Share Like
Simpan

Hore, si Kecil boleh dibawa pulang! Apakah Ibu sudah menyiapkan segala keperluan perawatan bayi di rumah? Ya, memang menyenangkan rasanya ada anggota keluarga baru. Namun, kala itu saya sempat kebingungan Bu, apalagi saat si Kecil tak henti-hentinya menangis pada hari pertama. Untungnya, saya segera menelepon sang kakak yang sudah berpengalaman.

Dari pembicaraan lewat telepon waktu itu, saya mendapatkan banyak informasi tentang kiat mengasuh bayi pada 24 jam pertamanya di rumah. Ingin tahu apa saja hal yang perlu diperhatikan setelah si Kecil dibawa pulang? Ayo ikuti tips berikut ini, Bu!

  • Tidur satu kamar dengan si Kecil

Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization)merekomendasikan agar bayi tidur di kamar yang sama dengan orang tua mereka pada enam bulan pertama. Oleh karena itu, sebaiknya Ibu tidur satu kamar dengannya sejak hari pertama ia tiba di rumah. Ibu pun tidak perlu repot ketika menyusui si Kecil di malam hari. Tidur dalam satu kamar memudahkan Ibu dan Ayah untuk menjaganya setiap saat. Libatkan Ayah dalam hal ini, misalnya untuk menggendong si Kecil ketika ia menangis.

  • Mengganti popoknya secara berkala

Salah satu perawatan bayi yang perlu dibiasakan sejak 24 jam pertamanya di rumah adalah mengganti secara berkala. Ketika si Kecil mulai menangis, cek popoknya karena mungkin ia pipis atau BAB. Hindari menunda untuk mengganti popok yang baru, agar ia merasa nyaman dan berhenti menangis. Setelah si Kecil pipis atau BAB, segera bersihkan bokong serta alat kelaminnya, lalu ganti popoknya. Rajin mengganti popok yang kotor juga dapat mencegah terjadinya ruam popok, lho.

  • Siap sedia menyusui di malam hari

Umumnya, bayi yang baru lahir punya kebiasaan bangun dan menangis tiap beberapa jam di malam hari karena lapar, bahkan hingga ia berusia 9 bulan. Ibu pun mungkin belum terbiasa dengan pola tidur si Kecil pada 24 jam pertamanya di rumah. Inilah mengapa Ibu perlu siap sedia jika tiba-tiba ia terbangun lalu menangis karena lapar. Selain kesehatan bayi, kesehatan Ibu juga harus dijaga dengan baik, ya. Pastikan Ibu tetap mendapatkan cukup istirahat, karena hal ini dapat memengaruhi kuantitas ASI yang diproduksi. Seiring berjalannya waktu, Ibu akan memahami pola tidur si Kecil dan mengetahui kapan biasanya ia terbangun untuk disusui.

  • Memandikan si Kecil  pertama kali

Bayi sehat yang selalu terjaga kebersihannya adalah dambaan setiap Ibu. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memandikan si Kecil. Apalagi ini adalah pertama kalinya Ibu memandikannya sendiri di rumah. Gunakan air hangat, serta sabun dan sampo khusus bayi. Kulit bayi masih sangat sensitif, jadi kurangi penggunaan zat yang terlalu keras, misalnya sabun antibakteri. Hindari memandikan si Kecil terlalu pagi atau terlalu sore supaya ia tidak kedinginan.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam 24 jam pertama si Kecil di rumah. Sebaiknya Ibu juga berkonsultasi dengan dokter pasca persalinan, terkait berbagai hal penting seputar bayi yang baru lahir. Semoga informasi tentang perawatan bayi ini bermanfaat!