Whatsapp Share Like Simpan

Penting bagi Ibu untuk membiasakan si Kecil mendapat jam tidur yang baik setiap harinya. Ini karena kualitas tidur si Kecil akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang secara keseluruhan. Bagi anak-anak, tidur merupakan kegiatan yang sama pentingnya dengan makan, minum, dan bermain lho. Si Kecil butuh jam tidur yang baik agar tubuhnya dapat beristirahat, segar, mendapatkan energi baru, serta pertumbuhan dan perkembangannya lebih prima. 

Nah, untuk jam tidur yang baik itu bervariasi tergantung dari rentang usia si Kecil ya, Bu. Menurut Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes RI), anak-anak yang berusia 3-6 tahun dianjurkan untuk mendapat jam tidur yang baik sekitar 11-13 jam dalam sehari, termasuk tidur siang. 

Kemenkes juga menjelaskan bahwa bila anak di bawah 6 tahun tidak memiliki jam tidur yang baik secara terus menerus, maka akan meningkatkan risiko obesitas di kemudian hari. Hal ini dikarenakan nafsu makan dipengaruhi oleh 2 hormon, yaitu hormon ghrelin dan hormon leptin. Anak yang kurang tidur akan mengalami peningkatan kadar hormon ghrelin (hormon lapar) dan menurunkan kadar hormon leptin (hormon kenyang). 

Bila kondisi tersebut terjadi terus menerus, maka anak-anak cenderung makan berlebihan di malam hari dan mengalami peningkatan berat badan. Itulah sebabnya, penting bagi anak-anak memiliki jam tidur yang baik agar tumbuh lebih optimal. 

Dampak Buruk Jika Anak Kurang Tidur

Selain obesitas, si Kecil juga akan mengalami dampak buruk lain jika tidak mendapatkan jam tidur yang baik. Melansir laman resmi healthline.com, bila anak-anak tidak memilih jam tidur yang baik maka akan mengganggu sistem imun tubuhnya sehingga bisa mengakibatkan si Kecil jadi rentan sakit. 

Artikel Sejenis

Tak sampai di situ lho, Bu, anak yang kurang tidur dari 9 jam per malam membuat ia lebih mungkin menunjukkan sikap impulsif, mudah marah, dan mudah tantrum dibandingkan anak-anak yang memiliki jam tidur baik dan teratur. Maka dari itu, jam tidur yang baik dan teratur memainkan peran penting dari segi kesehatan fisik dan mental anak. 

Jam tidur yang baik berpengaruh terhadap kemampuan berpikir dan memahami, mengolah informasi, belajar bahasa, serta kemampuan kognitif lainnya. Ibu pasti ingin si Kecil tumbuh optimal, dapat berkonsentrasi, dan memahami semua informasi yang ia dapat, kan? Oleh karenanya, buatlah jadwal jam tidur yang baik dan teratur sejak dini untuk si Kecil ya, Bu. 

Penyebab Anak Susah Tidur


Membuat jadwal jam tidur yang baik dan teratur memang terlihat mudah. Namun, pada kenyataannya, si Kecil akan mengalami kesulitan tidur. Menurut dr Martani Widjajanti, SpA dari RSAB Harapan Kita, setidaknya ada 25% anak yang berusia 1-8 tahun mengalami gangguan sulit tidur atau insomnia. Untuk mengatasi kondisi ini, penting bagi Ibu untuk mengetahui penyebab insomnia pada anak, antara lain:

  • Pola tidur yang tidak tepat
  • Rasa takut terhadap sesuatu, misalnya ruangan yang gelap
  • Stres
  • Gangguan kecemasan
  • Sering mengonsumsi makanan atau minuman berkafein seperti cokelat dan teh
  • Konsumsi obat-obatan tertentu, seperti obat untuk mengatasi ADHD

Seperti yang telah disebutkan, jika kebiasaan ini dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, insomnia pada anak bisa memicu dampak buruk terhadap kesehatan si Kecil. Oleh karena itu, Ibu perlu mengatur jam tidur yang baik dan teratur sejak si Kecil bayi agar tumbuh kembangnya tidak terhambat. Namun, Ibu tidak perlu khawatir bila si Kecil mengalami kondisi ini karena ada beberapa tips dan trik yang bisa Ibu lakukan agar si Kecil tidur nyenyak. Simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

Trik Jitu Agar Anak Tidur Nyenyak

Berikut ini beberapa trik jitu agar si Kecil memiliki jam tidur yang baik: 

  • Buat jadwal jam tidur yang baik dan teratur

    Jadwal tidur yang baik dan konsisten dapat mencegah si Kecil mengalami kesulitan tidur di malam hari. Oleh karena itu, Ibu perlu menetapkan jadwal tidur si Kecil yang disesuaikan dengan kebutuhan jam tidur berdasarkan usia. Setelah itu, Ibu juga perlu mengusahakan agar si Kecil dapat tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya, tidak terkecuali di hari libur.

    Selain itu, Ibu juga perlu membatasi tidur siang anak maksimal 2 jam yang dilakukan sebelum jam 3 sore. Lakukan cara ini secara rutin agar si Kecil bisa memiliki jam tidur yang baik setiap harinya. 

