Whatsapp Share Like Simpan

Mungkin Ibu sering mendengar istilah metabolisme, namun sebenarnya apa ya metabolisme tubuh itu? Ternyata istilah ini erat kaitannya dengan proses tumbuh kembang si Kecil lho. Metabolisme adalah proses kimia yang terjadi dalam tubuh untuk mengubah makanan dan minuman yang dikonsumsi menjadi energi. 

Energi sangat dibutuhkan agar setiap organ tubuh berfungsi secara normal. Energi yang dihasilkan melalui proses metabolisme adalah hasil pengolahan zat gizi yang dipengaruhi oleh berbagai faktor. Energi tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh agar sel-sel dan jaringan tubuh tetap sehat, tumbuh, dan berkembang, serta fungsinya pun berjalan dengan normal.

Hasil dari munculnya energi dalam proses metabolisme adalah kemampuan si Kecil untuk menjalani aktivitas sehari-hari, seperti berjalan, belajar, dan melakukan aktivitas fisik yang menyenangkan. 

Beberapa fungsi tubuh yang dipengaruhi oleh proses metabolisme adalah bernapas, mencerna makanan maupun minuman, mengalirkan darah, memperbaiki dan memperbarui sel-sel dan jaringan, mengendalikan suhu tubuh, merangsang kontraksi otot, mengeluarkan urine dan feses, serta menjaga fungsi otak dan saraf.

Itulah sebabnya, metabolisme adalah proses yang sangat penting dalam tubuh sehingga harus dipahami agar tumbuh kembang si Kecil lebih prima. Sebab, metabolisme adalah proses di dalam tubuh yang berkaitan erat dengan kebiasaan si Kecil dalam mengonsumsi makanan dan minuman bergzi. 

Artikel Sejenis

Artinya, jika si Kecil kekurangan asupan makanan dan minuman bergizi, maka akan memperlambat proses metabolisme tubuh. Selain dari asupan makanan dan minuman, ada faktor lain yang mempengaruhi proses metabolisme tubuh, lho. 

Yuk, mari kita pahami dulu bagaimana proses metabolisme tubuh sebelum membahas hal-hal yang mempengaruhi metabolisme itu sendiri.

Bagaimana Cara Kerja Metabolisme Tubuh?

Seperti yang Ibu ketahui, metabolisme adalah proses kimia yang berlangsung dalam tubuh dan perannya sangat penting dalam kesehatan dan tumbuh kembang. Nah, cara kerja metabolisme terdiri atas katabolisme dan anabolisme, keduanya berlangsung secara bersamaan. Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya ya, Bu:

  • Katabolisme

    Katabolisme merupakan proses pengolahan dan pemecahan zat gizi serta pembakaran kalori dari makanan yang nantinya digunakan oleh tubuh sebagai sumber energi. 

    Contohnya, cara kerja metabolisme adalah ketika proses perubahan protein yang ada dalam makanan dan minuman menjadi asam amino, perubahan lemak menjadi asam lemak, serta perubahan karbohidrat menjadi gula sederhana (glukosa).

    Selanjutnya, tubuh akan menggunakan asam amino, asam lemak, dan gula sederhana sebagai sumber energi saat dibutuhkan. Zat gizi tersebut diserap dari sistem pencernaan ke dalam darah dan didistribusikan ke sel-sel tubuh. Dengan begitu, metabolisme adalah proses kimia yang sangat dipengaruhi oleh asupan nutrisi, berupa protein, lemak, karbohidrat, serta berbagai vitamin dan mineral.

    Asam amino adalah bentuk protein sederhana yang siap diserap oleh tubuh untuk pertumbuhan dan pemeliharaan sel-sel tubuh dan otak si Kecil. Ada 9 jenis asam amino (9AAE) yang tubuh harus dapatkan dari makanan setiap harinya karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri.

    Penelitian dari J.Nutr yang dipublikasi dalam National Center for Biotechnology Information menjelaskan bahwa kekurangan semua jenis 9 Asam Amino Esensial (9AAE) akan menghambat kinerja hormon pertumbuhan sebanyak -50%.

    Selain itu, tanpa keberadaan 9AAE, nutrisi penting lainnya seperti DHA tidak bisa diangkut ke otak untuk pertumbuhan sel otak si Kecil. Pastikan asupan 9AAE dan DHA si kecil optimal ya, Bu, agar si kecil bisa tumbuh prima dan jadi anak yang kreatif, tangkas dan berani.

    Baca juga: Manfaat Asam Amino Esensial (9AAE) Untuk Pertumbuhan Anak

  • Anabolisme

    Anabolisme merupakan proses memperbarui dan memperbaiki sel-sel dan jaringan tubuh melalui pembakaran kalori menggunakan energi yang dihasilkan tubuh dari proses katabolisme. Jika si Kecil mengonsumsi lebih banyak kalori dari makanan atau minuman, maka tubuhnya akan menyimpan kelebihan energi yang dihasilkan sebagai jaringan lemak. Maka dari itu, pastikan asupan energi si Kecil sesuai dengan kebutuhannya, Bu.

Sederhananya, katabolisme bertujuan untuk memecah molekul-molekul kompleks dari berbagai zat gizi menjadi bentuk yang lebih sederhana agar dapat digunakan oleh tubuh. Sebaliknya, anabolisme bertujuan untuk membentuk molekul yang lebih kompleks dari molekul yang sederhana. Itulah sebabnya, metabolisme adalah proses kimia yang cukup kompleks dan penting dalam tubuh ya, Bu.

Lantas, apa saja hal-hal yang memengaruhi metabolisme? Kita simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

Apa Saja Hal-hal yang Memengaruhi Metabolisme?

Berikut ini hal-hal yang memengaruhi metabolisme tubuh, antara lain:

  • Makanan dan minuman yang dikonsumsi

    Nutrisi dalam makanan dan minuman yang dikonsumsi si Kecil merupakan hal yang memengaruhi metabolisme. Dalam masa tumbuh kembang, kehadiran 9 Asam Amino Esensial (9AAE) sangat dibutuhkan agar si Kecil tumbuh lebih prima.

    Asupannya harus dipenuhi secara rutin setiap hari karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri, sehingga harus terus dipenuhi dengan makanan yang mengandung protein, seperti susu, telur, ikan, daging merah, dan daging putih.

    Ibu dianjurkan memberikan si Kecil asupan protein hewani, seperti susu, telur, ikan, daging merah, dan daging putih. Salah satu asupan nutrisi yang berkualitas yaitu susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+.

    Susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap, serta diperkaya dengan kombinasi nutrisi penting untuk dukung perkembangan otak dan akal kreatif si Kecil, di antaranya DHA 4x lebih tinggi, asam lemak omega 3, asam lemak omega 6, minyak ikan, kolin, sphingomyelin, asam sialat, dan tirosin tertinggi.

    Susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ juga mengandung nutrisi lain untuk meningkatkan daya tahan tubuh, seperti zat besi, vitamin D3, zinc, magnesium, dan vitamin C tertinggi, serta mengandung serat pangan inulin yang dapat mendukung kesehatan saluran pencernaan si Kecil.

  • Ukuran dan komposisi tubuh

    Hal selanjutnya yang memengaruhi metabolisme adalah ukuran dan komposisi tubuh, karena anak yang memiliki badan lebih besar dan otot lebih banyak mampu membakar lebih banyak energi, bahkan saat sedang beristirahat. Hal ini disebabkan oleh jaringan otot lebih aktif dalam proses metabolisme dibandingkan jaringan lemak.

  • Kadar otot dan lemak dalam tubuh

    Hal lain yang tak kalah penting dalam proses metabolisme adalah kadar otot dan lemak dalam tubuh. Tubuh laki-laki biasanya membakar lebih banyak energi dibandingkan tubuh perempuan. Hal ini dipengaruhi oleh jaringan otot pada tubuh laki-laki yang cenderung lebih banyak, sedangkan lemak tubuhnya lebih sedikit jika dibandingkan perempuan. 

  • Genetik atau keturunan

    Metabolisme adalah proses reaksi kimia dalam tubuh yang dipengaruhi juga oleh faktor genetik atau keturunan. Kok bisa? Bisa, Bu. Hal ini karena genetik memengaruhi pertumbuhan dan ukuran jaringan otot seseorang. Maka dari itu, nantinya akan dapat memengaruhi juga pada proses pembakaran energi atau metabolisme tubuh si Kecil.

  • Suhu tubuh

    Hal lain yang memengaruhi proses metabolisme adalah suhu tubuh. Proses ini secara alami akan meningkat ketika suhu tubuh menurun (hipotermia) atau ketika tubuh kedinginan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan suhu tubuh agar normal kembali sehingga organ-organ dapat berfungsi dengan baik.

  • Stimulan

    Tahukah Ibu, metabolisme adalah proses yang dapat meningkat jika seseorang mengonsumsi minuman yang mengandung stimulan, seperti kafein lho. Zat ini secara alami terdapat dalam teh. Selain itu, metabolisme tubuh juga bisa meningkat ketika anak mengonsumsi obat-obatan yang bersifat stimulan.

  • Hormon

    Hormon yang berfungsi untuk mengatur metabolisme adalah hormon tiroid. Maka dari itu, jika produksi atau kinerja hormon tiroid terganggu, maka dapat meningkatkan atau menurunkan metabolisme tubuh anak lho, Bu.

  • Tingkat aktivitas

    Metabolisme adalah proses yang begitu kompleks karena dapat dipengaruhi juga oleh tingkat aktivitas masing-masing anak. Artinya, berbagai jenis aktivitas fisik atau olahraga dapat memicu tubuh anak untuk membakar lebih banyak energi, terlebih jika aktivitas fisik dilakukan secara rutin.

Metabolisme adalah proses alami yang terjadi di dalam tubuh setiap manusia. Dengan adanya metabolisme, si Kecil dapat menjalankan aktivitas sehari-hari dengan baik. Maka dari itu, penting bagi Ibu untuk memahami mengenai metabolisme agar kesehatan dan tumbuh kembang si Kecil bisa lebih prima. 

Eits, Ibu juga sebaiknya memanfaatkan fitur Rapor Tumbuh Kembang Prima yang terdapat dalam Akademi Keluarga Prima. Fitur ini dapat memudahkan Ibu untuk memantau tumbuh kembang si Kecil agar lebih prima, sesuai dengan grafik pertumbuhan dari WHO dan CDC. Ayo, cobain fitur menariknya di sini, Bu.

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz