Whatsapp Share Like Simpan

Sudahkah Ibu mengajarkan si Kecil cara mencuci tangan yang benar? Cuci tangan 6 langkah merupakan kegiatan yang harus dibiasakan, terutama bagi anak-anak yang rentan terkena infeksi bakteri, kuman, atau virus. 

Ibarat sebuah perantara, tangan termasuk bagian tubuh yang jadi media perpindahan bakteri, kuman, dan virus dari lingkungan sekitar dan dapat masuk ke dalam tubuh si Kecil. Kemungkinan si Kecil akan terkena berbagai penyakit jika tidak terbiasa melakukan cara mencuci tangan yang benar. 

Ada berbagai penyakit yang dapat dengan mudah ditularkan jika si Kecil tidak cuci tangan dengan benar, mulai dari penyakit yang ringan hingga berbahaya. Oleh karena itu, Ibu perlu mengajarkan si Kecil cara mencuci tangan yang benar dan memberitahu ia bahwa bakteri, virus, dan kuman bisa menyebabkan penyakit. 

7 Langkah Cara Mencuci Tangan yang Benar 

Mencuci tangan memang mudah, tetapi apakah caranya sudah benar? Pasalnya, cara mencuci tangan yang benar sebaiknya mencakup 7 langkah dengan durasi sekitar 15-20 detik. Nah, Ibu bisa terapkan 7 langkah cara mencuci tangan yang benar di bawah ini kepada si Kecil: 

  1. Basahi kedua telapak tangan dengan air

    Cara mencuci tangan yang benar bisa dimulai dengan membasahi kedua telapak si Kecil menggunakan air mengalir. Mengapa? Sebab, air mengalir mungkin tidak akan tercampur dengan kuman, bakteri, atau bahan lain dibandingkan air yang sudah menggenang. Namun, jika tidak ada air mengalir, pastikan air yang sudah tersedia di bak mandi atau ember tetap terjaga kebersihannya. 

    Artikel Sejenis

  2. Bersihkan tangan menggunakan sabun

    Air saja tidak cukup untuk membersihkan tangan. Pastikan Ibu mengajarkan si Kecil cara mencuci tangan yang benar dengan mencuci kedua telapak tangan menggunakan sabun. Kehadiran sabun sangat penting dalam langkah-langkah cara mencuci tangan yang benar karena dapat membunuh bakteri, kuman, dan virus yang menempel di tangan.

  3. Cuci bagian punggung tangan 

    Cara mencuci tangan yang benar selanjutnya yaitu menggosok bagian punggung tangan dengan bantuan telapak tangan satunya lagi. Banyak orang yang keliru saat mencuci tangan karena hanya fokus pada telapak tangan.

    Padahal, bakteri, kuman, dan virus juga bisa menempel di punggung tangan. Oleh sebab itu, Ibu perlu ajarkan si Kecil mencuci bagian punggung tangan kiri dengan bantuan telapak tangan, begitu pun sebaliknya. 

  4. Cuci bagian sela-sela jari 

    Selain telapak dan punggung tangan, sela-sela jari juga bisa terkena virus, bakteri, dan kuman lho, Bu. Itulah sebabnya, Ibu perlu ajarkan si Kecil cara mencuci tangan yang benar dengan membersihkan bagian sela-sela jari secara menyeluruh. 

  5. Cuci bagian punggung jari 

    Cara mencuci tangan yang benar tak berhenti sampai di situ ya, Bu. Si Kecil perlu mencuci bagian punggung jarinya juga. Caranya, letakkan punggung jari kanan di atas telapak tangan kiri, lalu putarkan bagian punggung jari tersebut di atas telapak tangan. Lakukan cara ini di tangan satunya lagi. 

  6. Cuci ibu jari dengan cara memutar

    Lho? Bagaimana caranya? Eits, tenang, Bu. Cara mencuci tangan yang benar ini cukup mudah. Pertama-tama, genggam ibu jari atau jempol sebelah kiri dengan telapak tangan kanan, lalu cuci dengan cara memutar secara berulang kali. Lakukan cara tersebut di tangan satunya lagi, ya. Cukup mudah, bukan? 

  7. Cuci bagian kuku jari

    Nah, cara mencuci tangan yang benar selanjutnya adalah dengan mencuci bagian kuku-kuku jari. Sebab, kuku juga termasuk bagian yang rentang jadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri.

    Cara mencuci tangan yang benar ini bisa dimulai dengan menguncupkan jari tangan kanan di atas telapak tangan kiri, lalu putarkan beberapa kali. Lakukan cara ini di tangan satunya lagi ya, Bu. Selain itu, Ibu sebaiknya rutin memotong kuku si Kecil agar kebersihannya tetap terjaga. 

Setelah melakukan 7 langkah di atas, saatnya kedua tangan si Kecil dibilas dengan air bersih. Lalu, keringkan dengan handuk kering yang bersih atau bisa juga menggunakan tisu. 

Supaya cara mencuci tangan yang benar terasa lebih menyenangkan, ajak si Kecil menyanyikan lagu “bintang kecil” atau lagu anak-anak lainnya dibandingkan menghitung berapa detik waktu yang diperlukan saat mencuci tangan. 

Perlu Ibu ingat, mengajarkan si Kecil cara mencuci tangan yang benar tidak akan efektif jika Ibu dan keluarga terdekat tidak memberikan contoh yang baik pada si Kecil. Maka dari itu, Ibu perlu memberikan contoh dan menunjukkan si Kecil bahwa mencuci tangan merupakan kegiatan yang penting dilakukan. 

Baca juga: Cara Meningkatkan Kecerdasan Emosional pada Anak

Kapan Waktu yang Tepat Si Kecil Cuci Tangan?

Sekarang Ibu sudah tahu cara mencuci tangan yang benar, bukan? Nah, selanjutnya Ibu perlu mengetahui waktu yang tepat untuk membiasakan si Kecil mencuci tangan. 

  • Setelah bermain di luar rumah

    Ibu pasti paham betapa banyaknya virus, bakteri, dan kuman yang ada di luar rumah. Untuk itu, Ibu perlu membiasakan si Kecil lakukan cara mencuci tangan yang benar sesaat setelah ia dari luar rumah. 

    Selain itu, sebaiknya Ibu langsung mengganti pakaian si Kecil dengan yang lebih bersih. Sebab, kita tidak tahu apakah ada virus yang menempel pada pakaiannya atau tidak. Untuk mencegah penyebaran virus tersebut, pastikan segera cuci pakaian dan bersihkan badan si Kecil. 

  • Biasakan cuci tangan sebelum dan sesudah makan

    Makanan yang dikonsumsi si Kecil akan langsung masuk ke dalam saluran pencernaannya. Coba bayangkan jika si Kecil tidak cuci tangan terlebih dahulu? Bisa jadi bakteri, kuman, dan virus ikut masuk bersama dengan makanan tersebut.

    Oleh karena itu, Ibu perlu membiasakan si Kecil cuci tangan sebelum dan sesudah makan. Saat mempersiapkan makanan, Ibu juga harus cuci tangan sebelum, selama, dan sesudah mengolah bahan mentah. 

  • Setelah memegang barang-barang

    Mainan si Kecil dan barang-barang lainnya bisa jadi sarang bakteri, kuman, atau virus penyebab penyakit. Pastikan si Kecil cuci tangan setelah memegang barang-barang tersebut. Selain itu, Ibu juga perlu membersihkan mainan dan barang lainnya secara rutin agar kebersihannya tetap terjaga. 

  • Setelah dari toilet

    Meski terlihat bersih dan wangi, bakteri di dalam toilet tetap saja banyak lho, Bu. Maka dari itu, penting bagi si Kecil untuk mencuci tangan setelah selesai dari toilet agar terhindar dari penyakit. 

Selain beberapa hal di atas, Ibu juga perlu mengingatkan si Kecil untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah membuang sampah, setelah batuk atau bersih, setelah memegang dan memberikan makan hewan, serta sebelum dan sesudah berinteraksi dengan orang secara dekat. 

Mengajarkan cara mencuci tangan yang benar merupakan bentuk kasih sayang Ibu terhadap si Kecil agar terhindar dari penyakit. Selain itu, Ibu juga harus meningkatkan sistem imun tubuhnya dengan memberikan si Kecil asupan bernutrisi. 

Salah satu nutrisi tambahan yang dianjurkan adalah susu Frisian Flag PRIMAGRO AAE 1+ bisa jadi solusi Ibu karena mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE) secara lengkap yang dapat mendukung tumbuh kembang optimal anak usia 1-3 tahun. 

Susu Frisian Flag PRIMAGRO AAE 1+ juga diperkaya dengan 9 nutrisi penting lainnya, seperti minyak ikan, omega 3, omega 6, zat besi, zinc, protein, kalsium, magnesium, vitamin D3, serta vitamin dan mineral lain untuk mendukung potensi si Kecil tumbuh pintar, kuat, dan tinggi.

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz