Whatsapp Share Like Simpan

Di masa new normal saat ini diam di rumah adalah cara terbaik untuk menghindarkan diri dari penyebaran virus berbahaya. Terutama jika Ibu sedang memiliki bayi, maka sebaiknya hindari mengajaknya bepergian untuk urusan yang tidak penting. Namun ada kalanya Ibu memang harus membawa bayi bepergian karena keperluan penting. Apabila kondisinya seperti itu, maka ada beberapa peralatan bayi yang wajib dibawa. Apa sajakah peralatan tersebut? Catat daftarnya berikut ini ya, Bu:

Face Shield

Bayi tidak disarankan untuk memakai masker karena dapat membuatnya susah untuk bernapas. Sebagai gantinya, kenakan padanya face shield untuk melindungi area mata, hidung, dan mulutnya agar tidak terpapar virus berbahaya. Pilihlah face shield khusus untuk bayi dengan lingkar kepala yang pas untuknya.

Face shield untuk bayi dan anak biasanya sudah dibuat senyaman mungkin supaya mereka betah untuk memakainya. Selain itu, peralatan bayi wajib di era new normal ini juga didesain dengan karakter yang lucu dan sesuai dengan kesukaan anak-anak. Dengan begitu, buah hati pun akan senang mengenakannya selama bepergian.

Hand Sanitizer

Bayi masih terlalu kecil untuk memahami konsep penularan penyakit ini, Bu. Ia belum bisa mengetahui kalau ia tidak boleh memegang benda secara sembarangan dan mungkin akan sulit bagi Ibu untuk terus melarangnya. Saat ia sudah terlanjur memegang suatu benda saat berada di luar rumah, maka Ibu harus segera membersihkan tangannya dengan hand sanitizer.

Cairan pembersih tangan ini sudah mengandung alkohol yang ampuh membersihkan tangan dari virus, bakteri, maupun kuman penyebab penyakit. Namun Ibu harus selektif dalam memilih hand sanitizer untuk bayi. Cek kandungannya, apakah aman untuk kulit bayi atau tidak. Sebaiknya Ibu memilih hand sanitizer yang memang khusus dibuat untuk bayi dan anak, sehingga kulitnya tidak teriritasi.

Artikel Sejenis

Lotion Bayi

Tangan bayi yang sering dibersihkan dengan hand sanitizer rentan menjadi kering. Jika kulitnya kering, maka akan mudah terjangkit bakteri ataupun mengelupas sehingga mengalami iritasi. Untuk itu, ada peralatan bayi lainnya yang perlu dibawa saat bepergian, yaitu lotion bayi. Perlengkapan ini berfungsi untuk menjaga kelembapan kulitnya. Oleskan lotion khusus untuk bayi pada tangannya setiap habis disemprot hand sanitizer.

Popok Sekali Pakai

Setiap bepergian dengan bayi, popok sekali pakai (pospak) adalah peralatan bayi yang pantang untuk dilupakan. Pospak diperlukan sebagai cadangan kalau popoknya sudah penuh oleh air kencing atau kotor karena ia buang air besar. Sebaiknya bawalah 2-3 pospak supaya Ibu tidak kehabisan saat bayi harus sering berganti popok.

Baca juga: Berbelanja Perlengkapan Bayi, Apa Saja Yang Dibutuhkan?

Pakaian Ganti

Selain pospak, pakaian ganti juga merupakan peralatan bayi yang wajib untuk Ibu bawa untuk bepergian di masa new normal ini. Mungkin saat bepergian pakaian yang dikenakan bayi kotor oleh air, keringat, bekas makanan, atau kotoran lainnya yang menempel. Maka dari itu, pakaian ganti perlu dibawa jika pakaiannya harus diganti dengan yang bersih. Bawalah pakaian bayi secara lengkap, mulai dari baju, celana, dan kaos kaki.

Tisu Kering dan Basah

Bepergian bersama bayi, terutama di saat new normal, Ibu pun perlu membawa tisu. Ada dua jenis tisu yang harus Ibu bawa, yaitu tisu kering dan basah. Keduanya akan sangat berguna untuk membersihkan anggota tubuh bayi yang kotor. Untuk tisu kering, pilihlah yang memiliki lapisan agak tebal tapi tetap lembut di kulit bayi. Sementara untuk tisu basah, pilihlah yang kandungannya memang khusus untuk bayi sehingga lebih aman dan tidak akan menyebabkan iritasi pada kulitnya.

Peralatan Makan Bayi

Untuk bayi yang sudah memasuki usia MPASI, maka Ibu juga wajib membawa peralatan makan bayi yang terdiri dari mangkuk, sendok garpu, celemek, dan botol minum. Untuk menghindarkan buah hati dari penularan virus, penting untuk membawa peralatan makan sendiri dari rumah. Apalagi untuk bayi, lebih baik membawa peralatan bayi yang dipakai saat ia makan.

Semprotan Disinfektan

Barang-barang yang ada di luar sudah terpapar oleh banyak orang sehingga berisiko menjangkiti bayi jika ada orang yang ternyata berpenyakit. Jadi, Ibu perlu membawa semprotan disinfektan untuk membersihkan permukaan benda-benda yang rentan tersentuh oleh bayi. Semprotlah terlebih dulu barang-barang yang ada di sekitar bayi supaya ia lebih aman dan terlindungi dari virus, bakteri, dan kuman berbahaya.

Itulah beberapa peralatan bayi yang wajib Ibu bawa saat bepergian bersama bayi di masa new normal ini. Cek terlebih dulu sebelum pergi ya, Bu. Jangan sampai ada yang tertinggal. Bayi juga sebaiknya tidak dibawa bepergian terlalu lama karena sistem kekebalan tubuhnya masih terlalu lemah sehingga ia rentan terserang penyakit. Ibu juga perlu meningkatkan daya tahan tubuh bayi dengan memberikannya asupan vitamin dari makanan bergizi pada MPASI bayi. Semoga informasi ini bermanfaat.

Jika ingin berkonsultasi seputar anak, bisa berkunjung ke laman Tanya Pakar ya, Bu. Di sana ada para ahli yang akan membantu menjawab pertanyaan Ibu. Untuk bisa menggunakan fitur tersebut, pastikan Ibu sudah registrasi terlebih dahulu, ya.