Share Like
Simpan

Halo, Bu! Bagaimana kabar Ibu setelah melahirkan si Kecil? Hadirnya bayi mungil dalam keluarga, tentunya membuat semua perhatian ditumpahkan padanya, ya. Sebagai orang tua, kita tentu ingin cepat-cepat mengajak si Kecil melihat dunia luar. Namun, banyak yang mengatakan bahwa bayi baru lahir tidak boleh dibawa jalan ke luar rumah sampai melewati usia sebulan. Benar atau tidak, ya?

Ternyata, menurut WebMD.com yang saya baca, larangan mengajak bayi yang baru berusia beberapa minggu, untuk pergi jalan-jalan ke luar rumah itu kurang tepat, Bu. Tidak ada aturan medis tertentu yang menentukan pada usia berapa si Kecil boleh mulai dibawa ke luar rumah. Selama ia dalam keadaan sehat dan cuaca di luar tidak terlalu panas atau dingin, menghirup udara segar di luar rumah akan sangat baik untuk kesehatannya dan Ibu. Selain itu, Ibu juga dapat memperkenalkan dunia kepada si Kecil sejak dini, sekaligus refreshing paska melahirkan.

Namun, sebelum mengajaknya ke luar rumah, ada beberapa persiapan yang harus Ibu lakukan. Berikut adalah beberapa hal yang harus Ibu perhatikan:

  • Ajak si Kecil jalan ke luar rumah ketika ia sedang dalam keadaan mood yang baik dan mau diajak jalan-jalan. Sebaliknya, hindari mengajak ia pergi saat sedang mengantuk atau rewel. Pastikan si Kecil sudah makan dan memakai popok bersih ketika Ibu akan membawanya jalan-jalan, ya.
  • Jika Ibu mengajak si Kecil jalan-jalan dalam waktu yang agak lama, siapkan berbagai keperluannya untuk dibawa, seperti makanan, popok bersih, tisu basah, dan handuk.
  • Siapkan pakaian yang tepat untuk si Kecil ketika akan dibawa jalan-jalan. Kenakan sarung tangan dan kaki, serta topi jika cuaca di luar agak dingin. Sementara untuk baju, perhatikan berapa lapisan baju yang Ibu pakai, lalu samakan jumlah lapisan itu untuk baju yang akan dipakai olehnya. Sediakan juga tambahan baju hangat, siapa tahu diperlukan. Jika cuaca agak panas, pakaikan baju yang berbahan adem dan tidak tebal.
  • Bawalah payung atau stroller dengan penutup untuk melindungi si Kecil dari terpaan sinar matahari langsung, mengingat kulit bayi sangatlah Jika cuaca mendung atau bahkan hujan, sebaiknya Ibu dan si Kecil tetap di rumah, ya.
  • Sistem imun bayi baru lahir belum terbentuk secara sempurna. Supaya si Kecil terhindar dari kuman dan penyakit, hindari mengajaknya pergi ke tempat-tempat yang terlalu ramai, seperti toko grosir, mall, konser, dan bandara. Usahakan juga untuk menghindarkan ia dari orang-orang yang sedang sakit.
  • Tidak kalah penting, jaga kebersihan si Kecil dengan menjaga kebersihan kita sendiri. Gunakan hand sanitizer sebelum akan menyentuhnya ketika sedang jalan-jalan bersama. Jika ada orang lain selain Ibu yang ingin menyentuh si Kecil, pastikan tangannya juga dalam keadaan bersih dan higienis ya, Bu.

Nah, sekarang Ibu sudah tahu bukan kapan waktu yang tepat membawa si Kecil keluar untuk jalan-jalan? Setelah mengetahui rambu-rambunya, Ibu kini bisa lebih tenang membawanya keluar rumah. Selamat jalan-jalan bersama si Kecil ya, Bu!