Share Like
Simpan

Tadi siang, saya mengunjungi teman yang baru saja melahirkan. Rona bahagia yang ia tunjukkan ketika menatap bayinya, mengingatkan saya ketika si Kecil baru lahir. Mengingat ketika menggendong si Kecil untuk pertama kalinya masih sering membuat saya senyum-senyum sendiri. Apalagi, banyak hal unik menyangkut si Kecil yang tak luput dari perhatian saya.

Saya masih ingat betul perasaan takjub saat melihat si Kecil yang baru lahir  , mulai dari penampilan hingga ekspresinya yang menggemaskan. Nah, kali ini, saya ingin berbagi tujuh hal menarik yang dapat Ibu lihat dari si Kecil ketika ia baru lahir.

  • Penampilannya unik

Bayi yang baru lahir tak langsung punya pipi tembam atau kulit halus. Bentuk kepalanya akan terlihat lonjong dibanding bulat sempurna. Otot wajah si Kecil ketika masih dalam kandungan juga belum terlatih, sehingga kulitnya terlihat rapuh dan kendur. Ditambah, si Kecil tak langsung bisa membuka mata secara sempurna membuat penampilannya semakin unik.

  • Ubun-ubunnya lunak

Saat baru lahir, ubun-ubun si Kecil akan terasa lunak dan berdenyut. Hal ini dikarenakan tengkorak kepala bayi belum tumbuh sempurna sehingga denyut pembuluh darah dapat terasa oleh kita. Namun, Ibu tak perlu khawatir. Umumnya, ubun-ubun akan tertutup sempurna ketika si Kecil berusia sekitar 18 bulan.

  • Muntah setelah minum ASI

Jika si Kecil muntah saat minum ASI atau gumoh, jangan lekas panik ya, Bu. Hal ini dikarenakan otot di saluran pencernaannya belum bekerja sempurna, sehingga Si Kecil memuntahkan kembali ASI yang diminum tak lama setelahnya. Sebagai pencegahan, Ibu dapat menegakkan tubuhnya ketika di gendongan dan membuatnya sendawa.

  •  Menangis Tanpa Air Mata

Ketika mendengar si Kecil menangis, Ibu akan menyadari kalau ia hanya meratap tanpa mengeluarkan air mata. Hal ini terjadi karena saluran air matanya belum sepenuhnya berkembang, Bu. Si Kecil akan mulai mengeluarkan air mata saat memasuki usia tiga sampai empat minggu nanti.

  • Belum Mengenali Wajah

Bu, jangan berkecil hati kalau si Kecil terlihat belum mengenali wajah Ayah dan Ibu di awal kelahirannya. Saat ini, ia hanya dapat menangkap cahaya, bentuk, dan gerakan lewat matanya. Jarak pengelihatan si Kecil pun masih terbatas sejauh 20 sampai 30 cm. Oleh karena itu, jangan kaget jika ia memperlihatkan ekspresi takjub ketika seseorang mendekat ke depan wajahnya. Menggemaskan, ya!

  • Kulit yang Kering

Meskipun awalnya lembut, kulit si Kecil yang baru lahir bisa berubah menjadi kering dalam waktu singkat. Selama 9 bulan di dalam kandungan, ia terendam dalam cairan rahim. Oleh karena itu, ketika lahir dan terpapar udara, kulitnya pun perlahan menjadi kering. Namun, Ibu tak perlu khawatir karena kulit si Kecil yang kering dan mengelupas merupakan hal yang normal, kok.

  • Jarang Tersenyum

Si Kecil yang baru lahir akan terlihat banyak tersenyum ketika tidur. Namun, ia belum bisa menunjukkan senyuman ketika diajak berinteraksi. Ini karena selama 6 minggu pertama kelahirannya, si Kecil belum bisa merespon tindakan orang lain. Sabar ya, Bu. Perlahan-lahan, si Kecil akan mulai tersenyum lebih lebar dan tertawa seiring tumbuh kembangnya, kok.

  • Bau yang Khas

Sejak ia lahir, Ibu mungkin akan menyukai bau tubuhnya yang khas. Senang mencium bau tubuh si Kecil bukan hal yang aneh kok, Bu. Sebuah studi dari Montreal University mengungkapkan, bau si Kecil yang baru lahir bisa memicu kesenangan seperti ketika mencium bau makanan saat lapar. Menarik, bukan?

Bagaimana Bu, si Kecil makin terlihat lucu dan menggemaskan bukan? Meski menguras energi, merawat si Kecil dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi kita, ya. Semoga si Kecil sehat selalu, Bu!