Whatsapp Share Like Simpan

Hubungan antara ayah dan anak perempuan sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang si Kecil. Sebab, ayah memiliki peran penting dalam membentuk karakter anak sejak dini. Selain itu, hubungan yang baik antara ayah dan anak perempuan juga diperlukan untuk perkembangan kognitif, emosional, dan sosial si Kecil.

Namun, tak sedikit pula ayah dan anak perempuan justru memiliki hubungan yang jauh. Jika tidak diatasi sejak awal, kemungkinan hubungan jauh tersebut akan berlangsung hingga hidup anak perempuan tumbuh dewasa. Banyak faktor yang menyebabkan hubungan ayah dan anak perempuan tidak begitu dekat, salah satunya karena sejak kecil tidak dibiasakan untuk menikmati momen berdua. Padahal, ada banyak kegiatan ayah untuk anak perempuan sebagai wadah memperkuat bonding.

Melansir laman resmi Pediatric Associates of Franklin, beberapa penelitian menunjukkan bahwa ayah yang penyayang dan suportif dapat meningkatkan kepercayaan diri anak, serta meningkatkan kemampuan emosional dan sosial anak yang lebih baik. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa anak perempuan cenderung bergantung pada sosok ayah untuk mendapatkan perlindungan dan dukungan secara emosional. 

Ide Kegiatan Ayah dan Anak Perempuan yang Seru 

Supaya hubungan antara ayah dan anak perempuan semakin erat, berikut ini ada beberapa ide kegiatan yang bisa dilakukan, di antaranya:

  • Membaca buku cerita

    Ibu dan ayah pasti sudah tahu pentingnya membaca buku bagi tumbuh kembang si Kecil. Selain meningkatkan kemampuan bahasa dan imajinasinya, membaca buku juga bisa menjadi momen penting untuk mempererat hubungan antara ayah dan anak perempuannya. Ayah bisa meluangkan waktu di malam hari sebelum si Kecil tidur untuk membacakan buku cerita kesukaannya. Selain itu, ayah juga bisa mengajak si Kecil pergi ke perpustakaan atau toko buku di akhir pekan untuk membeli buku yang nantinya akan dibaca bersama. Setelah membaca buku, ajaklah si Kecil untuk mengungkapkan perasaan atau pendapatnya terkait cerita tersebut. Dengan begitu, hubungan antara ayah dan anak perempuan semakin terjalin satu sama lain. 

    Artikel Sejenis

  • Bermain peran

    Bermain peran bisa menjadi salah satu kegiatan ayah untuk anak perempuan yang menyenangkan lho. Ayah bisa berperan sebagai pasien dan si Kecil berperan sebagai dokter. Ajak si Kecil untuk terus aktif dalam berimajinasi saat bermain peran ini. Selain itu, Ayah juga perlu menunjukkan respon yang antusias saat si Kecil semangat bermain. Dengan begitu, si Kecil akan merasa ucapan dan sikapnya diapresiasi oleh Ayah dan dia pun akan lebih semangat dalam bermain kegiatan tersebut. Selain memperkuat bonding antara ayah dan anak perempuan, permainan ini dapat meningkatkan imajinasi dan memperkenalkan si Kecil mengenai profesi-profesi yang ada. 

  • Berkebun

    Bosan dengan kegiatan yang itu-itu saja? Bagaimana jika Ayah mengajak si Kecil untuk berkebun bersama? Kegiatan ini tak hanya penting bagi ayah dan anak perempuan, tetapi juga memperkuat hubungan dengan Ibu. Ajarkan kepada si Kecil pentingnya merawat tanaman dan tidak perlu khawatir kotor saat bermain dengan tanah. 

  • Merakit permainan bongkah plastik

    Permainan bongkah plastik termasuk salah satu jenis permainan yang disukai oleh anak-anak. Daripada si Kecil bermain sendiri, sebaiknya ayah turut menemani si Kecil agar permainan lebih menyenangkan. Ajak si Kecil berimajinasi membuat bangunan-bangunan dari susunan lego tersebut. Kegiatan antara ayah dan anak perempuan ini bisa meningkatkan kemampuan motorik halus, merangsang kemampuan berpikir, mengembangkan ketekunan, dan merangsang kreativitas si Kecil.

  • Olahraga bersama

    Ingin bermain sekaligus melakukan kegiatan yang menyehatkan tubuh? Yuk, saatnya ajak si Kecil olahraga bersama. Kegiatan ini tak hanya untuk ayah dan anak perempuannya saja, tetapi juga bisa mengajak Ibu dan saudara lainnya. Ada berbagai jenis olahraga yang bisa dipilih, mulai dari bermain sepeda, bermain bola, berenang, berkuda, lari, dan lainnya. Pilihlah olahraga yang disukai oleh anak-anak. Sesuaikanlah olahraga dengan kemampuan dan usia si Kecil, agar ia tidak merasa keberatan saat melakukannya. 

  • Bermain game 

    Kegiatan antara ayah dan anak perempuan yang mudah dilakukan adalah bermain game. Seperti yang diketahui, saat ini sudah banyak jenis game anak-anak yang ada di gadget. Pilihlah permainan yang tak hanya menghibur, tetapi juga mengedukasi si Kecil. Namun, perlu diingat untuk mengatur jam penggunaan gadget supaya si Kecil tidak kecanduan bermain. 