  • Mandi sore menggunakan air hangat

    Selain membuat jam tidur yang baik, Ibu juga bisa membiasakan tips ini secara rutin. Mandi menggunakan air hangat dapat membuat tidur lebih nyenyak lho, Bu. Ini karena air hangat membuat tubuh lebih rileks dan melemaskan otot-otot tubuh dengan baik. Dengan begitu, si Kecil akan tidur lebih nyenyak dan bisa bangun pagi dalam kondisi yang lebih segar. 

  • Ciptakan suasana kamar yang nyaman

    Tips selanjutnya agar si Kecil memiliki jam tidur yang baik dan nyenyak yaitu dengan menciptakan suasana kamar yang nyaman sebelum si Kecil tidur. Sebagai contoh, Ibu perlu merapikan dan memastikan kasur si Kecil bersih, mengatur suhu ruangan agar nyaman, menyalakan diffuser aromaterapi agar si Kecil lebih rileks, menyalakan lagu-lagu yang menenangkan, menaruh barang kesukaannya, seperti boneka atau guling favorit di kamar, serta menjaga kenyamanan kasur. Sebaiknya Ibu hindari memainkan atau meletakkan barang elektronik seperti HP di dekatnya karena bisa mengganggu perhatian si Kecil. 

  • Buat rutinitas khusus sebelum tidur

    Membuat rutinitas khusus sebelum tidur yang menyenangkan juga bisa membuat si Kecil tidur lebih cepat. Sebagai contoh, memakai baju tidur, mencuci kaki dan tangan, menyikat gigi, membacakan dongeng, bercerita, dan berdoa. Rutinitas khusus ini bisa Ibu terapkan pada si Kecil sekitar 30-60 menit sebelum waktu tidurnya. Dengan begitu, si Kecil akan paham bahwa ia memiliki jam tidur yang baik setiap harinya.

  • Minum susu sebelum tidur

    Tahukah Ibu, salah satu manfaat minum susu sebelum tidur yaitu dapat membuat tidur lebih nyenyak dan meningkatkan kualitas tidur lho. Penelitian dalam Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menjelaskan bahwa manfaat ini muncul karena adanya kemungkinan pengaruh dari asam amino esensial triptofan dan melatonin yang ada dalam susu.

    Asam amino esensial triptofan merupakan bahan utama penghasil hormon serotonin. Hormon serotonin adalah hormon yang berperan mengatur suasana hati, memberikan rasa tenang, membuat tubuh rileks, dan memicu rasa kantuk. 

    Susu Frisian Flag PRIMAGRO 3+ bisa menjadi pilihan tepat untuk diminum oleh anak usia 4-6 karena kaya akan nutrisi alami yang dapat meningkatkan potensi tumbuh kembangnya. 

Dengan melakukan tips di atas, maka kemungkinan besar si Kecil akan memiliki jam tidur yang baik dan teratur setiap harinya. Namun, tahukah Ibu bahwa kinerja hormon pertumbuhan tidak hanya dipengaruhi oleh jam dan pola tidur si Kecil lho, tetapi dipengaruhi juga oleh asupan nutrisi yang si Kecil konsumsi. 

Penelitian dari J.Nutr yang dipublikasi dalam National Center for Biotechnology Information menjelaskan bahwa kekurangan 1 jenis 9 Asam Amino Esensial (9AAE) akan menurunkan kinerja hormon pertumbuhan yang meliputi potensi tinggi badan, kecerdasan otak, dan daya tahan tubuh sebanyak -34%. Bahkan, kekurangan semua jenis 9 Asam Amino Esensial (9AAE) akan menurunkan kinerja hormon pertumbuhan sebanyak -50%. Ibu tentu tidak ingin hal ini terjadi pada si Kecil, bukan?

Oleh karena itu, pastikan Ibu memenuhi asupan 9 Asam Amino Esensial (9AAE) secara lengkap agar tumbuh kembang si Kecil lebih optimal. 9 Asam Amino Esensial (9AAE) ini meliputi isoleusin, leusin, valin, triptofan, fenilalanin, metionin, treonin, lisin, dan histidin. 

Asupan 9 Asam Amino Esensial (9AAE) ini harus dipenuhi secara lengkap dan rutin karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri, sehingga harus didapatkan dari sumber protein hewani, seperti susu, telur, ikan, daging merah, dan daging putih. 

Ibu tidak perlu khawatir ya, karena asupan 9 Asam Amino Esensial (9AAE) bisa didapatkan secara lengkap dalam susu Frisian Flag PRIMAGRO 3+. Selain itu, susu pertumbuhan ini juga mengandung nutrisi untuk meningkatkan perkembangan otak, seperti DHA 4x lebih tinggi, omega 3, omega 6, minyak ikan, kolin, sphingomyelin, asam sialat, dan tirosin tertinggi.

Susu Frisian Flag PRIMAGRO 3+ juga diperkaya nutrisi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, seperti zat besi, vitamin D3, zinc, magnesium, dan vitamin C, yang dikombinasikan dengan 9 Asam Amino Esensial (9AAE). Dengan begitu, Frisian Flag PRIMAGRO 3+ bisa menjadi pilihan tepat agar si Kecil tumbuh kreatif, tangguh, dan percaya diri.