Whatsapp Share Like
Simpan

Tak terasa si Kecil sudah berusia 6 bulan ya, Bu. Rasanya baru kemarin dia hadir ke dunia dan kini sudah menemani Ibu selama 6 bulan. Selamat lulus ASI eksklusif juga untuk si Kecil! Kini ia sudah boleh masuk ke tahap MPASI. Ibu pasti sudah tidak sabar untuk menyuapi dan melihat reaksi si Kecil saat makan. Di usia ini juga merupakan saat yang penting untuk mempererat ikatan Ibu dengannya, karena ia sudah lebih bisa merespon saat diajak berkomunikasi dan menyadari lingkungan sekelilingnya. Berikut ini ada uraian mengenai tahapan perkembangan bayi 6 bulan:

Pertumbuhan Fisik

Di usia 6 bulan, penambahan ukuran bayi sudah tidak sebanyak sebelumnya. Berat badannya hanya akan bertambah 0,5 kg per bulan, sedangkan panjangnya hanya bertambah 1-2 cm saja. Berikut adalah tabel pertumbuhan fisik bayi 6 bulan:

(sumber: https://www.who.int/childgrowth/standards/en/)

Pertumbuhan fisik lainnya ditunjukkan oleh meningkatnya kekuatan kaki si Kecil dimana ia mulai bisa berguling dari posisi tengkurap ke terlentang dan sebaliknya tanpa bantuan. Ia menyukai kegiatan baru ini dan akan sering melakukannya. Untuk itu diperlukan pengawasan ekstra dari Ibu agar ia tidak terjatuh dari kasur. Bila Ibu sedang tidak bisa mengawasinya, sebaiknya letakkan si Kecil di atas matras yang diletakkan di lantai agar ia lebih bebas bergerak tanpa takut terguling.

Jika belum bisa, sebaiknya si Kecil terus dilatih untuk tengkurap karena kegiatan ini bisa melatih tangan dan kakinya agar jadi lebih kuat. Ibu bisa memberikan mainan saat ia berada dalam posisi tengkurap agar ia lebih tertarik, kemudian ajarkan ia untuk berguling terlentang lagi. Latih kegiatan ini secara rutin ya, Bu dan jangan lupa untuk memberikan apresiasi saat ia berhasil melakukannya sendiri.

Otot tangannya pun juga sudah bisa berkoordinasi dengan baik sehingga ia bisa memegang benda dengan kuat. Selain itu ia juga sudah bisa memindahkan benda dari tangan satu ke tangan lainnya. Beberapa bayi bahkan sudah bisa menangkap benda tertentu yang dilemparkan ke arah tangannya. Punggung si Kecil juga sudah mulai kuat sehingga ia bisa bersandar lurus saat Ibu memangkunya. Di saat ini si Kecil sudah bisa dilatih untuk duduk di high chair saat Ibu memberinya makan.

Perkembangan Motorik

Perkembangan bayi 6 bulan selanjutnya adalah dari segi kemampuan motorik. Ada banyak perkembangan motorik yang ditunjukkan oleh bayi berusia 6 bulan, tapi yang paling menonjol adalah kemampuan dalam mengenali bahasa. Ia akan berusaha untuk mengenali kata apapun yang Ibu ucapkan. Ibu harus terus mengajaknya berbicara agar si Kecil meresap lebih banyak kata sekaligus melatihnya berbicara. Kemudian ia pun akan mulai mengoceh sendiri ataupun sebagai tanggapan saat Ibu mengajaknya berkomunikasi.

Di usia 6 bulan perkembangan bayi juga sangat baik dan mereka mulai belajar untuk mengingat. Untuk melatih ingatannya, Ibu bisa bermain menghitung benda saat bermain dengan si Kecil. Keinginannya untuk makan juga sudah mulai terlihat dengan tanda-tanda berupa memasukkan benda dari tangan ke mulut. Ibu pun bisa mulai menyuapinya sedikit demi sedikit sebagai permulaan kegiatan makannya.

Perkembangan Sensorik

Kemampuan indera si Kecil juga sudah meningkat nih, Bu, terutama pada pendengaran dan penglihatan. Perkembangan bayi 6 bulan diantaranya adalah sudah bisa mendengar suara dan kata dengan jelas, meski dari jarak jauh sekalipun. Jadi bila Ibu memanggilnya, maka ia akan menoleh dan berusaha mencari sumber suara tersebut. Ia juga sudah bisa melihat dengan sempurna dan mengenali berbagai warna, baik warna cerah maupun gelap. Selain warna, si Kecil juga mulai mengenali berbagai ukuran benda, mulai dari yang kecil hingga besar.

Indera perabanya pun semakin berkembang dimana ia akan selalu ingin menyentuh berbagai permukaan benda yang ada di sekitarnya. Saat memegang benda, ia akan meremas dan menggerak-gerakkan tangannya. Selain itu tangannya juga ingin mencabut atau menarik benda-benda yang dilihatnya, seperti rambut atau tali yang menggantung. Kemudian ia akan sering melakukan gerakan pada banyak anggota tubuhnya, seperti kepala, dada, perut, tangan, dan kaki.

(Sumber: https://hamil.co.id)

Nah, itulah tadi tahapan perkembangan bayi 6 bulan yang penting untuk Ibu ketahui. Diperlukan rangsangan yang tepat untuk terus meningkatkan kemampuan si Kecil. Selain itu ia juga memerlukan nutrisi yang mencukupi dari ASI dan sumber makanan yang bergizi. Tetap semangat melatih si Kecil ya, Bu, agar ia tumbuh sehat dan optimal seperti yang Ibu impikan!