Whatsapp Share Like
Simpan

Sejauh apa perkembangan bayi 4 bulan? Mungkin ini termasuk pertanyaan yang sering terlintas di pikiran Ibu, ya. Umumnya, pada usia ini, si Kecil sudah bisa tengkurap sendiri. Pada awalnya, terkadang saya khawatir ketika si Kecil mulai tengkurap. Saya takut si Kecil kesulitan bernapas atau tulangnya rawan patah. Namun, kekhawatiran saya menghilang setelah membaca sejumlah artikel medis. Menurut dokter anak dari Children’s Hospital Boston, Joanne Cox, tengkurap justru bisa membantu perkembangan tubuh dan kemampuan fisik si Kecil ke tahap berikutnya. Sejumlah manfaat lain juga bisa didapat si Kecil saat tengkurap, Bu. Berikut ini paparannya.

1. Kuatkan Otot si Kecil 

Ketika baru lahir, bayi hanya bisa berbaring. Otot dan tulangnya belum terlalu kuat menopang berat tubuhnya untuk melakukan gerakan lain. Untuk itu, Ibu harus melatih kekuatannya dengan cara tengkurap. Ternyata, tengkurap bisa memperkuat otot bagian leher, punggung, dan batang tubuh atau torso. Tengkurap juga membantu pertumbuhan tulang si Kecil sehingga bisa membuatnya lebih tinggi di kemudian hari. Otot-otot yang kuat ini nantinya akan membantu si Kecil untuk duduk hingga berlari.

2. Bentuk Kepala Lebih Ideal

Membiarkan si Kecil dalam posisi terlentang terus menerus ternyata berisiko menimbulkan masalah, Bu. Kebiasaan ini membuat tulang tengkorak kepala bayi tidak tumbuh secara optimal, sehingga mengalami sindrom flat head atau bagian belakang kepala yang datar. Di beberapa wilayah di Indonesia, hal ini dikenal dengan nama kepala peyang. Nah, tengkurap adalah salah satu cara supaya si Kecil tidak terkena sindrom tersebut. Namun ingat, Ibu harus mengawasi si Kecil saat belajar tengkurap, karena mungkin saja ia kesulitan mengangkat kepala di awal percobaannya.

3. Melatih Motorik & Sensorik si Kecil

Saat bayi berada di posisi tengkurap, bagian lengannya akan lebih bebas menggapai benda yang diinginkan. Bayi akan menyentuh lantai, menggenggam mainan, sampai memukul-mukulkan tangannya. Kegiatan ini bisa mengasah kemampuan motorik dan sensoriknya. Selain itu, si Kecil akan merasa senang karena menemukan hal baru.

4. Mengoptimalkan Perkembangan Indra Penglihatan

Melatih bayi tengkurap juga bisa memengaruhi indra penglihatan si Kecil, Bu. Pada usia 4 bulan, si Kecil mulai melihat dengan jelas benda-benda di sekelilingnya. Coba Ibu dekatan mainan kesukaannya ketika si Kecil tengkurap. Lalu, biarkan mata si Kecil belajar fokus dan mencari dengan melihatnya. Dengan melakukan aktivitas ini, mata si Kecil akan mulai terlatih melihat objek baru dengan berbagai warna.

Sekarang, Ibu sudah tahu pentingnya tengkurap untuk perkembangan bayi 4 bulan, bukan? Jadi, tak perlu khawatir untuk mencobanya, Bu. Pastikan si Kecil tumbuh kuat dan tinggi dengan latihan tengkurap. Selamat mencoba!