Vitamin Ibu menyusui penting dipenuhi setiap hari agar dapat mendukung kesehatan Ibu dan tumbuh kembang si Kecil. Nutrisi ini perlu dipenuhi karena selama masa menyusui, Ibu membutuhkan gizi harian yang lebih tinggi dibandingkan biasanya. Untuk itu, penting untuk Ibu menyusui selalu mengonsumsi asupan bernutrisi seperti susu Frisian Flag PRIMAMUM untuk dukung akal cermat dan imunitas si Kecil yang dilengkapi dengan DHA dan 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil yang optimal di 1000 Hari Pertama Kehidupannya serta 9 nutrisi penting untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh ibu dengan rasa cokelat yang lezat dan pasti disukai Ibu.

Banner Register
Banner AKP
Banner Register
Banner Pop Up

Sebab, saat menyusui, si Kecil juga mendapatkan asupan nutrisi dari ASI, sehingga Ibu perlu meningkatkan kualitas ASI dengan mengonsumsi berbagai nutrisi, mulai dari protein, karbohidrat, lemak, serta berbagai vitamin dan mineral untuk Ibu menyusui. Lantas, apa saja manfaat dan jenis-jenis vitamin Ibu menyusui? Simak penjelasannya di bawah ini yuk! 

Jenis Vitamin Ibu Menyusui dan Manfaatnya

Berikut ini beberapa jenis vitamin Ibu menyusui yang dapat mendukung asupan gizi harian Ibu dan si Kecil, di antaranya: 

  1. Vitamin A

    Vitamin Ibu menyusui yang pertama yaitu vitamin A. Nutrisi ini berperan untuk membantu meningkatkan daya tahan dan menjaga kesehatan mata. Ibu bisa mendapatkan manfaat vitamin A dari ikan salmon, ikan makarel, minyak hati ikan kod, hati ayam, keju, telur rebus, dan telur ikan. Melansir NCBI, Ibu menyusui membutuhkan 1300 μg/hari vitamin A.

    Perlu Ibu ketahui bahwa vitamin Ibu menyusui ini juga bisa didapatkan dari beberapa jenis tanaman yang mengandung beta karoten. Beta karoten merupakan zat pada tanaman yang dengan cepat diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Tanaman yang mengandung beta karoten di antaranya ubi jalar, labu, sawi, wortel, dan bayam.

    Artikel Sejenis

  2. Vitamin B Kompleks 

    Vitamin Ibu menyusui selanjutnya adalah vitamin B kompleks. Perlu Ibu ketahui bahwa vitamin B kompleks terbagi ke dalam beberapa jenis, mulai dari vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin B9, dan vitamin B12. Masing-masing vitamin tersebut memiliki peran dan manfaat yang penting untuk Ibu menyusui.

    Vitamin B1 dan B2 termasuk vitamin untuk ibu menyusui agar bayi gemuk dan sehat yang bermanfaat untuk menambah energi Ibu dan membantu meningkatkan perkembangan saraf dan otak si Kecil. Ibu bisa mendapatkan manfaat vitamin B1 sebagai vitamin Ibu menyusui dari ayam, ikan, telur, kacang polong, susu, yoghurt, keju, sayuran hijau, dan sereal. Sementara, vitamin B2 bisa Ibu temukan dalam susu, roti, daging,telur, kacang-kacangan, dan sayuran hijau. 

    Vitamin Ibu menyusui selanjutnya yang masuk ke dalam kategori vitamin B kompleks adalah vitamin B3 dan vitamin B6. Kedua vitamin ini berperan untuk menjaga kesehatan mata dan kulit. Beberapa sumber vitamin B3 sebagai vitamin Ibu menyusui diantaranya hati sapi, hati ayam, dada ayam, ikan tuna, ikan salmon, kacang tanah, alpukat, dan jamur. Sedangkan, sumber vitamin B6 di antaranya ikan, hati sapi, daging ayam, kacang-kacangan, sayuran hijau, kentang, alpukat, dan pisang. 

