Sedang mencari rekomendasi sarapan untuk anak? Nah, artikel ini bisa jadi solusi buat Ibu saat kehabisan ide untuk mengolah menu sarapan untuk si Kecil. Selain rasanya yang lezat, rekomendasi sarapan ini pun mengandung beragam nutrisi yang dapat mendukung tumbuh kembang si Kecil lebih prima.

Banner AKP
Banner Register

Seperti yang diketahui, sebaiknya Ibu sudah membiasakan memperkenalkan rekomendasi sarapan dengan menu menarik pada si Kecil agar ia bisa lebih berenergi dalam memulai hari. 

Selain itu, rutin memberi rekomendasi sarapan dengan nutrisi seimbang juga dapat mengurangi risiko obesitas, meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan konsentrasi, membantu meningkatkan kecerdasan dan tumbuh kembangnya menjadi lebih prima. Namun, pastikan Ibu memilih rekomendasi sarapan yang tepat dan padat nutrisi. 

Bu, Ini Manfaat Sarapan untuk Tumbuh Kembang Anak

Agar Ibu semakin paham tentang pentingnya sarapan untuk si Kecil, berikut adalah manfaat sarapan tumbuh kembang anak dan penjelasan lengkapnya.

  • Menjaga Fungsi Otak 

    Memberikan rekomendasi sarapan dengan nutrisi yang seimbang dan lengkap tidak hanya memberi manfaat bagi tubuhnya. Ternyata, fungsi otak anak juga bisa Ibu jaga dengan cara membiasakan si Kecil mengonsumsi sarapan. 

    Artikel Sejenis

    Dengan kata lain, anak bisa tumbuh pintar melalui dengan rutin makan di pagi hari. Tentu penting untuk memberikan menu rekomendasi sarapan yang tepat ya Bu. 

    Fakta sarapan yang dapat menjaga fungsi otak tersebut tertera dalam sebuah jurnal ilmiah yang dirilis oleh Journal Health. Dalam penelitian pada tahun 2017 di Kanada, anak sekolah yang rutin mengonsumsi sarapan mampu memiliki kemampuan akademik yang cemerlang dibandingkan dengan yang tidak. 

    Tentu Ibu ingin si Kecil dapat tumbuh menjadi anak yang pintar. Oleh karena itu, biasakan anak untuk mengonsumsi sarapan ya, Bu. Ibu bisa mengolah kreativitas dalam mempersiapkan daftar menu sarapan pagi selama 1 minggu agar si Kecil tidak bosan.

    Selain itu, jangan lupa berikan si Kecil susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ karena asupan DHA 4x lebih tinggi di dalamnya bisa jadi pilihan Ibu untuk memaksimalkan perkembangan otak si Kecil. Tidak hanya membantu perkembangan otaknya, DHA juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil. 

  • Menjadi Sumber Energi

    Sebagai salah satu aktivitas di pagi hari, salah satu manfaat yang bisa anak dapat dari mengonsumsi sarapan adalah ketersediaan energi lebih awal. Ketersediaan energi ini jadi hal esensial agar memastikan aktivitas si Kecil tidak terganggu.

    Sebagaimana yang Ibu ketahui, anak yang prima punya rasa ingin tahu yang tinggi dan membutuhkan aktivitas untuk menunjang tumbuh kembangnya. 

    Oleh karena itu, mengapa sarapan jadi penting untuk Ibu berikan kepada si Kecil. Jika anak sudah mulai sekolah, sarapan juga membantu anak untuk lebih siap dan bersemangat dalam belajar dan bermain bersama teman. 

    Pastikan Ibu mencari rekomendasi sarapan dengan pilihan menu sarapan anak sekolah dengan gizi dan nutrisi seimbang. Sebagai pilihannya, Ibu bisa sertakan segelas susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ yang mengandung 170 kkal untuk menyiapkan energi si Kecil.

  • Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Terjaga 

    Selaras dengan manfaat sebelumnya, pertumbuhan dan perkembangan anak prima bisa terjaga kualitasnya dengan mengenalkan sarapan sejak dini. Ibu tentu memahami bahwa sulit untuk membuat anak usia 1 tahun menjaga rutinitasnya. Oleh karena itu, Ibu perlu kreatif dalam mencari ide sarapan anak 1 tahun sebagai rekomendasi sarapan. 

    Tidak hanya beraktivitas, memberikan rekomendasi sarapan dengan menu seimbang di pagi hari dapat membantu anak mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya. 

    Ide sarapan anak 1 tahun bisa Ibu hasilkan dari memadukan sumber makanan yang mengandung protein, serat, vitamin, dan kandungan lain yang penting bagi pertumbuhannya seperti 9 Asam Amino Esensial (9AAE) dan DHA. 

    Kedua nutrisi ini tidak bisa bekerja sendiri lho. 9 Asam Amino Esensial (9AAE) dan DHA 4x lebih tinggi harus dipenuhi secara bersamaan agar si Kecil lebih prima. 

    9 Asam Amino Esensial (9AAE) adalah komponen protein esensial yang berperan penting dalam fungsi dasar tubuh, yaitu untuk perkembangan otak serta menstimulasi hormon pertumbuhan otot dan tulang si Kecil.

    Ibaratnya, 9AAE adalah sebuah mobil, sedangkan DHA merupakan penumpangnya. Jadi, jika si Kecil kekurangan 9AAE, maka DHA dan nutrisi lainnya tidak bisa diantarkan ke tujuan masing-masing, yaitu ke dalam sel-sel tubuh. 

    Maka dari itu, asupan 9AAE dan DHA harus saling melengkapi untuk meningkatkan perkembangan otak si Kecil agar lebih kreatif. 

  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh 

    Tidak hanya mampu menjaga dan meningkatkan fungsi otak. Memberi rekomendasi sarapan dengan menu seimbang bisa meningkatkan daya tubuh si Kecil. Di masa pertumbuhan yang aktif, Ibu perlu waspada dengan tempat bermain si Kecil. Bisa saja, anak tidak sengaja terpapar virus, bakteri, atau parasit yang dapat mengganggu kesehatannya. 

    Namun, Ibu tidak perlu khawatir. Dengan menu rekomendasi sarapan yang seimbang, tubuh si Kecil dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak gampang sakit. Apalagi jika menu sarapan si Kecil Ibu lengkapi dengan susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ yang mengandung 14 vitamin dan 33 mineral yang bisa mendukung imunitas dan daya tahan tubuh si Kecil lebih baik.

    Untuk si Kecil yang baru menginjak usia 2 tahun, penting bagi Ibu untuk berikan menu sarapan anak 2 tahun yang sesuai dengan kebutuhan nutrisinya. Untuk info lengkap menu sarapan anak 2 tahun, bisa Ibu temukan di bawah, ya

Lantas, seperti apa rekomendasi sarapan yang bernutrisi? Sebaiknya menu sarapan tersebut mengandung zat gizi makro seperti protein, karbohidrat, dan lemak, serta zat gizi mikro yang mencakup beragam vitamin dan mineral.

Salah satu makanan bernutrisi yang cocok dikonsumsi saat sarapan adalah susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ jika anak berusia 1 - 3 tahun, Frisian Flag PRIMAGRO 3+ dan susu UHT Frisian Flag Junio jika ia berusia 4 - 6 tahun yang bisa menjadi nutrisi tambahan untuk memberikan energi, menambah semangat, meningkatkan konsentrasi dan daya tahan tubuh si Kecil untuk memulai aktivitas sehari-hari.

Nah, seperti apa rekomendasi sarapan yang bisa Ibu olah? Simak penjelasannya di bawah ini, yuk! 

Rekomendasi Sarapan yang Sehat Agar Anak Tumbuh Prima

Berikut ini beberapa rekomendasi sarapan sehat untuk si Kecil yang bisa Ibu olah dengan mudah. Rekomendasi ini juga bisa jadi pilihan menu sarapan anak sekolah yang mudah untuk Ibu buat di rumah. 

  1. Pancake oat pisang

    Si Kecil gemar mengonsumsi makanan manis? Nah, rekomendasi sarapan yang satu ini bisa jadi pilihan tepat. Ibu bisa menyiapkan rekomendasi sarapan ini dengan mudah lho.

    Akan lebih baik jika Ibu mengolah adonan pancake-nya dari malam sebelumnya supaya adonan mengembang sempurna. Ikuti resepnya berikut ini:

    Bahan-bahan:

    • 200 gram rolled oats 
    • 50 gram gula merah
    • 1 ½ sdt baking powder 
    • 1/4 sdt soda kue
    • 1/4 sdt kayu manis bubuk
    • 200 ml yoghurt tawar
    • 100 ml susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ yang sudah diseduh
    • 100 gram pisang, cincang halus
    • 2 butir telur
    • 2 sdm minyak goreng atau mentega 

    Cara membuat:

    1. Campurkan rolled oats, gula merah, baking powder, soda kue, dan kayu manis bubuk ke dalam mangkuk. Sisihkan
    2. Kocok yoghurt, susu, pisang, dan telur ke dalam mangkuk lain. Aduk sampai rata
    3. Masukkan campuran rolled oats ke dalam bahan tersebut. Kocok kembali sampai adonan tercampur merata. Diamkan selama 4 jam di dalam kulkas 
    4. Panaskan wajan anti lengket, olesi sedikit mentega 
    5. Tuangkan 1 sendok sayur adonan pancake ke dalam wajan. Masak sampai matang
    6. Taruh pancake di atas piring saji, tambahkan potongan buah-buahan segar, madu, atau topping lainnya untuk menambah citarasa
    7. Mudah, kan, untuk membuat resep rekomendasi sarapan ini? 
  2. Sup ayam jagung manis

    Rekomendasi sarapan yang tak kalah lezat yaitu sup ayam jagung manis yang gurih dan mengenyangkan.

    Rekomendasi sarapan ini kaya akan nutrisi karena di dalamnya mengkombinasikan antara daging ayam dan telur sebagai sumber protein hewani, jagung sebagai sumber karbohidrat, serta sayuran tambahan sebagai sumber serat, vitamin, dan mineral. Intip resep dari rekomendasi sarapan ini, yuk!

    Bahan-bahan:

    • 250 gram fillet dada ayam, potong dadu atau disuwir (sesuai selera Ibu)
    • 250 gram jagung manis pipil
    • 4 siung bawang putih, cincang halus
    • 1/3 bagian bawang bombay, cincang halus
    • 2 butir telur, kocok lepas
    • 3 sdt tepung maizena, larutkan dengan 3 sdt air
    • 2 cm jahe, potong menjadi beberapa bagian
    • Kaldu ayam secukupnya
    • 1/2 sdt susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ yang sudah diseduh
    • 1/2 kuntum brokoli atau sayuran hijau lainnya, potong kecil
    • Merica, garam, dan gula secukupnya 
    • 2 batang daun bawang, iris tipis

    Cara membuat:

    1. Tumis bawang putih, bawang bombay, dan jahe sampai harum
    2. Masukkan ayam yang sudah dipotong atau disuwir dan jagung pipil, masak sampai daging ayam berubah warna
    3. Tambahkan susu, garam, dan merica bubuk. Masak sampai mendidih
    4. Masukkan telur sambil diaduk cepat hingga teksturnya berserabut
    5. Tambahkan larutan maizena, masak sampai sup mengental dan matang sempurna
    6. Angkat dan sajikan sup bersama irisan daun bawang yang segar
    7. Rekomendasi sarapan ini bisa dinikmati bersama nasi 
  3. Roti panggang alpukat

    Sedang ingin berkreasi membuat sarapan mengenyangkan? Roti panggang alpukat (avocado toast) ini bisa jadi rekomendasi sarapan yang tepat. Cara membuatnya cukup mudah, Ibu hanya membutuhkan beberapa bahan berikut ini:

    Bahan-bahan:

    • 2 lembar roti gandum
    • 1/2 buah alpukat matang, potong atau cincang sesuai selera
    • 1 sdm susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ yang sudah diseduh
    • Minyak zaitun
    • 1 sdm air mineral 
    • 1 sdt madu alami
    • Kacang almond cincang (atau bisa gunakan jenis kacang lainnya)

    Cara membuat:

    1. Campurkan air mineral dengan Susu Frisian Flag Junio (pastikan jangan terlalu encer), lalu tambahkan sedikit minyak zaitun. Sisihkan.
    2. Panggang roti gandum menggunakan alat pemanggang roti atau wajan anti lengket.
    3. Setelah roti kering atau matang, oleskan dengan saus susu tersebut
    4. Oleskan alpukat di bagian atas roti, tambahkan sedikit madu
    5. Sebelum disajikan, taburi dengan kacang almond cincang
  4. Puding roti tawar cokelat

    Nah, rekomendasi sarapan yang satu ini cocok untuk si Kecil yang gemar dengan hidangan rasa cokelat.

    Supaya rasanya semakin lezat dan bernutrisi, sebaiknya Ibu gunakan susu Frisian Flag Junio rasa cokelat sebagai bahan tambahan rekomendasi sarapan ini.

    Bahan-bahan:

    • 5 lembar roti tawar (bisa pilih roti tawar putih atau cokelat)
    • 1 bungkus agar-agar tanpa rasa
    • 150 ml susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ yang sudah diseduh
    • 200 ml air putih
    • 1 sdm margarin
    • 2 butir telur
    • 4 sdm gula pasir
    • 1 sdm cokelat bubuk
    • Choco chips secukupnya 

    Cara membuat:

    1. Sobek atau potong roti tawar dengan bentuk sesuai selera
    2. Campurkan roti tawar dengan susu, telur, dan margarin yang telah dilelehkan. Aduk sampai rata
    3. Di dalam panci, larutkan agar-agar dengan tambahan gula dan air. Aduk terus sampai larut dan matang merata
    4. Tuangkan larutan agar tersebut ke dalam campuran roti yang tadi telah dihaluskan. Aduk kembali sampai larutannya mendidih
    5. Masukkan adonan ke dalam cetakan. Taburi cokelat bubuk dan choco chips sesuai selera
    6. Masukkan ke dalam lemari es sampai puding roti dingin dan siap disantap

Itulah beberapa rekomendasi sarapan yang bisa Ibu kreasikan dengan mudah, praktis, dan kaya nutrisi. Susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ juga diperkaya dengan 5 nutrisi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, seperti zat besi, vitamin D3, zinc, magnesium, dan vitamin C tertinggi, serta mengandung serat pangan inulin yang dapat mendukung kesehatan saluran pencernaan si Kecil.

Yang gak kalah spesial, susu ini juga tersedia dalam 3 pilihan rasa lezat, yaitu madu, vanila, dan cokelat yang pastinya disukai si Kecil. Dengan mengonsumsi susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+, si Kecil bisa lebih kreatif, tangkas, dan berani. 

Selain itu, agar pemberian gizi sesuai dengan kebutuhannya, Ibu perlu memeriksa kecukupan jumlah gizi harian si Kecil dengan menggunakan Kalkulator Gizi yang dikembangkan oleh Akademi Keluarga Prima bersama Lora Sri Nofi, PGNutr, MNutrDiet, RD. Yuk, coba sekarang di halaman ini!