Share Like
Simpan

Bu, seiring mendampingi proses tumbuh kembang si Kecil, saya belajar banyak hal soal perubahan-perubahan yang terjadi padanya, baik secara psikologis maupun fisik. Ternyata, salah satu faktor yang berperan penting dalam proses tumbuh kembang anak tersebut adalah faktor fisik. Menurut artikel yang pernah saya baca, faktor fisik adalah faktor-faktor yang berhubungan dengan kondisi fisik atau jasmani tiap orang. Jika kondisi fisik si Kecil selalu sehat, pastinya proses pertumbuhannya juga akan berlangsung lancar, bukan? Nah, berdasarkan pengalaman dan informasi yang saya peroleh, faktor fisik berikut inilah yang paling memengaruhi proses tumbuh kembang si Kecil. Silakan disimak ya, Bu.

 1. Sentuhan Fisik Ibu

Sentuhan penuh kasih sayang Ibu kepada si Kecil, seperti mengelus, menggendong, atau bercengkerama dengannya ketika mau tidur bisa merangsang perkembangan otaknya lho, Bu. Apalagi, di tiga tahun pertama, proses perkembangan otaknya berlangsung dengan cepat. Oleh sebab itu, lakukan kegiatan ini sesering mungkin ya, Bu.

2. Aktivitas Fisik

Dalam fase perkembangan anak, ada berbagai keuntungan bagi si Kecil ketika Ibu sering mengajaknya melakukan berbagai aktivitas fisik. Selain mencegah kelebihan berat badan, aktivitas fisik seperti olahraga ringan, bermain, atau sekadar bercanda dengan Ibu dan ayah juga dapat mengoptimalkan pertumbuhan tulangnya sehingga makin kuat. Selain itu, aktivitas fisik juga dapat merangsang perkembangan serta kekuatan ototnya.

3. Trauma

Trauma fisik pada anak bisa berupa banyak hal, seperti terbentur benda keras, kecelakaan, maupun mendapat kekerasan fisik. Jika si Kecil mengalami hal-hal tersebut pada masa pertumbuhannya, kemungkinan besar proses tumbuh kembangnya akan terhambat, Bu. Si Kecil mungkin tidak akan mencapai tinggi atau berat badan ideal sesuai usianya akibat cacat fisik maupun stres. Oleh sebab itu, pastikan si Kecil tidak mengalami trauma dengan menghindari hal-hal tersebut dan meluangkan waktu untuk memerhatikan segala kegiatannya.

Bagaimana, Bu? Proses tumbuh kembang anak ternyata memang dipengaruhi oleh berbagai hal, ya. Yuk, dampingi dan bantu si Kecil tumbuh secara optimal dengan selalu memerhatikan faktor-faktor fisik di atas.