Whatsapp Share Like Simpan

Ibu pasti paham bahwa bepergian dengan bayi tidak sesederhana saat bepergian sendiri. Banyak perlengkapan bayi yang harus Ibu persiapkan, mulai dari makanan, baju ganti, botol air minum, dan lain sebagainya. 

Meskipun banyak peralatan bayi yang harus Ibu bawa, bukan berarti bepergian dengan si Kecil menjadi hal yang sulit lho, Bu. Jangan sampai karena sulit membawa peralatan bayi, Ibu jadi enggan bepergian keluar bersama si Kecil, ya.

Sebab, bepergian dengan buah hati memberikan manfaat yang cukup baik, di antaranya bisa meningkatkan bonding, mengenalkan si Kecil dengan lingkungan sekitar, jalan-jalan lebih berkesan, dan lain sebagainya. 

Mungkin sebagian Ibu bingung apa saja peralatan bayi yang harus dibawa saat bepergian. Sebab, Ibu mungkin mengira banyak sekali peralatan yang harus dipersiapkan. Namun, ternyata mempersiapkan peralatan bayi untuk bepergian tidak sesulit itu lho, asalkan Ibu mengetahui daftar peralatan bayi yang prioritas. 

Nah, supaya memudahkan Ibu untuk memilih peralatan bayi yang harus dibawa saat bepergian, artikel ini akan menjelaskan beberapa rekomendasinya. Jadi, simak penjelasan lengkapnya berikut ini ya, Bu! 

Artikel Sejenis

Daftar Peralatan Bayi yang Wajib Dibawa Saat Bepergian

Berikut adalah beberapa peralatan bayi yang sebaiknya Ibu bawa saat akan bepergian ke luar rumah, di antaranya:

  1. Baju Ganti

    Peralatan bayi pertama yang wajib Ibu bawa yaitu baju ganti si Kecil. Kondisi pakaian yang tidak nyaman seperti terkena bekas muntahan dan minuman dapat membuat si Kecil menjadi rewel dalam perjalanan, Bu. Oleh karena itu, sangat penting untuk membawa baju ganti sekitar dua atau tiga pasang ke dalam tas berisi peralatan bayi. 

  2. Popok

    Peralatan bayi yang tak kalah penting untuk dibawa yaitu popok. Saat bepergian, apalagi jika waktunya cukup lama, si Kecil pasti akan buang air kecil atau bahkan buang air besar, sehingga Ibu membutuhkan popok pengganti agar membuat ia tetap nyaman. Supaya lebih nyaman, sebaiknya Ibu membawa 2-3 buah popok ke dalam tas berisi perlengkapan bayi untuk durasi bepergian setengah hari atau selama seharian.

  3. Peralatan Makan

    Peralatan makan termasuk perlengkapan bayi yang wajib dibawa jika si Kecil sudah mengonsumsi MPASI. Peralatan bayi ini bisa mencakup sendok dan tempat makan khusus MPASI si Kecil. Saat ia lapar, Ibu dapat menyiapkan makanan yang mudah dipersiapkan seperti pisang, alpukat, atau MPASI yang disiapkan dari rumah. Membawa peralatan makan sendiri dapat mengurangi kemungkinan si Kecil mengalami masalah sanitasi.

  4. Toiletries

    Dalam toiletries ini, peralatan bayi di urutan pertama adalah tisu basah, benda ajaib pengganti air. Saat Ibu sulit mendapatkan air untuk membersihkan bekas makan atau menggantikan popok si Kecil, peralatan bayi yang satu ini tentu akan sangat membantu. 

    Namun, Ibu perlu memperhatikan pemakaian tisu basah pada si Kecil. Pastikan tisu tersebut tidak mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat membuat alergi. Selain itu, Ibu juga bisa membawa peralatan bayi lain, seperti bedak, sabun, minyak telon, dan lain sebagainya agar si Kecil terus merasa nyaman. 