    Vitamin B kompleks lainnya yang tak kalah penting adalah vitamin B9 dan vitamin B12. Kedua nutrisi ini merupakan vitamin untuk ibu menyusui agar bayi gemuk dan sehat serta dapat meningkatkan kualitas ASI dan produksi sel darah merah. Beberapa sumber vitamin B9 di antaranya hati sapi, bayam, sereal, brokoli, kubis, lobak, selada, pepaya, pisang, alpukat, jeruk, lemon, kacang tanah, telur, dan ikan. Sementara, sumber vitamin B12 meliputi makanan laut (seafood), susu, daging sapi, daging ayam, telur, dan yoghurt. 

  3. Vitamin C

    Manfaat vitamin C untuk Ibu menyusui memang tak perlu diragukan lagi ya, Bu? Nutrisi yang satu ini memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Vitamin C juga termasuk vitamin Ibu menyusui yang berperan sebagai antioksidan, mampu meningkatkan produksi dan kualitas ASI, memperkuat sistem imun, menjaga kesehatan kulit, dan menjaga kesehatan tulang. Ibu bisa mendapatkan manfaat vitamin C untuk Ibu menyusui dari jeruk, lemon, jambu biji, stroberi, kiwi, pepaya, mangga, brokoli, dan bayam. Melansir NCBI, Ibu menyusui membutuhkan 120 mg/hari vitamin C.

  4. Vitamin D

    Vitamin D juga termasuk vitamin Ibu menyusui yang sayang untuk Ibu lewatkan. Sebab, vitamin D untuk Ibu menyusui berperan untuk meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh, guna mendukung pertumbuhan tulang dan gigi si Kecil. Beberapa sumber alami vitamin D untuk Ibu menyusui meliputi ikan salmon, ikan sarden, ikan tuna, udang, jamur, susu, disertai dengan paparan sinar matahari pagi. 

  5. Vitamin E

    Vitamin Ibu menyusui yang tak kalah penting adalah vitamin E. Nutrisi ini berperan dalam membantu melindungi sel dan jaringan tubuh dari kerusakan, membantu memperkuat sistem imun tubuh, serta menjaga kesehatan kulit dan mata. Manfaat vitamin E bisa Ibu dapatkan dari bayam, brokoli, kacang almond, kacang kedelai, mangga, kiwi, alpukat, dan biji-bijian. 

  6. Vitamin K

    Vitamin Ibu menyusui selanjutnya adalah vitamin K yang dapat membantu meningkatkan kesehatan dan kepadatan tulang. Selain itu, vitamin Ibu menyusui ini pun dapat membantu mempercepat proses pemulihan setelah melahirkan karena berfungsi untuk menggumpalkan darah. Sumber vitamin K meliputi ikan, hati ayam, hati sapi, telur, bayam, brokoli, kale, selada, dan kol. 

    Baca juga: 4 Fungsi Protein Untuk Bayi Bagi Tumbuh Kembangnya

    Untuk meningkatkan kualitas ASI, konsumsi vitamin Ibu menyusui saja tidak cukup memenuhi asupan nutrisi harian Ibu. Oleh karena itu, Ibu membutuhkan asupan nutrisi penting lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan Ibu dan tumbuh kembang si Kecil. Berikut ini beberapa jenis nutrisi penting untuk Ibu menyusui:

  7. Protein

    Selain vitamin Ibu menyusui, protein termasuk nutrisi yang sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh. Sebab, protein memiliki fungsi khas yang tidak bisa digantikan oleh zat gizi lain, yaitu untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan, memelihara sel-sel dan jaringan tubuh, mengangkut zat gizi lain, dan sebagai sumber energi. Maka dari itu, bayi sangat membutuhkan asupan protein agar tumbuh kembangnya lebih optimal. Asupan protein bagi bayi yang berusia 0-6 bulan bisa dimaksimalkan dengan cara pemberian ASI eksklusif, sehingga penting bagi Ibu untuk mengonsumsi protein selama menyusui. Beberapa sumber protein berkualitas meliputi susu, telur, ikan, daging merah, daging putih, dan kacang-kacangan, serta hasil olahannya. 

  8. Asam lemak omega 3

    Asam lemak omega 3 termasuk nutrisi yang penting selain vitamin Ibu menyusui. Nutrisi ini penting bagi pertumbuhan dan perkembangan otak bayi. Kandungan asam lemak omega 3 pada ASI dapat berkurang jika Ibu menyusui tidak mencukupi kebutuhan nutrisi ini setiap hari. 

    Beberapa sumber asam lemak omega 3 diantaranya berbagai jenis minyak, seperti minyak ikan, minyak nabati, minyak kanola dan minyak biji rami. Selain itu, omega 3 juga dapat ditemukan pada beragam jenis ikan seperti ikan sarden, ikan salmon, ikan patin dan ikan tuna. 

  9. Kalsium

    Nutrisi selanjutnya yang penting bagi Ibu menyusui adalah kalsium. Kalsium penting untuk menjaga kesehatan tulang dan otot. Selain itu, kalsium juga berfungsi untuk mencegah terjadinya pembekuan darah, mengendalikan tekanan darah, serta mengoptimalkan kinerja sistem saraf. Manfaat kalsium juga penting bagi si Kecil dalam masa pertumbuhan. Sumber kalsium meliputi susu, keju, yoghurt, ikan, kacang kedelai, brokoli, dan tahu.

  10.  Zat Besi

    Nutrisi selanjutnya yang perlu Ibu penuhi selama menyusui adalah zat besi. Mineral ini bisa membuat Ibu terhindar dari risiko anemia. Beberapa sumber zat besi yang bisa Ibu konsumsi diantaranya daging merah, makanan laut (seafood), sayuran hijau, dan kacang-kacangan. 

Nutrisi dan vitamin Ibu menyusui wajib dipenuhi setiap hari. Dari beberapa jenis nutrisi dan vitamin yang telah disebutkan di atas, Ibu bisa mendapatkannya dari asupan makanan bernutrisi yang harus konsisten dikonsumsi setiap harinya.

Selain dari makanan, Ibu juga perlu mengonsumsi susu ibu menyusui yang mengandung tinggi DHA untuk mendukung perkembangan otak si Kecil, 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil yang optimal di 1000 Hari Pertama Kehidupannya serta 9 nutrisi penting lainnya seperti; tinggi asam folat, omega 3 (ALA), Omega 6 (LA), tinggi zat besi, serat pangan inulin, tinggi vitamin C, protein, tinggi kalsium dan tinggi seng untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh Ibu selama periode menyusui dan mendukung produksi ASI.

Frisian Flag PRIMAMUM adalah susu ibu menyusui untuk dukung akal cermat dan imunitas si Kecil dengan DHA dan Asam Amino Esensial (AAE), serta 9 nutrisi penting untuk kebaikan Ibu dan si Kecil selama periode menyusui. Dua gelas Frisian Flag PRIMAMUM mengandung energi sebanyak 360 kalori, DHA 68 mg, protein 18 gram dan 9 nutrisi penting lainnya dalam jumlah yang disesuaikan dengan tambahan nutrisi yang dibutuhkan ibu selama menyusui si Kecil. Frisian Flag PRIMAMUM tersedia dalam rasa cokelat yang lezat, tidak membuat enek atau mual serta enak disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin.

Namun jika Ibu atau si Kecil mengalami kondisi yang tidak memungkinkan pemberian ASI, Ibu bisa memberikan susu pendamping ASI sesuai dengan anjuran tenaga kesehatan ya Bu. Pastikan Ibu memilih susu yang mengandung 9 protein asam amino esensial lengkap dan tinggi DHA, karena protein adalah komponen yang penting untuk mendukung tumbuh dan kembang bayi ya, Bu! 

Untuk mencukupi kebutuhan gizi harian si Kecil secara tepat, ada baiknya Ibu menggunakan fitur Kalkulator Gizi dari Akademi Keluarga Prima. Pemberian gizi yang tepat dan adekuat sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang si Kecil. Jadi, langsung cobain fiturnya sekarang juga ya, Bu.

Jangan lupa registrasikan data Ibu untuk informasi dan fitur lengkap seputar kehamilan dan tumbuh kembang si Kecil dari Ibu dan Balita. Selain itu, dengan registrasi Ibu juga dapat memperoleh poin yang akan bisa ditukarkan dengan hadiah dan promo yang menarik. Daftar sekarang di sini ya!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.