Whatsapp Share Like Simpan

Hai, Bu! Saat mempunyai waktu luang, baik saat musim liburan atau akhir pekan, tidak ada salahnya mengajak si Kecil pergi berwisata, lho. Selain menghilangkan kejenuhan, berwisata juga bermanfaat untuk tumbuh kembang si Kecil. Sebagai inspirasi, Ibu bisa mengajak si Kecil berwisata ke pantai. Apalagi, ada banyak aktivitas yang bisa Ibu dan si Kecil lakukan di pantai untuk mendukung kecerdasan dan pertumbuhan fisik anak. Apa saja permainan anak yang bisa dilakukan di pantai? Simak selengkapnya, yuk!

1. Membuat Istana Pasir

Membuat istana pasir menjadi salah satu permainan menyenangkan yang bisa Ibu dan si Kecil lakukan saat berada di pantai. Tahukah, Ibu? Membuat istana pasir akan memberikan kebebasan bagi si Kecil untuk mengembangkan imajinasinya, lho. Menurut  Vikas Satwik, dokter spesialis anak di Motherhood Hospital India, saat si Kecil membentuk pasir menjadi berbagai macam bentuk, otak kanannya bekerja lebih optimal sehingga membantu meningkatkan kecerdasan dan imajinasi si Kecil. 

Selain itu, saat si Kecil memindahkan pasir dari ember satu ke ember yang lain menggunakan sekop, koordinasi gerak tangan dan mata si Kecil pun ikut terlatih. Kegiatan ini mampu merangsang perkembangan motorik si Kecil, sehingga akan memaksimalkan perkembangan ototnya.

2. Menggambar di Pasir 

Selain membuat istana pasir, Ibu juga bisa mengajak si Kecil menggambar di atas pasir, lho. Permainan anak ini bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk memperkenalkan si Kecil pada huruf, angka, serta bentuk-bentuk sederhana seperti lingkaran atau segitiga. Untuk memulai, Ibu bisa menggambarnya terlebih dahulu, lalu bimbing si Kecil untuk menggambar bentuk serupa. 

Ibu juga bisa mengajak si Kecil menyebutkan bentuk, angka, atau huruf yang ia gambar untuk menambah pengetahuan dan kosakatanya. Selain itu, Ibu juga bisa sekaligus mengajarkan si Kecil penjumlahan sederhana, sehingga kemampuan berhitung si Kecil semakin berkembang.

Artikel Sejenis

3. Bermain Bola Pantai

Kegiatan selanjutnya yang bisa Ibu dan si Kecil lakukan adalah bermain bola pantai. Ibu bisa mengajak si Kecil bermain lempar dan tangkap bola, memasukkan bola ke dalam keranjang,  dan sebagainya. Saat si Kecil melakukan aktivitas tersebut, ia akan terpicu untuk berlari, melompat, dan menendang, sehingga tubuhnya semakin bugar. Selain itu, kegiatan tersebut juga membantu menguatkan tulang dan otot si Kecil.

4. Menerbangkan Layang-layang

Penjual layang-layang akan sering dijumpai saat berwisata ke pantai. Nah, mengapa tak mencobanya saja, Bu? Menerbangkan layang-layang merupakan salah satu jenis permainan anak yang sangat seru untuk dilakukan di kala berlibur di pantai. Angin yang kencang serta tempat yang lapang akan memudahkan Ibu untuk menerbangkan layang-layang hingga tinggi.

Kegiatan ini akan melatih si Kecil untuk belajar mengendalikan layang-layang melalui gulungan senar yang dipegangnya. Dengan begitu keterampilan tangannya pun akan terlatih sekaligus koordinasi antara mata dan tangannya.

5. Mengumpulkan Kerang

Gundukan pasir adalah ‘gudangnya’ berbagai jenis kerang laut. Jika beruntung, mungkin Ibu dan si Kecil akan menemukan kerang yang cantik untuk dibawa pulang sebagai souvenir. Bawalah ember atau wadah kecil untuk menampung kerang dan penggaruk pasir untuk menggali pasir. Ajari ia untuk menggali pasir secara perlahan-lahan hingga menemukan kerang, lalu masukkan ke dalam wadah. 

Tidak hanya seru untuk dilakukan, kegiatan mengumpulkan kerang bermanfaat bagi si Kecil lho, Bu. Diantaranya adalah dapat melatih kesabaran si Kecil, keterampilan tangan, serta koordinasi mata dan tangannya.

6. Bermain Air

Untuk permainan anak satu ini mungkin tidak selalu bisa dilakukan di semua pantai ya, Bu, mengingat pantai di Indonesia banyak yang memiliki ombak ganas yang sangat berbahaya bagi keselamatan si Kecil. Namun jika Ibu dan si Kecil sedang mengunjungi pantai yang memiliki ombak tenang dan airnya dangkal, jangan sampai melewatkan untuk bermain air di sana.

Si Kecil pasti akan sangat senang saat bisa bermain air. Tak apa, Bu, sebab bermain air juga bermanfaat bagi tumbuh kembangnya. Permainan ini dapat melatih fisiknya, seperti untuk perkembangan mata, tangan, dan kakinya. Selain itu, si Kecil juga dapat mengembangkan kreativitasnya. Ia bebas melakukan apa saja dengan air sesuai dengan imajinasinya. Satu hal yang penting, terus awasi dan dampingi si Kecil saat bermain air di pantai, ya.

Itu dia, Bu, beberapa permainan anak di pantai yang bisa Ibu dan si Kecil lakukan bersama untuk mengoptimalkan pertumbuhan fisik anak. Selain membuatnya lebih pintar dan kuat, aktivitas ini juga bisa mempererat hubungan antara Ibu dan si Kecil. Selamat bermain!

Ingin bisa berkonsultasi tentang nutrisi, tumbuh kembang, atau topik lainnya seputar anak? Tanyakan saja langsung kepada ahlinya di laman Tanya Pakar, Bu. Untuk bisa mengaksesnya, registrasi terlebih dulu, ya.