Whatsapp Share Like Simpan

Membacakan cerita anak sebelum tidur bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi si Kecil dan orang tua. Selain menghibur, cerita anak sebelum tidur juga dapat memberikan manfaat bagi perkembangan si Kecil. Sebenarnya, kegiatan ini sudah bisa Ibu biasakan sejak si Kecil masih bayi hingga memasuki usia prasekolah.

Manfaat Membacakan Cerita Anak Sebelum Tidur

  1. Mempererat ikatan batin

    Membacakan cerita anak sebelum tidur bisa menjadi momen bonding atau quality time bersama si Kecil. Ibu bisa bercerita sambil memeluk Si Kecil atau membuat suara-suara lucu yang membuatnya tertawa dan merasa nyaman. Kebersamaan inilah yang bisa membuat hubungan Ibu dan buah hati semakin erat. 

  2. Melatih perkembangan kognitif

    Mendengarkan cerita anak sebelum tidur juga bermanfaat dalam menstimulasi otak Si Kecil untuk berpikir dan berimajinasi. Kegiatan ini tentu sangat baik untuk melatih kecerdasan dan perkembangan kognitif si Kecil selama masa pertumbuhan dan perkembangan.

  3. Menenangkan si Kecil 

    Saat membacakan cerita anak sebelum tidur, sebagian Ibu biasanya akan bercerita dalam suasana santai dan nyaman. Ibu bisa menekankan intonasi yang berbeda di beberapa alur cerita untuk menunjukkan efek dramatisasi. Hal ini bisa membuat si Kecil semakin penasaran dan tertarik untuk mendengarkan cerita anak sebelum tidur. Dengan begitu, ia pun akan merasa nyaman dan lebih tenang.

  4. Meningkatkan kemampuan verbal

    Melansir laman resmi parents.com, kebiasaan membacakan cerita anak sebelum tidur dapat meningkatkan kemampuan verbal si Kecil. Ia akan memiliki kemampuan interaksi yang bagus, baik melalui tulisan, bacaan, atau ucapan. Bahkan, mendengarkan cerita anak sebelum tidur juga dianggap dapat meningkatkan kemampuan IQ yang tinggi pada si Kecil. 

    Artikel Sejenis

  5. Memperluas kosakata

    Seperti yang Ibu ketahui, membaca atau mendengarkan cerita dapat memperluas kosakata. Nah, begitu pula saat si Kecil mendengarkan cerita anak sebelum tidur. Studi menyebutkan bahwa membaca buku cerita atau dongeng bersama anak dapat membantu ia untuk mengetahui lebih banyak kosakata. Dengan begitu, si Kecil jadi lebih mahir dalam menyampaikan keinginan dan perasaannya.

    Baca juga: Manfaat Asam Amino Esensial (9AAE) Untuk Pertumbuhan Anak

  6. Mengasah keterampilan mendengar

    Membacakan cerita anak sebelum tidur juga bisa mengasah indera pendengaran Si Kecil. Ini karena untuk memahami isi dari buku yang Ibu ceritakan, si Kecil harus mendengarkan cerita dengan seksama. Sehingga, kegiatan bercerita atau mendongeng ini bisa mengasah kemampuan mendengar serta meningkatkan komunikasi yang baik antara Ibu dan si Kecil.

  7. Membiasakan pola tidur yang sehat dan teratur

    Membacakan cerita anak sebelum tidur juga bisa membantu menjaga kualitas tidur Si Kecil lho, Bu. Jika Ibu terbiasa melakukan kegiatan ini sebelum tidur, maka si Kecil pun akan tahu bahwa ini sudah memasuki waktunya ia untuk tidur. Dampak positifnya, si Kecil akan terbiasa dengan pola tidur yang sehat, termasuk memiliki jam tidur dan bangun yang sama setiap harinya.

  8. Menumbuhkan minat baca

    Manfaat membacakan cerita anak sebelum tidur juga dapat menumbuhkan minat baca si Kecil. Sebab, saat ia terbiasa melihat Ibu membaca, maka secara tidak langsung ia akan penasaran dengan buku tersebut. Apalagi jika Ibu juga membiasakan si Kecil belajar membaca, maka si Kecil akan tumbuh menjadi anak yang gemar baca. 

  9. Mengambil pelajaran hidup

    Setiap cerita anak sebelum tidur yang Ibu bacakan kepada si Kecil pasti memiliki nilai atau pelajaran hidup yang bisa diambil. Pelajaran hidup ini sangat penting dimiliki si Kecil sebagai salah satu bekal untuk menjalani kehidupan di masa mendatang. Selain itu, cerita anak sebelum tidur juga bisa menjadi media terbaik bagi Ibu untuk memberikan nasihat yang mendidik kepada si Kecil. Dengan begitu, nilai-nilai dalam hidup bisa Ibu terapkan mulai dari kebiasaan kecil setiap hari, salah satunya dari cerita anak sebelum tidur.

Manfaat membacakan cerita anak sebelum tidur memang berperan penting dalam masa perkembangan si Kecil. Untuk itu, mulai sekarang Ibu bisa rutin membacakan cerita atau dongeng yang seru sekaligus mengandung pelajaran hidup yang penting kepada si Kecil. Untuk memaksimalkan manfaat cerita anak sebelum tidur, Ibu juga perlu menyampaikan ceritanya dengan baik. 

Tips Membacakan Cerita Anak Sebelum Tidur dengan Baik

Sebagian Ibu mungkin tidak terbiasa menjadi pendongeng dan merasa kaku saat membacakan cerita kepada si Kecil. Apakah Ibu salah satunya? Eits, tenang saja ya, Bu. Kemampuan membacakan cerita kepada si Kecil bisa terus berkembang. Berikut ini ada beberapa tips membacakan cerita dengan baik sebelum si Kecil terlelap, antara lain:

  • Luangkanlah waktu hanya untuk si Kecil, sehingga Ibu tidak terganggu oleh hal-hal lain dan bisa membaca buku cerita dengan lancar dan nyaman.
  • Pilih buku yang bisa menarik perhatian si Kecil, seperti buku yang penuh gambar dan berwarna-warni, atau sesuai kesukaannya.
  • Selain buku yang menarik, Ibu juga perlu mencari cerita yang memiliki pesan moral atau pelajaran hidup untuk si Kecil.
  • Ceritakan dengan penuh ekspresi agar si Kecil antusias mendengarkan cerita tersebut.
  • Gunakan kata-kata yang mudah dipahami si Kecil. Ibu bisa gunakan bahasa sendiri jika bahasa dalam buku terlalu sulit dipahami oleh si Kecil.
  • Usahakan untuk selalu berinteraksi dua arah dengan si Kecil, seperti tanya-jawab. Hal ini penting untuk mengajak si Kecil lebih aktif, kreatif, dan berpikir dengan baik.

Tips Agar si Kecil Cepat Tidur

Seperti yang Ibu ketahui, tidur memiliki manfaat yang sangat penting untuk tumbuh kembang si Kecil. Selain membuat pikiran dan tubuhnya istirahat, tidur juga dapat meningkatkan kognisi, konsentrasi, dan produktivitas si Kecil dengan baik. Selain itu, tidur juga berperan dalam memproduksi hormon pertumbuhan. Oleh karenanya, penting bagi Ibu untuk menjaga kualitas tidur si Kecil dengan baik. Berikut ini beberapa tips agar si Kecil cepat tidur, di antaranya:

  • Hindari makan malam mendekati waktu tidur
  • Hindari aktivitas yang membuat si Kecil sangat aktif di malam hari. Beberapa kegiatan yang perlu dihindari sesaat sebelum si Kecil tidur, yaitu gerakan melompat, berlari, atau gerakan-gerakan aktif lainnya. Gerakan tersebut dapat membuat tubuhnya terjaga, sehingga sulit tidur.
  • Buat jadwal dan kebiasaan tidur yang teratur. Salah satu kebiasaan tidur yang bisa dilakukan yang membacakan cerita anak sebelum tidur.
  • Siapkan suasana yang nyaman, rileks, dan tenang satu jam sebelum si Kecil tidur.
  • Saat si Kecil tidur, pastikan kondisi kamar cukup nyaman, seperti mengecek suhu kamar yang tidak terlalu panas atau dingin.
  • Sebaiknya Ibu dan Ayah tidak memainkan atau memegang gadget saat waktu tidur si Kecil akan tiba.
  • Cukupi kebutuhan jam tidur si Kecil sesuai usianya. Untuk anak yang berusia 4-6 tahun, sebaiknya mendapat jam tidur sekitar 10-11 jam per hari. Jam tidur tersebut terdiri dari 8-9 jam tidur malam dan 2 jam tidur siang.


Seperti yang telah disebutkan, membacakan cerita anak sebelum tidur dapat mendukung perkembangan si Kecil. Namun, kebiasaan itu tak cukup untuk meningkatkan tumbuh kembang si Kecil yang optimal. Ibu membutuhkan asupan nutrisi lainnya untuk si Kecil, salah satu zat gizi yang sangat penting adalah 9 asam amino esensial (9AAE). Asupan 9AAE ini bisa secara lengkap Ibu dapatkan dalam susu Frisian Flag PRIMAGRO AAE 3+, kandungan nutrisi dalam susu pertumbuhan ini sudah ditingkatkan dari sebelumnya demi mendukung potensi tumbuh kembang optimal si Kecil. Frisian Flag PRIMAGRO AAE 3+ juga diperkaya 9 nutrisi penting lainnya, seperti minyak ikan, omega 3, omega 6, zat besi, zinc, protein, kalsium, magnesium, vitamin D3, serta vitamin dan mineral lain untuk mendukung potensi si Kecil tumbuh pintar, kuat, dan tinggi.