Whatsapp Share Like Simpan

Tumbuh kembang balita memang harus menjadi perhatian utama setiap orang tua. Salah satunya adalah dengan memperhatikan setiap asupan yang diberikan sehari-hari, termasuk susu bubuk pertumbuhan.

Saat si Kecil menginjak usia 1 tahun, ia akan memerlukan lebih banyak nutrisi untuk tumbuh kembangnya. Sejak lahir, si Kecil sudah dianjurkan untuk mendapatkan asupan susu, dimulai dari ASI yang merupakan sumber nutrisi terbaik hingga tahap selanjutnya di usia 1-2 tahun si Kecil mulai mengonsumsi susu bubuk pertumbuhan untuk mendukung kecerdasan otak dan tumbuh kembangnya secara keseluruhan.

Manfaat Susu Bubuk Pertumbuhan untuk Tumbuh Kembang Anak

Pada masa tumbuh kembang, setiap anak wajib diberikan asupan makanan dengan gizi yang seimbang dan Ibu dapat melengkapinya dengan pemberian susu yang disarankan oleh para ahli. 

Hal tersebut bertujuan untuk membantu proses tumbuh kembang anak yang optimal. Sebagai pelengkap nutrisi, pemberian susu pada anak sebaiknya disesuaikan dengan usia anak agar nutrisi pada kandungan susu tersebut dapat tersalurkan dengan baik di tubuh sang buah hati. Bagi anak usia 1-3 tahun, Ibu sudah dapat memberikannya susu bubuk pertumbuhan yang kaya akan nutrisi, terutama 9 Asam Amino Esensial (9AAE). Lantas, apa itu 9 Asam Amino Esensial? 

9 Asam Amino Esensial (9AAE) merupakan bentuk sederhana dari protein yang dapat diserap oleh tubuh si Kecil dengan lebih mudah. 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang terdapat di dalam susu memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang si Kecil, di antaranya dapat membangun dan memelihara jaringan tubuh, meningkatkan sistem imun, menjaga kesehatan tulang, gigi, dan otot, sebagai sumber energi, mengontrol berat badan, serta dapat membangun antibodi. 

Artikel Sejenis

Itulah sebabnya, Ibu perlu memilih susu bubuk pertumbuhan yang mengandung 9AAE secara lengkap agar tumbuh kembang si Kecil lebih optimal. Asupan 9AAE juga penting karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri, sehingga harus didapatkan dari sumber protein berkualitas, salah satunya adalah susu bubuk pertumbuhan.

Susu bubuk pertumbuhan memiliki banyak manfaat yang dibutuhkan oleh anak di masa emasnya. Selain baik untuk pertumbuhan tulang, ternyata susu ini juga sangat baik untuk perkembangan dan kecerdasan otak anak. Ibu pasti ingin si Kecil tumbuh menjadi anak yang cerdas, bukan? 

Meski kecerdasan anak juga dipengaruhi oleh faktor genetik dan stimulasi yang diberikan, tapi susu juga berperan penting dalam memenuhi nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan otaknya. Untuk itu jangan pernah ragu untuk memenuhi kebutuhan susu si Kecil untuk pelengkap gizinya sehari-hari.

Kandungan Susu Bubuk Pertumbuhan untuk Kecerdasan Otak Anak

Sebelum memutuskan untuk memberikan susu bubuk pertumbuhan untuk si Kecil, sebaiknya Ayah dan Ibu memahami terlebih dahulu kandungan susu yang hendak Ibu beli. Susu bubuk pertumbuhan sangat dianjurkan karena mengandung nilai gizi yang lengkap untuk perkembangan si Kecil. Apa saja kandungan susu bubuk pertumbuhan tersebut? Berikut ini beberapa kandungan susu yang patut Ibu pahami manfaatnya untuk si Kecil: 

  • Protein

    Protein merupakan zat gizi makro yang berperan penting dalam meningkatkan kecerdasan otak si Kecil. Sebab, protein memiliki fungsi khas yang tidak bisa digantikan oleh zat gizi lain, yaitu untuk membangun dan memelihara sel-sel serta jaringan tubuh. Tanpa kehadiran protein, konsumsi zat gizi lain, seperti minyak ikan, DHA, dan AA juga tidak akan diserap secara optimal oleh tubuh si Kecil. 

