Whatsapp Share Like
Simpan

Melihat tahap perkembangan bayi adalah saat-saat yang berharga bagi setiap orangtua ya, Bu. Setiap bulan bayi akan mengalami perkembangan yang menakjubkan, salah satunya adalah tengkurap. Banyak Ibu yang bertanya-tanya, umur berapa bayi bisa tengkurap sendiri? Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, simak dulu deh informasi yang sudah saya kumpulkan berikut ini:

Proses Bayi Belajar Tengkurap

Sebelum bisa tengkurap sendiri, bayi melewati beberapa proses selama 5 bulan. Inilah proses-proses tersebut, Bu:

  • Usia 1 bulan: Mulai memiringkan badan. 
    Pada beberapa hari di awal kelahirannya, bayi hanya bisa berbaring di satu sisi saja. Gerakannya pun belum banyak. Bahkan ia akan lebih sering tidur daripada bangun.
    Namun saat memasuki usia 1 bulan, bayi biasanya sudah mulai bisa memiringkan badannya. Ia akan bisa miring ke kanan ataupun ke kiri tanpa dibantu dan kembali telentang kembali. Terkadang bayi dapat tertidur dalam posisi miring, sebagai tahap awal ia sedang belajar tengkurap.
  • Usia 1,5 - 2 bulan: Bisa berguling. 
    Di rentang usia ini, bayi mulai bisa berguling, Bu. Dimulai dari memiringkan badan, ia akan berguling dan berlanjut ke posisi tengkurap. Berbagai gerakan akan ia lakukan, mulai dari berusaha merayap, mengangkat badan, perut, dan pantatnya agar tubuhnya bisa berguling sempurna. Di usia ini posisi tengkurapnya belum dapat bertahan lama dan masih membutuhkan bantuan untuk dapat kembali terlentang.
  • Usia 3 - 4 bulan: Bisa tengkurap dan kembali terlentang sendiri. 
    Jangan sampai melewatkan momen bayi bisa tengkurap dan kembali terlentang sendiri, Bu. Memasuki usia ini, otot leher bayi sudah cukup kuat untuk menopang kepalanya. Selain itu, ia juga sudah bisa memandang lurus ke depan serta bisa menggerakkan lengan dan kakinya sambil menggerakkan kepala selama tengkurap.
  • Usia 5 - 6 bulan: Sudah lancar tengkurap sendiri. 
    Hore akhirnya bayi Ibu sudah lancar untuk tengkurap sendiri! Di usia 5 bulan inilah bayi umumnya mulai benar-benar bisa tengkurap tanpa bantuan, Bu. Bahkan ia akan sering membalikkan badannya dari terlentang ke tengkurap dan terlentang lagi. Ia juga mulai menjadikan perutnya sebagai tumpuan serta menggerak-gerakkan tangan dan kakinya selama tengkurap.

Tips Melatih Bayi Tengkurap

Jadi, jawaban atas pertanyaan umur berapa bayi bisa tengkurap sendiri adalah di umur 5 bulan ya, Bu. Meski merupakan perkembangan yang secara alami dialami setiap bayi, tapi ia tetap membutuhkan latihan yang dibantu oleh Ibu. Hal ini untuk menghindari adanya keterlambatan perkembangan, Bu. Coba lakukan beberapa tips melatih bayi tengkurap ini yuk, Bu:

  • Sering tummy time. Tummy time atau posisi tengkurap sebaiknya rutin dilakukan di awal kelahiran bayi yang bermanfaat sebagai rangsangan agar bayi dapat belajar tengkurap. Tidak perlu lama-lama, Bu, 5 menit saja sudah cukup di setiap sesi.
    Lakukan tummy time secara berulang dan dengan pengawasan ya, Bu. Pastikan juga tempat untuk meletakkan bayi sudah bersih dan nyaman. Jika ia mulai merengek, tandanya ia sudah mulai merasa tidak nyaman, Bu. Segera angkat ia dan jangan lakukan tummy time lagi. Tunggu hingga ia merasa rileks, baru Ibu boleh mengulangnya kembali.
  • Pancing dengan mainan. Saat sedang tidak dalam kondisi good mood, bayi akan lebih cepat bosan untuk tengkurap. Cobalah siasati hal ini dengan meletakkan mainan di hadapannya, terutama mainan yang berbunyi dan berwarna cerah. Bayi pun akan merasa tertarik dan berusaha untuk meraihnya. Cara ini juga dapat merangsang kemampuan bayi untuk mengangkat badannya.
  • Membuat ekspresi wajah atau suara lucu. Jika bayi sudah bosan dengan mainan yang ada di hadapannya, gantilah cara lainnya yaitu dengan membuat ekspresi wajah atau suara lucu. Cara ini dapat menarik perhatian bayi dan membuatnya betah untuk tengkurap lebih lama.
  • Menyusu sambil tengkurap. Jika biasanya bayi menyusu di dekapan Ibu, cobalah untuk meletakkan ia di atas perut Ibu agar ia menyusu dengan posisi tengkurap. Bayi akan merasa nyaman pada posisi ini. Ia juga dapat melatih keseimbangan dirinya sekaligus menambah ikatan antara Ibu dan bayi, karena di posisi ini Ibu dapat melakukan kontak mata dengan buah hati.
  • Sabar dan gigih melatih bayi. Memang tidak mudah untuk melatih bayi tengkurap, tapi Ibu tidak boleh mudah menyerah. Terus bersabar dan gigih, maka pasti akan ada hasilnya, Bu.

Umur berapa bayi bisa tengkurap sendiri umumnya adalah 5 bulan ya, Bu. Namun tetap ingat bahwa setiap bayi tidaklah sama perkembangannya. Ada yang lebih cepat, tapi ada juga yang lebih lambat. Jadi, amati terus perkembangan buah hati Ibu. Jika Ibu merasa khawatir, tak ada salahnya untuk berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan jawabannya.

Ibu juga boleh berkonsultasi kepada ahlinya di laman Tanya Pakar. Untuk bisa menggunakan fitur tersebut, pastikan Ibu sudah registrasi terlebih dahulu, ya.

Artikel Sejenis

 

Sumber:

www.popmama.com, id.theasianparent.com