Whatsapp Share Like
Simpan

Halo Ibu! Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga dalam keadaan sehat, ya. Kali ini saya akan mengajak Ibu berdiskusi soal cara agar si Kecil bisa menyayangi hewan. Sebelum membahas lebih detail, saya ingin tanya, apakah si Kecil suka bermain dengan hewan? Jika iya, ini adalah berita bagus Bu. Dari artikel online yang saya baca, sering berinteraksi dengan hewan dapat memberikan rasa nyaman dan mendorong kepercayaan diri anak, Bu. Selain perkembangan psikologi, hal ini ternyata juga bisa mendukung komunikasi non-verbal si Kecil. Oleh karena itu, penting sekali untuk Ibu mulai mengajarkan anak menyayangi hewan sejak dini. Berikut beberapa cara yang pernah saya terapkan dulu, Bu:

1. Tunjukkan Kasih Sayang pada si Kecil

Setiap anak tentu membutuhkan didikan dan kasih sayang dari Ayah dan Ibu. Saya menemukan beberapa riset yang mengatakan bahwa kurangnya rasa kasih sayang yang ia dapat di rumah, dapat memengaruhi kemampuannya dalam berempati, Bu.  Lalu, apa hubungannya antara pengajaran kasih sayang dan perlakuan kasar pada hewan? Tentu saja ini berhubungan, Bu. Jika si Kecil tidak memiliki rasa empati, maka ia pun tak akan merasa terganggu ketika melihat hewan terluka. Ibu tentu tidak ingin terjadi si Kecil tumbuh menjadi pribadi yang kurang empati.

2. Bacakan Buku Cerita Soal Hewan

Apakah biasanya Ibu membacakan buku cerita untuk si Kecil sebagai pengantar tidur? Nah, untuk mengajarkan si Kecil soal jenis-jenis hewan, Ibu dapat memilih buku cerita dengan karakter hewan di dalamnya, seperti yang saya lakukan. Jika memungkinkan, saya mencari buku cerita yang menampilkan karakter serta sifat alami dari hewan tertentu. Dari artikel online yang saya baca, hal ini juga menjadi salah satu cara mendidik anak untuk menyangi hewan yang tergolong cukup efektif lho, Bu.

3. Ajak si Kecil untuk Bermain dengan Hewan

Jika ingin si Kecil lebih penyayang, ada baiknya Ibu terlebih dahulu mengenalkan hewan pada anak. Ajak si Kecil untuk berinteraksi langsung dengan kucing, kelinci, atau hewan jinak lainnya. Dari pengalaman saya, cara ini dapat menyadarkan si Kecil bahwa hewan akan merasa senang jika diberi kasih sayang, sama seperti dirinya. Namun bagaimana jika Ibu tidak punya hewan peliharaan di rumah? Sama halnya dengan saya, Bu. Solusinya, saya sering mengajak si Kecil bermain di rumah teman yang punya hewan peliharaan.

4. Ajak si Kecil ke Kebun Binatang

Selain mendekatkan si Kecil dengan hewan peliharaan, saya juga sesekali mengajaknya jalan-jalan ke kebun binatang. Kenapa? Ternyata ini menjadi cara mudah untuk menjelaskan bahwa hewan memiliki habitatnya sendiri. Selama kunjungan saya ke kebun binatang, si Kecil juga jadi banyak tanya soal hewan liar yang tidak pernah ia jumpai sebelumnya lho. Ini bisa jadi ide liburan edukasi yang menarik, Bu!

5. Memelihara Hewan di Rumah

Jika memungkinkan coba untuk memelihara hewan di rumah yuk, Bu. Tahukah Ibu? Ketika si Kecil terbiasa merawat hewan peliharaan, ini akan mengajarkannya untuk memiliki rasa tanggung jawab dan menghargai serta menyayangi hewan sejak ia berusia dini. Jenis hewan peliharaan ini juga tidak perlu yang besar seperti anjing atau kucing, Bu. Sebagai referensi Ibu, saya bahkan hanya memelihara kura-kura kecil, lho. 

Ada segudang cara yang bisa Ibu lakukan dalam mengajarkan si Kecil menyayangi hewan. Mari kita bersama-sama terapkan lima cara di atas agar si Kecil tumbuh menjadi pribadi yang pintar secara sosial dan emosional!