  5. Kantong Plastik

    Ketika si Kecil dibersihkan setelah makan, muntah, atau buang air besar di dalam mobil, dibutuhkan wadah sementara untuk membuang bekas tisu dan popok sekali pakai. Di kondisi itulah Ibu membutuhkan kantong plastik. Selain dapat menyimpan pakaian basah, peralatan bayi yang satu ini bisa mencegah bau tak sedap baju dan popok kotor.

  6. Alas atau perlak kecil

    Alas atau perlak ini juga tidak boleh ketinggalan di dalam tas berisi peralatan bayi lho, Bu. Saat akan menggantikan baju dan popok si Kecil, alas ini berguna agar tidak ada noda yang tertinggal di kursi mobil maupun di tempat nursery room umum.

  7. Selimut

    Saat musim pancaroba, cuaca sangat sulit untuk diprediksi ya, Bu? Sebagai antisipasi, Ibu bisa membawa peralatan bayi berupa selimut untuk berjaga-jaga jika temperatur udara menurun secara tiba-tiba. Bayi masih memiliki lapisan kulit yang sangat tipis, sehingga sulit untuk menangkal suhu ekstrem.

  8. Pompa ASI

    Ibu juga bisa memasukkan pompa ASI ke dalam tas peralatan bayi. Barang ini bisa sangat dibutuhkan untuk membantu aliran ASI tetap lancar saat Ibu kembali ke rumah. Selain itu, memompa ASI juga menjadi langkah tepat untuk memastikan kebutuhan si Kecil terpenuhi dengan baik. 

  9. Stroller

    Peralatan bayi lainnya yang tak kalah penting yaitu stroller. Saat sudah lelah menggendong si Kecil, Ibu bisa meletakkan ia di dalam stroller. Selain itu, Ibu juga bisa menyertakan mainan di kantung atau kolong stroller untuk menghibur si Kecil ketika bosan.

Agar si Kecil tidak rewel, sangatlah penting untuk selalu mempersiapkan peralatan bayi di atas sehingga perjalanan bersamanya menjadi momen yang berkesan dan menyenangkan. Jangan lupa bawakan botol susu untuk si Kecil yang mengonsumsi susu pendamping ASI dan susu Frisian Flag Junio untuk si Kecil yang berusia 1 tahun ke atas. 

Mungkin Ibu akan merasa sedikit repot untuk membawanya, hal ini sangatlah wajar lho, Bu. Namun, Ibu dan Ayah bisa saling bekerja sama untuk mempersiapkan peralatan bayi tersebut. Dalam hal ini, mungkin sesekali Ibu dan Ayah bisa saling bergantian untuk menggendong si Kecil dan membawa tas berisi peralatan bayi.

Selain fokus untuk mempersiapkan peralatan bayi, penting juga untuk memastikan bahwa Ibu, Ayah, dan si Kecil sedang dalam kondisi yang fit sebelum bepergian. Maka dari itu, hindari kegiatan yang membuat lelah dan tidurlah dengan cukup. Hal tersebut sangat penting, terutama bagi Ibu menyusui agar ASI tetap lancar.

Kualitas ASI juga tetap harus diperhatikan oleh Ibu. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu minum susu Frisian Flag PRIMAMUM mengandung 9 asam amino esensial (9AAE) lengkap dan 9 nutrisi penting lainnya untuk kebaikan Ibu dan si Kecil. Susu ini juga diperkaya dengan tinggi asam folat, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), serta tinggi DHA untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan sel otak si Kecil.

Susu Frisian Flag PRIMAMUM juga mengandung tinggi zat besi, tinggi zinc, dan sumber serat pangan inulin untuk mendukung daya tahan tubuh Ibu dan si Kecil. Ditambah kandungan tinggi kalsium dan tinggi vitamin C untuk mendukung pertumbuhan sel tubuh si Kecil.

Tak lupa, pantau terus tumbuh kembang si Kecil dengan Rapor Tumbuh Kembang Prima dari Akademi Keluarga Prima. Fitur ini memudahkan Ibu untuk mengetahui perkembangan berat badan, tinggi badan, indeks massa tubuh, dan lingkar kepala si Kecil sesuai dengan grafik pertumbuhan WHO. Ayo coba fiturnya di sini, Bu.