Whatsapp Share Like Simpan

Posisi tidur ibu hamil penting untuk diketahui macam-macamnya. Hal ini agar bumil dapat beristirahat dengan nyaman, tanpa mengganggu kesehatan diri dan sang calon buah hati di dalam kandungan. Lantas, seperti apa posisi tidur ibu hamil yang direkomendasikan?

Di trimester pertama kehamilan, ibu hamil umumnya tak perlu risau memilih posisi tidur yang benar. Sebab pada fase tersebut ukuran perut dan janin belum terlalu besar. Namun di trimester menengah hingga akhir, perut yang bertambah besar membuat Ibu akan sering merasa tidak nyaman setiap kali ingin tidur. Terkadang, sudah mencoba berbagai posisi tetapi tetap saja masih terasa tidak nyaman.

Ibu Hamil Rentan Kurang Tidur

Posisi tidur ibu hamil yang sulit ditemukan nyamannya, tak jarang menimbulkan beberapa keluhan pada tubuh. Sakit punggung, nyeri ulu hati, rasa sesak agaknya sudah menjadi ‘sahabat’ baru bumil setiap kali ingin beristirahat. Hal inilah yang membuat kualitas tidur ibu hamil saat malam hari menjadi berkurang. 

Ibu hamil memerlukan istirahat yang cukup agar kesehatannya tetap terjaga. Sebab jika bumil kurang tidur, salah satu risiko berbahaya yang dapat terjadi adalah anemia. Kurang tidur membuat produksi sel darah akan terganggu, sehingga distribusi oksigen ke seluruh jaringan tubuh, termasuk janin bisa terhambat.

5 Rekomendasi Posisi Tidur Ibu Hamil

Tak perlu bingung menentukan posisi tidur ibu hamil lagi, Bu. Demi tidur yang nyenyak, berikut rekomendasi posisi tidur ibu hamil. Dijamin aman dan nyaman:

Artikel Sejenis

  1. Menghadap kiri

    Banyak dokter dan bidan yang merekomendasikan posisi tidur yang baik untuk ibu hamil yaitu dengan berbaring miring ke kiri. Posisi ini sangat dianjurkan untuk ibu hamil yang memasuki trimester kedua hingga menjelang persalinan.Selain itu, posisi tidur ibu hamil yang menyamping ke kiri juga diyakini membuat sirkulasi darah dalam tubuh tetap lancar. Aliran darah yang lancar ini bermanfaat untuk mengoptimalkan nutrisi dan oksigen kepada janin melalui plasenta.

  2. Gunakan bantal

    Bantal dapat menjadi penolong dalam menentukan posisi tidur ibu hamil. Jika Ibu mengeluhkan sesak ketika tidur, coba letakkan bantal di bagian bawah sisi samping tubuh agar membuat posisi dada lebih tinggi. Sementara bila Ibu hamil merasa nyeri ulu hati, maka posisikan bantal sebagai pengganjal kepala dan punggung. Nah, penempatan batal seperti ini dapat membuat tubuh bagian atas menjadi lebih tinggi sehingga tidur pun lebih nyaman.

  3. Setengah duduk

    Selanjutnya, posisi tidur setengah duduk juga bisa dicoba nih, Bu. Posisi tidur ibu hamil ini sangat disarankan apabila Ibu mengalami masalah pada perut atau keluhan pencernaan seperti asam lambung naik. 

    Coba posisi tidur ibu hamil ini di sofa yang nyaman atau tempat tidur. Hindari melakukan posisi tersebut dengan kursi tanpa pegangan pada sisi kanan-kirinya. Untuk mencoba posisi tidur ibu hamil setengah duduk, jangan lupa siapkan beberapa bantal yang empuk juga untuk menjadi sanggahan di belakang punggung.

  4. Mengangkat kaki

    Jika bosan dengan tiga posisi sebelumnya, posisi tidur ibu hamil dengan mengangkat kaki pun boleh dicoba. Tidur sembari mengangkat kedua sangat baik untuk Ibu hamil yang mengalami keluhan kaki bengkak atau kram di trimester akhir kehamilan. Posisi tidur ibu hamil ini sangat disarankan untuk menjaga sirkulasi darah di area kaki tetap lancar, bahkan mencegah kemunculan varises. Cara melakukannya, cukup berbaring menghadap dinding, lalu angkat kedua kaki sejajar ke atas dan tempelkan pada dinding tersebut.

  5. Posisi tiga perempat

    Terakhir ada posisi tiga perempat yang juga tak kalah membuat nyaman bumil di trimester akhir kehamilan. Untuk mendapatkan posisi tidur ibu hamil ini, pertama-tama miringkan badan. Lalu biarkan satu kaki ditekuk sedangkan satunya lagi terentang, dan letakkan bantal di antara paha agar otot terasa rileks, sehingga aliran darah pun menjadi lebih lancar. 

Posisi Tidur Ibu Hamil yang Perlu Dihindari

Jangan remehkan posisi tidur ibu hamil. Sebab meski terdengar sepele, posisi tidur ibu hamil yang kurang tepat dapat mempengaruhi keselamatan Ibu dan janin. Ketahui apa saja posisi tidur ibu hamil yang menjadi pantangan tersebut di bawah ini.

  • Menghadap kanan

    Jika posisi tidur ibu hamil menghadap kiri sangat disarankan, sebaliknya menghadap kanan justru tidak dianjurkan. Hal ini karena tidur dengan posisi menghadap kanan akan menekan organ hati ibu hamil.

  • Terlentang

    Hindari posisi tidur ibu hamil dengan telentang jika usia kandungan sudah memasuki trimester akhir. Sebab, telentang berisiko menimbulkan tekanan ekstra pada aorta dan vena cava inferior. Melansir hallosehat, aorta dan vena cava inferior adalah pembuluh darah di sepanjang punggung Anda yang bertugas untuk membawa darah dari jantung ke sekujur kaki. Posisi tidur ibu hamil yang satu ini bisa memperlambat aliran darah tubuh sehingga menyebabkan sesak napas, sakit punggung, wasir, hingga tekanan darah rendah.

  • Tengkurap

    Posisi tidur ibu hamil ini jelas akan langsung menekan bagian perut yang sudah membesar. Tidur dengan posisi tengkurap juga berisiko memotong suplai darah dan nutrisi ke bayi. Risiko ini tentu amat membahayakan keselamatan bayi di dalam kandungan. Terlebih lagi, perut dan payudara Ibu juga semakin membesar di trimester akhir. Bisa-bisa, Ibu merasa sesak dengan posisi tidur ibu hamil tersebut.

Jangan Lupa Cukupi Nutrisi Ibu Hamil

Selain tidur yang cukup, ibu hamil di trimester akhir juga perlu untuk tetap memenuhi nutrisi prima setiap hari. Jika dari makanan dan vitamin sudah, tambahkan lagi asupan gizinya dari susu Frisian Flag PRIMAMUM

Frisian Flag PRIMAMUM mengandung 9 asam amino esensial (9AAE) lengkap dan 9 nutrisi penting lainnya untuk kebaikan Ibu dan si calon buah hati. Susu ini juga diperkaya tinggi asam folat, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), serta tinggi DHA untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan sel otaknya. 

Ditambah lagi kandungan tinggi zat besi, zinc, dan sumber serat pangan inulin yang berguna mendukung daya tahan tubuh Ibu selama hamil. Ditambah kandungan tinggi kalsium dan tinggi vitamin C yang penting bagi Ibu dan pertumbuhan si Kecil. Frisian Flag PRIMAMUM termasuk susu khusus ibu hamil yang terjangkau, namun tidak mengurangi kelengkapan dan kualitas nutrisi di dalamnya. Tersedia dengan rasa cokelat yang menyegarkan, sehingga tak membuat ibu hamil merasa mual.

Ibu sudah tahu tanggal kelahiran si Kecil? Cek, yuk melalui fitur Kalkulator Kehamilan di Akademi Keluarga Prima. Fitur ini memudahkan Ibu mengetahui tanggal perkiraan lahir si Kecil, hanya dengan memasukkan tanggal Hari Pertama Menstruasi Terakhir (HPHT), lama siklus haid rata-rata, dan hari pembuahan terjadi. Ibu bisa langsung mencoba fitur Kalkulator Kehamilan di sini.

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz