Share Like
Simpan

Kenalkan nama saya Augie atau biasa dipanggil Bunda Ogi. Ibu mungkin sudah pernah melihat saya di video YouTube Ibu dan Balita. Iya, saya adalah salah satu dari empat Ibu-ibu Wow di serial tersebut J

Nah... kali ini, saya nak berbagi cara mengatur keuangan rumah tangga, Bu. Di bulan Ramadan dan jelang Idul Fitri seperti sekarang, harga barang-barang kebutuhan rumah tangga cenderung naik. Sebagai Ibu Wow, kita mesti cermat melakukan penghematan agar semua kebutuhan tetap terpenuhi, baik kebutuhan rutin maupun kebutuhan Hari Raya. Sebab, hemat bukan hanya pangkal kaya, Bu, tapi juga pangkal sayang, disayang suami maksudnya. J Contohnya saya sendiri. Saya dikenal sebagai istri yang pintar memperhitungkan uang belanja rumah tangga, sehingga suami makin pada saya. Bahkan, kini suami sering memuji saya sebagai istri yang pandai sangat!

Untuk Ibu, saya nak berbagi tips mengatur keuangan keluarga ala Bunda Ogi berikut:

  1. Rinci Terlebih Dulu Pemasukan Tiap Bulan

Hal pertama yang perlu dilakukan dalam mengatur keuangan keluarga adalah merinci terlebih dulu sumber pemasukan tiap bulan dan nominal jumlah uangnya. Selain gaji suami yang nominalnya sudah pasti, masukkan juga pemasukan yang lain seperti uang lembur, tunjangan, laba usaha yang dijalani (bila ada), dan gaji Ibu, bila Ibu bekerja tentunya.

  1. Buat Juga Daftar Rincian Pengeluaran Rutin Bulanan

Selanjutnya, Ibu juga perlu melakukan hal yang sama untuk pengeluaran rutin bulanan. Rincilah tiap pengeluaran rutin bulanan keluarga Ibu beserta nominalnya. Selain kewajiban rutin seperti cicilan KPR dan kredit kendaraan bermotor, masukkan juga biaya kebutuhan penting lain seperti sembako, uang bensin, beli pulsa, bayar listrik, biaya transport, biaya beli buku anak sampai ke kebutuhan rekreasi. Setelah poin pertama dan kedua dilakukan, Ibu akan bisa melihat lebih jelas kondisi keuangan keluarga Ibu, sehingga Ibu bisa melakukan perhitungan dengan lebih jelas.

  1. Cari Tahu Perbandingan Harga di Toko yang Satu dengan yang Lain

Dengan makin menjamurnya supermarket dan minimarket saat ini, Ibu tentu tahu ya “perang harga” sering terjadi, terutama di akhir pekan. Banyak toko memberikan promo-promo menarik. Ini jadi keuntungan bagi kita para konsumen, Bu. Yang saya lakukan sebelum berbelanja, saya tengok dulu satu per satu katalog minimart untuk mengetahui toko mana yang menawarkan harga murah sangat. Saya bahkan cek juga website toko atau produk yang akan dibeli, biasanya ada info promo khusus di sana. Dengan begitu, saya bisa menghemat uang belanje. Ingat, Bu, bagaimana pun satu rupiah saja berharga sangat!  

  1. Pilih Produk yang Memberikan Keuntungan Lebih

Tips istri hemat selanjutnya, cari tahu dan beli produk berkualitas yang dapat memberikan banyak bonus. Contohnya, saat memilih susu untuk si Kecil, pilihlah produk yang tak hanya mengandung nutrisi penting untuk mendukung pertumbuhannya, tetapi juga memberi manfaat lebih karena program-program menariknya. Saya memilih susu Frisian Flag Jelajah atau Frisian Flag Karya untuk membantu mencukupi kebutuhan nutrisi harian si kakak. Untungnya lagi, dari setiap pembelian susu tersebut, saya juga mendapatkan banyak manfaat lebih lewat program poin Ibu & Balita. Poin yang terkumpul dari pembelian susu dapat saya tukarkan untuk membeli lagi produk susu Frisian Flag, atau saya tukarkan dengan e-voucher belanja di minimart, e-voucher pulsa handphone, e-voucher listrik prabayar, tiket masuk tempat wisata, dan masih banyak lagi, Bu! Jadi makin hemat, kan. Cara tukar poin susu Frisian Flag pun  mudah sangat, cukup dengan mengirim SMS dari nomor handphone Ibu yang terdaftar di situs ibudanbalita.com.

Nah, itulah beberapa tips jitu ala Bunda Ogi dalam mengatur keuangan untuk menjaga kondisi keuangan keluarga Ibu tetap sehat dan stabil. Kalau Ibu punya cara berhemat lain, yuk bagikan juga di sini, Bu.