkapan bayi baru lahir ini bisa Ibu siapkan tergantung kebutuhan. 

Tak hanya fokus pada perlengkapan bayi baru lahir, Ibu juga perlu meningkatkan kualitas ASI agar si Kecil mendapat asupan nutrisi yang optimal. Oleh karena itu, Ibu harus mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, termasuk susu khusus Ibu menyusui seperti Frisian Flag MAMA yang mengandung protein, karbohidrat, lemak, kalsium, serat pangan (inulin), serta 29 vitamin dan mineral lainnya untuk mendukung kesehatan Ibu dan tumbuh kembang si Kecil. Ibu dianjurkan untuk mengonsumsi susu Frisian Flag MAMA sejak masa kehamilan sampai masa menyusui, guna memenuhi asupan nutrisi yang lebih optimal bagi Ibu dan si Kecil.