Share Like
Simpan

Bu, sedang apa si Kecil saat ini? Menjalani peran sebagai seorang Ibu memang bukan hal yang mudah, terlebih lagi jika menyangkut beragam perawatan bayi yang harus dijalankan. Nah, memandikan si Kecil adalah salah satu proses perawatan bayi yang banyak menimbulkan kekhawatiran di kalangan ibu-ibu karena dianggap sulit untuk dilakukan.

Sebenarnya, perawatan bayi yang satu ini cukup mudah kok, asal dilakukan dengan langkah-langkah teratur dan terencana seperti berikut:

  1. Siapkan Perlengkapan Mandi

    Mandi merupakan salah satu cara merawat dan menjaga kebersihan tubuh si Kecil sehingga perlu dilakukan setiap hari. Sebelum memulai perawatan bayi ini, siapkan dulu semua perlengkapan yang dibutuhkan seperti bak, sabun, handuk, dan pakaian bersih.

  2. Tentukan Temperatur Air

    Air hangat yang digunakan untuk memandikan bayi idealnya memiliki suhu 90°F atau sekitar 32°C. Ibu tidak perlu menggunakan air terlalu banyak, sebab bak mandi hanya perlu diisi sampai kedalaman sekitar 7 cm untuk mencegah bayi tenggelam di dalamnya. Hal yang perlu diperhatikan, hindari membuka baju si Kecil sebelum menyiapkan air hangat agar ia tak kedinginan dan masuk angin.

  3. Masukkan Secara Perlahan

    Saat melakukan perawatan bayi ini, jangan langsung memasukkan si Kecil dalam air agar ia tidak kaget dan menangis. Masukkanlah bayi secara perlahan sambil menahan tubuhnya dengan tangan Ibu dan pastikan kakinya yang pertama kali masuk ke dalam air. Setelah mulai terbiasa, pegangi leher dan kepalanya kemudian masukkan tubuhnya ke dalam bak.

  4. Seka Wajahnya

    Ibu tak perlu memasukkan kepala dan wajah si Kecil ke dalam air saat memandikannya, tetapi cukup dengan menyekanya menggunakan lap basah. Jangan lupa mengelap bagian mulut dan bawah dagunya untuk menghilangkan sisa susu yang menempel.

  5. Bersihkan Tubuhnya

    Setelah wajahnya dibersihkan, Ibu bisa berpindah ke tubuhnya dengan bantuan busa lembut yang diusapkan di bagian dada, perut, tangan, dan kaki. Untuk bayi yang baru berusia beberapa minggu, Ibu tak perlu menggunakan sabun dan cukup memandikannya dengan air hangat. Berhati-hatilah saat melakukan proses ini karena tubuh bayi yang basah sangat licin dan rawan terlepas dari pegangan Ibu.

  6. Keringkan dengan Handuk

    Setelah semua bagian tubuh si Kecil bersih, Ibu bisa mengangkatnya dari bak mandi dan mengeringkannya dengan handuk. Setelah itu, aplikasikan produk perawatan bayi seperti body lotion untuk menjaga kelembapan kulitnya dan mencegah timbulnya iritasi. Namun, pastikan produk perawatan bayi yang digunakan telah mendapat persetujuan dari dokter ya, Bu!

  7. Pakaikan Baju

    Bayi mungkin akan merasa kedinginan setelah dimandikan, jadi segeralah memakaikan popok dan baju kepadanya. Jika Ibu masih ingin mengoleskan body lotion, balutlah sebagian tubunya dengan selimut agar ia tetap merasa hangat setelah menjalani perawatan bayi ini.

Apabila Ibu belum memiliki pengalaman dalam memandikan bayi, tak ada salahnya meminta bantuan orang lain, seperti suster atau sang nenek. Selain itu, mintalah juga rekomendasi dari rekan dan keluarga mengenai produk perawatan bayi yang cocok digunakan saat mandi agar kebersihan tubuh si Kecil tetap terjaga tanpa membuat kulitnya iritasi.