  • Lakukan kegiatan yang menjadi hobi anak

    Si Kecil punya hobi melukis? memasak? Bernyanyi? Hobi si Kecil bisa dijadikan ide kegiatan antara ayah dan anak perempuan yang menyenangkan lho. Kegiatan yang disukai dalam hidup anak perempuan pasti membuat dirinya lebih semangat dan antusias dalam bermain. Oleh karena itu, coba cari tahu apa minat atau hobi si Kecil sejak awal. 

    Baca juga: Manfaat Asam Amino Esensial (9AAE) Untuk Pertumbuhan Anak

  • Mengajarkan hal baru

    Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan antara ayah dan anak perempuan adalah mengajarkan hal-hal baru. Bukankah menyenangkan mengajarkan si Kecil hal-hal baru yang tidak biasa ia lakukan? Mulai dari mengendarai sepeda, mencuci motor, memanah, membenarkan barang yang rusak, dan lainnya. Kegiatan tersebut bisa diajarkan kepada si Kecil agar ia lebih mandiri dan memahami bagaimana dunia bekerja. Selain itu, kegiatan antara ayah dan anak perempuan ini dapat memupuk kepercayaan diri si Kecil untuk menyelesaikan masalah atau problem solving. 

  • Bermain di alam terbuka

    Sesekali ajaklah si Kecil untuk aktif bermain di luar rumah, seperti di taman, kebun, sawah, lapangan, atau area-area yang dekat dengan alam terbuka. Kegiatan yang berkaitan dengan alam terbuka dapat meningkatkan tumbuh kembang si Kecil. Alam terbuka juga memberikan suasana berbeda bagi si Kecil untuk berinteraksi secara langsung dengan lingkungan. Selain meningkatkan hubungan antara ayah dan anak perempuan, kegiatan di alam terbuka juga memberikan manfaat lain, di antaranya:

    • Meningkatkan kecintaan terhadap alam
    • Melatih motorik si Kecil
    • Meningkatkan keaktifan si Kecil
    • Meningkatkan kemampuan sosialisasi
    • Memperluas perspektif si Kecil

Peran Ayah dalam Perkembangan Anak

Seperti yang telah disebutkan, sosok ayah berperan untuk membentuk karakter anak. Berikut ini beberapa peran ayah dalam perkembangan anak, di antaranya:

  • Membuat anak percaya diri

    Ketika ayah membuat kasih sayang pada anak bisa ditunjukkan, secara tak sadar akan tertanam nilai pada diri si Kecil bahwa dia merupakan seseorang yang berharga. Nah, hal inilah yang bisa menumbuhkan rasa percaya diri dalam dirinya. Rasa percaya diri tersebut dapat membuat si Kecil lebih menghargai dan mencintai dirinya sendiri. Bahkan, karakter ini bisa membuat si Kecil mudah bersosialisasi lebih baik dengan orang-orang di sekitarnya. Tak hanya itu, rasa percaya diri juga membuat si Kecil lebih yakin dan sigap dalam menyelesaikan tugas atau ketika dihadapkan dengan tantangan baru. 

  • Menjaga kesehatan mental anak

    Penelitian menunjukkan bahwa peran ayah membuat perkembangan anak bisa Kecil terhindar dari risiko gangguan mental di masa mendatang. Anak yang memiliki ikatan kuat dengan ayahnya dipercaya lebih mahir dalam mengendalikan stres ketika ia tumbuh dewasa, dibandingkan anak yang tak memiliki hubungan baik dengan ayahnya.

  • Mengembangkan kemampuan emosional anak

    Penelitian juga menunjukkan bahwa anak yang mendapatkan perhatian yang cukup dari sosok ayah cenderung memiliki kondisi emosional yang stabil, merasa aman, dan berani mengeksplorasi lingkungan sekitar.

Nah, selain stimulasi yang tepat, Ibu dan Ayah juga harus memberikan nutrisi yang prima untuk si Kecil, ya! Jadi, ia bisa tumbuh menjadi anak yang memiliki akal kreatif, tangkas, dan berani. Salah satu nutrisi yang penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak adalah 9 Asam Amino Esensial (9AAE). 9AAE merupakan bentuk sederhana dari protein yang harus didapatkan dari sumber protein berkualitas, seperti susu, telur, ikan, daging merah, daging putih, dan kacang-kacangan serta hasil olahannya. Akan tetapi, protein hewani merupakan jenis protein yang paling penting dibandingkan protein nabati karena protein hewani mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap.

Menurut penelitian dari J.Nutr dalam National Center for Biotechnology, asupan 9AAE harus dipenuhi dalam jumlah yang lengkap karena jika kekurangan 1 jenis asam amino esensial, maka akan menurunkan kinerja hormon pertumbuhan, termasuk potensi tinggi badan, tingkat kecerdasan, dan daya tahan tubuh sebanyak -34%, bahkan kekurangan semua jenis Asam Amino Esensial (9AAE) akan menurunkan kinerja hormon pertumbuhan tersebut sebanyak -50%. 

Nah, kecukupan 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap bisa Ibu dapatkan dalam susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ yang diperkaya juga dengan 5 kombinasi nutrisi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, seperti zat besi, vitamin D3, Zinc, magnesium, dan vitamin C tertinggi. 

Tak hanya itu susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ juga mengandung kombinasi nutrisi untuk mendukung kreativitas anak, seperti DHA 4x lebih tinggi, omega 3, omega 6, minyak ikan, kolin, sphingomyelin, asam sialat, dan tirosin, serta kandungan serat pangan inulin yang menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz