Whatsapp Share Like
Simpan

Indonesia saat ini sedang menghadapi era new normal. Beberapa pekerja kantoran sudah mulai masuk lagi untuk bekerja, sementara untuk anak sekolah masih belajar secara online di rumah hingga bulan Desember nanti. Namun jika saat kembali belajar di sekolah nanti tiba, anak-anak diharapkan dibekali dengan baik oleh orang tuanya.

Di era new normal, Ibu harus mempersiapkan bekal anak sekolah yang diperlukan untuk menjaga kebersihan dan keamanan buah hatinya dari virus penyakit. Catat ya, Bu, inilah beberapa perlengkapan yang harus dibawa anak saat mulai bersekolah lagi:

Bekal Makanan Sehat

Jajanan anak yang banyak dijual di sekitar sekolah belum terjamin kebersihan dan kesehatannya, Bu. Oleh karena itu anak sebaiknya membawa bekal minuman dan makanan sehat dari rumah untuk menghindari ia jajan sembarangan. Anak juga perlu diedukasi tentang bahayanya jajanan tersebut, sehingga ia akan lebih berhati-hati.

Bekali ia dengan makanan yang mengandung nutrisi lengkap yang ia butuhkan untuk tumbuh kembangnya, yang terdiri dari protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. Kemaslah bekalnya dengan tatanan yang menarik supaya ia bersemangat untuk melahapnya, Bu. Selain makanan pokok, bekali juga anak dengan cemilan yang menyehatkan, seperti biskuit, puding, buah, jus, susu, keju, atau yogurt.

Masker

Masker merupakan salah satu bekal anak sekolah yang pantang untuk dilupakan. Masker berguna untuk melindungi hidung dan mulut anak agar virus tidak mudah masuk ke dalam tubuhnya. Jenis masker yang digunakan bisa berupa masker medis sekali pakai atau masker kain yang bisa dilapisi dengan tissue dan dicuci ulang untuk dipakai lagi.

Artikel Sejenis

Penggunaan masker medis hanya bisa dipakai sekali saja, jadi Ibu sebaiknya membekali anak 2-3 masker untuk ia bawa ke sekolah sebagai antisipasi jika maskernya rusak atau kotor. Untuk masker kain harus langsung dicuci setelah sekali pakai dan gantilah dengan masker lainnya. Sebaiknya pilihlah masker kain dengan bahan yang nyaman agar tidak menyebabkan pengap maupun iritasi pada kulit anak. Selama anak di sekolah, ia harus terus memakai maskernya. Beri pemahaman padanya ya, Bu, bahwa hal tersebut demi kesehatan dan keamanannya, jadi ia harus bersabar.

Hand Sanitizer

Tangan merupakan tempat bersarangnya kuman, bakteri, dan virus penyebab penyakit. Untuk itulah kita diharapkan untuk rajin membersihkan tangan kapanpun, baik setelah menyentuh benda, sebelum makan, dan setelah bepergian. Untuk bekal anak sekolah, ia harus selalu membawa hand sanitizer sebagai pengganti sabun.

Pilihlah hand sanitizer yang mengandung alkohol dan mampu membunuh virus. Jika sudah membawa ini, anak pun jadi tidak perlu repot bolak-balik ke kamar mandi untuk cuci tangan.

 

Baca juga: Tips Siapkan Anak Kembali Masuk Sekolah setelah Liburan

Face Shield

Face shield bisa menjadi alternatif untuk melindungi anak dari virus berbahaya. Sesuai namanya, alat ini merupakan tameng (pelindung) wajah supaya virus tidak langsung masuk ke hidung, mulut, dan matanya. Alat ini dinilai akan lebih memberikan perlindungan ekstra di samping pemakaian masker.

Face shield untuk anak terbuat dari mika dengan lingkar kepala dilapisi dengan busa untuk memberikan kenyamanan pada anak saat memakainya. Pada lingkar kepala juga terdapat gambar-gambar lucu yang disukai anak serta area untuk pemberian nama sehingga tidak akan tertukar dengan milik temannya.

Tissue Basah & Kering

Anak juga sebaiknya selalu dibekali dengan tissue basah maupun tissue kering saat ia ke sekolah, Bu. Tissue kering berguna untuk mengeringkan tangan yang basah, membersihkan peralatannya yang kotor, dan yang penting untuk melapisi tangan saat akan menyentuh apapun.

Meski sudah ada hand sanitizer yang akan membersihkan tangan anak, tapi lebih aman lagi jika tangan dilapisi dengan tissue agar tidak langsung menyentuh wajah secara langsung. Untuk tissue basah pilihlah yang mengandung alkohol, sehingga bisa digunakan sebagai pengganti hand sanitizer untuk membersihkan tangan maupun peralatan sekolahnya yang kotor agar terbebas dari virus.

Pelembab Tangan

Untuk bekal anak sekolah yang terakhir ini sebenarnya optional, Bu. Pelembab tangan diperlukan untuk menjaga kelembaban tangan anak supaya tidak kering, karena harus sering mencuci tangan. Pada anak yang memiliki kulit sensitif, kulit yang terkena alkohol bisa saja mengalami iritasi. Akibatnya, tangan akan memerah, mengelupas, hingga berdarah.

Untuk itu, Ibu sebaiknya membekali anak dengan pelembab tangan yang sesuai dengan kulit anak. Minta ia untuk mengoleskannya di telapak dan punggung tangan setiap selesai cuci tangan supaya terhindar dari iritasi.

Bagaimana, Bu, sudah siap dengan bekal anak sekolah untuk menghadapi new normal nanti? Pastikan jangan sampai ada yang terlewat, ya. Di rumah, anak juga harus selalu ditingkatkan sistem imunnya dengan rutin memberikan makanan bernutrisi. Saat pulang sekolah, anak juga harus langsung ganti baju, mencuci tangan dan kaki, dan peralatannya dibersihkan dengan desinfektan. Semoga dengan cara ini Ibu sekeluarga bisa terlindungi dari virus berbahaya dan selalu sehat.

Fitur Tanya Pakar hadir bagi Ibu yang ingin berkonsultasi seputar anak. Para ahli di sana akan membantu menjawab pertanyaan Ibu. Untuk bisa menggunakan fitur tersebut, jangan lupa untuk registrasi terlebih dulu.