Share Like
Simpan

Akhir pekan telah tiba! Seolah menjadi sebuah ritual, sejak dulu saya sekeluarga selalu berusaha untuk meluangkan waktu untuk bepergian bersama keluarga di akhir pekan. Baik itu sekadar pergi ke rumah saudara, taman hiburan, taman bermain air, pantai, atau ke rumah nenek.

Namun, dulu setiap bepergian, saya selalu mengalami satu kendala, Bu. Ya, banyak sekali barang yang harus dibawa jika pergi dengan si Kecil. Duh, rasanya satu tas besar tidak cukup untuk membawa perlengkapannya.

Oleh karena itu, saya pun jadi rajin membuat sebuah daftar perlengkapan penting bagi si Kecil setiap akan bepergian. Daftar ini sangat membantu saya untuk memastikan tidak ada barang yang tertinggal dan tidak membawa benda yang tak perlu. Nah, untuk Ibu yang mengalami kendala sama, berikut ini saya bagikan 4 perlengkapan bayi yang wajib dibawa si Kecil saat bepergian:

 

1. Baju Ganti

Kondisi pakaian yang tidak nyaman seperti terkena bekas muntahan dan minuman dapat membuat si Kecil menjadi rewel dalam perjalanan, Bu. Oleh karena itu, sangat penting untuk membawa baju ganti sekitar dua atau tiga pasang. Saya juga tidak lupa membawa popok sekali pakai dan kaos dalam.

 

2. Peralatan Makan

Jika si Kecil sudah diperkenalkan dengan MPASI, sangat penting untuk membawa peralatan makan seperti sendok dan kotak makan. Saat ia lapar, Ibu dapat menyiapkan makanan yang mudah dipersiapkan seperti pisang, alpukat, atau MPASI yang disiapkan dari rumah. Membawa peralatan makan sendiri dapat mengurangi kemungkinan si Kecil mengalami masalah sanitasi.

 

3. Toiletries

Dalam toiletries ini, benda di urutan pertama adalah tisu basah, benda ajaib pengganti air. Saat Ibu sulit mendapatkan air untuk membersihkan bekas makan atau menggantikan popok si Kecil, benda ini tentu akan sangat membantu. Namun, Ibu perlu memperhatikan pemakaian tisu basah pada si Kecil. Pastikan tisu tersebut tidak mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat membuat alergi. Selain itu, saya pun tidak lupa untuk membawa bedak bayi, minyak telon, dan salep khusus ruam popok agar si Kecil bisa terus merasa nyaman saat beraktivitas.

 

4. Kantung Plastik

Ketika si Kecil dibersihkan setelah makan, muntah, atau buang air besar di dalam mobil, dibutuhkan wadah sementara untuk membuang bekas tisu dan popok sekali pakai. Di sinilah kantung plastik menjalankan perannya. Selain dapat menyimpan pakaian basah, kantung plastik dapat mencegah bau tak sedap baju dan popok kotor.

 

5. Alas atau perlak kecil

Alas atau perlak ini juga tidak boleh ketinggalan lho, Bu. Saat akan menggantikan baju dan popok si Kecil, alas ini berguna agar tidak ada noda yang tertinggal di kursi mobil maupun di tempat nursery room umum.

 

6. Selimut

Saat musim pancaroba, cuaca sangat sulit untuk diprediksi. Sebagi antisipasi, Saya selalu membawa selimut untuk berjaga-jaga jika temperatur udara menurun tiba-tiba. Bayi masih memiliki lapisan kulit yang sangat tipis, sehingga sulit untuk menangkal suhu ekstrem.

 

7. Stroller

Nah, ini dia benda yang pantang saya tinggalkan ketika bepergian dengan si Kecil. Saat sudah lelah menggendongnya, saya tinggal meletakkan ia di dalam stroller. Saya juga biasanya menyertakan mainan di kantung atau kolong stroller untuk menghibur si Kecil ketika bosan.

 

Agar si Kecil tidak rewel, sangatlah penting untuk selalu mempersiapkan hal-hal di atas sehingga perjalanan bersamanya menjadi momen yang berkesan dan menyenangkan. Untuk memudahkan Ibu dalam mempersiapkan perlengkapan, Ibu bisa langsung mengunduh daftar perlengkapan yang sudah saya siapkan dengan klik di sini. Semoga artikel ini bisa membantu dan selamat berlibur akhir pekan ya, Bu!