Whatsapp Share Like Simpan

Cara masak sayur bayam termasuk gampang-gampang susah ya, Bu? Ini karena bayam mengandung zat besi tinggi yang bisa berubah menjadi senyawa racun jika terlalu banyak bereaksi dengan udara. 

Oleh karena itu, Ibu perlu memperhatikan hal-hal penting tentang kandungan sayuran ini sebelum mengetahui cara masak sayur bayam yang aman untuk dikonsumsi anak-anak.

Bayam merupakan salah satu sayuran yang memiliki kandungan nutrisi cukup tinggi. Selain kaya akan vitamin dan mineral, sayuran hijau ini mengandung protein, karbohidrat kompleks, serat, dan senyawa tumbuhan lain yang penting untuk tumbuh kembang anak. 

Meskipun bayam termasuk superfood, tetapi sayuran hijau ini termasuk makanan nabati. Artinya, bayam tidak memiliki asam amino esensial yang lengkap seperti dalam makanan yang mengandung protein hewani. Ini karena protein nabati seperti bayam dan jenis sayur lain memiliki asam amino pembatas yang menghambat penyerapan asam amino esensial lain di dalam tubuh.

Lantas, apa efeknya terhadap tumbuh kembang anak? Jika si Kecil terlalu banyak mengonsumsi protein nabati seperti bayam tanpa diimbangi dengan protein hewani, maka tumbuh kembangnya akan terhambat. 

Artikel Sejenis

Sebab, protein hewani seperti susu, telur, ikan, daging merah, dan daging putih mengandung asam amino esensial yang lengkap, yaitu 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang mencakup leusin, isoleusin, valin, triptofan, fenilalanin, metionin, treonin, lisin, dan histidin.

9 Asam Amino Esensial (9AAE) ini harus dipenuhi secara lengkap agar tumbuh kembang si Kecil lebih optimal. Sebab, tubuh tidak bisa memproduksi sendiri 9 Asam Amino Esensial (9AAE) sehingga harus didapatkan dari sumber protein hewani yang berkualitas. 

Jika asupan 9 Asam Amino Esensial (9AAE) tidak lengkap, maka akan mengurangi fungsi optimal yang dibutuhkan oleh tubuh anak. Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian dari J.Nutr dalam National Center for Biotechnology Information yang menjelaskan bahwa kekurangan 1 jenis 9 Asam Amino Esensial (9AAE) akan menurunkan kinerja hormon pertumbuhan, termasuk potensi tinggi badan, tingkat kecerdasan, dan daya tahan tubuh sebanyak -34%. 

Bahkan, kekurangan semua jenis 9 Asam Amino Esensial (9AAE) akan menurunkan hormon pertumbuhan tersebut sebanyak -50%. Ibu pasti tidak ingin kondisi ini dialami si Kecil, bukan?

Meskipun demikian, bukan berarti Ibu tidak memberikan bayam dan sayuran hijau lainnya untuk si Kecil lho. Ibu tetap perlu memenuhi asupan serat, karbohidrat, serta beragam vitamin dan mineral dari bayam dan sayuran jenis lain. Oleh karena itu, Ibu juga perlu mengetahui cara masak sayur bayam secara tepat. 

Cara masak sayur bayam harus dilakukan dengan baik agar kandungan nutrisi di dalamnya tidak rusak. Bahkan, cara masak sayur bayam yang tidak tepat justru bisa mengubah nutrisi di dalamnya menjadi racun berbahaya yang akan mempengaruhi kesehatan si Kecil. Untuk itu, sebelum mengetahui aneka resep yang lezat, kita cari tahu dulu cara masak sayur bayam yang benar, yuk! 

Tips dan Cara Masak Sayur Bayam yang Aman

Supaya cara masak sayur bayam aman dikonsumsi si Kecil, ada beberapa tips yang bisa Ibu lakukan saat memilih dan mengolah sayuran ini, antara lain:

  1. Pilih Bayam yang Tepat

    Langkah pertama dalam cara masak sayur bayam yang benar yaitu memerhatikan kondisi sayuran hijau ini. Ibu wajib memilih bayam yang masih segar sebelum akhirnya mengolah sayuran ini. Bayam yang segar ditandai dengan daun yang berwarna hijau cerah, serta tanpa ada bekas berwarna hitam di beberapa bagian daun. Jika banyak daun yang sudah berubah menghitam, itu tandanya bayam sudah hampir busuk dan disarankan untuk tidak mengonsumsinya ya, Bu. 

  2. Masak Bayam Sesegera Mungkin

    Apakah Ibu sering menyimpan bayam terlalu lama sebelum akhirnya dimasak? Hati-hati, kebiasaan ini bisa berbahaya lho, Bu. Cara masak sayur bayam yang benar adalah dengan mengolahnya sesegera mungkin setelah Ibu beli. Ini bertujuan agar kesegaran bayam tetap terjaga dan tidak mengurangi nutrisi di dalamnya. 

    Namun, jika terpaksa harus menyimpan bayam, Ibu tidak boleh mencuci sayuran ini sebelum disimpan, ya. Air yang tersisa hanya akan membuat bayam cepat membusuk. Cara penyimpanan yang benar yaitu dengan memotong akar bayam, lalu memasukkannya ke dalam plastik kedap udara. 

    Selain itu, jangan menyimpan bayam di lemari pendingin terlalu lama untuk menjaga kandungan nitrat di dalamnya. Ini karena nitrat bisa berubah menjadi zat racun bagi tubuh.

  3. Hindari Cara Masak Sayur Bayam Terlalu Lama

    Tahukah Ibu? Cara masak sayur bayam ternyata tidak perlu terlalu lama lho. Bayam akan matang saat dimasak selama kurang lebih satu menit saja. Cara masak sayur bayam yang terlalu lama justru bisa berpotensi mengurangi kandungan nutrisi di dalamnya. 

    Cara masak sayur bayam yang tepat lebih baik dibuat dalam porsi kecil agar bisa habis dalam sekali makan. Pasalnya, bayam perlu dihabiskan dalam kurun waktu maksimal lima jam setelah dimasak agar zat besi yang ada di dalamnya tidak berubah menjadi racun. Nah, setelah mengetahui tips dan cara masak sayur bayam yang aman, sekarang saatnya Ibu intip ide resep memasak sayur bayam untuk si Kecil yuk!

4 Cara Masak Sayur Bayam dengan Berbagai Olahan

Seperti yang telah disebutkan, bayam termasuk sayuran hijau yang mudah diolah menjadi berbagai jenis makanan, seperti resep sayur bening bayam, tumis bayam, keripik bayam, hingga smoothies bayam. 

Mungkin biasanya Ibu melakukan cara masak sayur bayam dengan sajian resep sayur bening bayam. Padahal, ada cara lain untuk mengolah bayam menjadi makanan lezat lho. Simak cara masak sayur bayam di bawah ini, yuk! 

  • Cara Masak Sayur Bayam Bening 

    Bahan-bahan:

    • 1 ikat bayam
    • 2 tahu, potong dibagi empat
    • 2 siung bawang putih
    • ½ sdt merica
    • ¼ buah pala
    • Garam, gula, merica secukupnya

    Cara Masak Sayur Bayam Bening:

    1. Cuci dan pisahkan daun bayam dari batangnya yang kotor
    2. Siapkan tahu yang sudah dipotong menjadi empat bagian (bisa sesuai selera Ibu)
    3. Haluskan bawang putih, merica dan biji pala, tumis hingga harum, lalu tambahkan air
    4. Masukkan tahu dan daun bayam
    5. Tambahkan gula, garam, dan merica secukupnya
    6. Sayur bayam bening siap dihidangkan. Tambahkan irisan bawang goreng untuk menambah cita rasa

    Baca juga: 4 Resep Makanan Asam Amino Esensial Untuk Kesehatan Si Kecil

  • Cara Masak Sayur Bayam Kerang

    Bahan-bahan:

    • 300 gram kerang (Jenis kerang bisa disesuaikan dengan selera Ibu dan si Kecil)
    • 1 ikat bayam
    • 1 buah wortel
    • 1 buah jagung
    • 2 buah labu siam ukuran kecil

    Bumbu halus:

    • 3 siung bawang putih
    • 2 siung bawang merah
    • 3 cm temu kunci yang sudah dicuci bersih, lalu memarkan 
    • Gula dan garam secukupnya (bisa tambahkan kaldu jamur sesuai selera)

    Cara Masak Sayur Bayam Kerang:

    1. Cara masak sayur bayam kerang sebenarnya mudah lho, Bu. Pertama-tama cuci bersih semua sayur, petik bayam ambil daunnya saja, potong jagung, labu siam, dan wortel
    2. Cuci bersih kerang pakai sikat gigi
    3. Haluskan bumbu, lalu tumis hingga harum, sisihkan 
    4. Masak air kurang lebih 500 ml sampai mendidih, lalu masukkan kerang dan jagung, tunggu sampai mendidih 
    5. Masukkan wortel dan labu siam, lalu tunggu sampai matang
    6. Masukkan bumbu yang sudah ditumis tadi, tunggu sampai mendidih
    7. Tambahkan bayam, tunggu hingga sayur matang, lalu tambahkan gula dan garam secukupnya
    8. Sayur bayam kerang siap dihidangkan dengan tambahan irisan bawang goreng untuk menambah aroma dan cita rasa
  • Cara Masak Sayur Bayam Tumis Jamur

    Bahan-bahan:

    • 1 ikat bayam
    • 2 siung bawang putih, iris tipis
    • 2 siung bawang merah, iris tipis
    • 2 buah jamur champignon, potong sesuai selera
    • Kaldu jamur, garam, gula secukupnya
    • Saus tiram

    Cara Masak Sayur Bayam Tumis Jamur:

    1. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum
    2. Masukkan jamur, aduk hingga matang
    3. Masukkan bayam, tumis sampai layu, setelah layu tambahkan saus tiram
    4. Tambahkan kaldu jamur secukupnya
    5. Sayur bayam tumis jamur siap dinikmati. Bagaimana, Bu? Cara masak sayur bayam tumis jamur ini cukup praktis, bukan? Yuk, langsung praktik di rumah
  • Cara Masak Sayur Bayam Kencur

    Bahan-bahan:

    • 1 ikat bayam, cuci bersih lalu pisahkan antara daun dan batang 
    • 5 buah bakso
    • 5 siung bawang merah, iris tipis
    • 2 siung bawang putih, iris tipis
    • 3 cm kencur, geprek atau memarkan
    • Daun salam secukupnya
    • Air secukupnya
    • Gula dan garam secukupnya 

    Cara Masak Sayur Bayam Kencur:

    1. Cara masak sayur bayam ini cukup mudah. Pertama-tama tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum
    2. Didihkan air di dalam panci, lalu masukkan bayam
    3. Tambahkan bawang yang sudah ditumis, bakso, dan kencur
    4. Setelah bayam agak layu masukkan cabai, garam, gula, atau kaldu jamur sesuai selera 
    5. Masukkan daun salam untuk menambah aroma 
    6. Masak sebentar. Jangan terlalu lama dimasak, agar kandungan gizi di dalam bayam tidak hilang
    7. Sayur bayam kencur pun siap dinikmati selagi hangat

Cara masak sayur bayam memang cukup mudah. Tak heran jika sebagian besar Ibu mengolah jenis sayuran ini sebagai menu harian si Kecil. Namun, pastikan Ibu memberikan sayur bayam sesuai dengan batas normal ya. Ibu perlu menyeimbangkan asupan makanan bernutrisi seimbang agar gizi harian si Kecil terpenuhi secara optimal.

Nah, salah satu makanan yang kaya akan nutrisi adalah susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ karena mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE) secara lengkap yang dapat mendukung potensi tumbuh kembang optimal anak prima. Kandungan nutrisi dalam susu pertumbuhan ini sudah ditingkatkan dari sebelumnya demi mendukung potensi tumbuh kembang si Kecil lebih prima. 

Susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ juga mengandung nutrisi penting lain untuk mengoptimalkan kreativitas si Kecil, di antaranya DHA 4x lebih tinggi, asam lemak omega 3, asam lemak omega 6, minyak ikan, kolin, sphingomyelin, asam sialat, dan tirosin tertinggi.

Susu pertumbuhan ini pun diperkaya 5 nutrisi penting lainnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh, seperti zat besi, vitamin D3, zinc, magnesium, dan vitamin C tertinggi yang dikombinasikan dengan 9 Asam Amino Esensial (9AAE), serta mengandung serat pangan inulin yang dapat mendukung kesehatan saluran pencernaan si Kecil. 

Susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ hadir dengan 3 varian rasa, yaitu vanilla, madu, dan cokelat yang pastinya disukai anak-anak. Ibu dapat memberikan si Kecil susu ini sebanyak 2-3 kali sehari agar dapat mendukung potensinya lebih kreatif, tangguh, dan percaya diri.