    Pastikan Ibu memilih susu bubuk pertumbuhan yang kaya akan protein. Artinya, susu yang mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE) secara lengkap. Sebab, kebutuhan 9AAE harus dipenuhi dalam jumlah dan jenis yang lengkap agar perkembangan otak si Kecil lebih optimal. 9 jenis asam amino esensial ini meliputi leusin, isoleusin, valin, triptofan, fenilalanin, metionin, treonin, lisin, dan histidin. 

    Lantas, bagaimana jika asupan 9AAE tidak lengkap? Maka akan mengurangi fungsi optimal yang dibutuhkan oleh tubuh si Kecil selama masa tumbuh kembang. Sebab, penelitian yang dipublikasi dalam National Center for Biotechnology Information menjelaskan bahwa kekurangan 1 jenis 9 Asam Amino Esensial (9AAE) akan menurunkan kinerja hormon pertumbuhan sebanyak -34% dan kekurangan semua jenis 9 Asam Amino Esensial (9AAE) akan menurunkan hormon pertumbuhan tersebut sebanyak -50%. Hormon pertumbuhan berfungsi untuk memastikan agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. 

  • Omega 3 dan Omega 6

    Nutrisi yang penting untuk meningkatkan kecerdasan otak si Kecil selanjutnya adalah asam lemak omega 3 dan omega 6. Jika kedua zat gizi ini terpenuhi secara tepat, maka akan membuat pembentukan dinding sel neuron di otak si Kecil berlangsung normal. Dengan begitu, otak si Kecil akan berkembang secara normal dan optimal. 

    Nah, kedua nutrisi baik ini bisa Ibu temukan pada makanan yang bisa disediakan untuk anak setiap harinya, seperti ikan salmon, ikan tuna, minyak kanola, minyak jagung, dan ikan kod. Selain itu, manfaat omega 3 dan omega 6 juga bisa si Kecil dapatkan dalam susu bubuk pertumbuhan yang dapat membantu melengkapi nutrisinya sehari-hari.

  • DHA dan AA

    Docosahexaenoic acid (DHA) merupakan salah satu senyawa asam lemak omega 3 yang berperan dalam perkembangan otak dan membuat otak berfungsi secara normal. DHA secara alami terkandung di dalam ASI dan berbagai jenis ikan. 

    Selain itu, DHA juga bisa Ibu temukan dalam susu bubuk pertumbuhan yang diperkaya oleh nutrisi tersebut. Sementara itu, Arachidonic Acid (AA) merupakan salah satu senyawa asam lemak omega 6 yang juga berperan dalam perkembangan otak si Kecil, guna membantu meningkatkan kecerdasannya.

  • Zat Besi

    Zat Besi termasuk ke dalam unsur penting dalam memproduksi dan mempengaruhi aktivitas saraf otak anak. Zat besi yang terdapat dalam kandungan susu berguna untuk membantu kerja enzim yang juga penting dalam perangsangan saraf si Kecil. Zat besi juga diyakini dapat merangsang pertumbuhan otak anak sehingga dapat meningkatkan kecerdasannya. 

  • Vitamin B

    Selanjutnya, ada kandungan Vitamin B pada susu yang sangat berguna untuk membantu perkembangan otak dan mengaktifkan fungsi otak serta meningkatkan memori di otak anak. 

    Sering kali anak mengalami penurunan memori di otaknya. Hal itu disebabkan oleh kekurang vitamin B. Jadi, kandungan vitamin B pada susu anak memiliki peran yang sangat penting untuk tumbuh kembang memori otak anak. Ibu-ibu harus cermat nih dalam memilih kandungan susu dan nutrisi makanan anak setiap harinya.

Selain nutrisi-nutrisi di atas, ada pula nutrisi penting lainnya yang dapat meningkatkan perkembangan otak si Kecil, di antaranya:

  • Sphingomyelin

    Sphingomyelin adalah komponen untuk membentuk selubung mielin yang menyelimuti sel saraf. Sphingomyelin berperan penting untuk mempercepat jalannya informasi dari satu sel saraf ke sel saraf lainnya. Oleh karena itu, sphingomyelin dibutuhkan untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi si Kecil.

  • Asam sialat
  • Asam sialat adalah komponen penting yang dibutuhkan untuk membangun memori dalam otak dan membantu sistem saraf pusat dapat berfungsi dengan normal. Asam sialat berperan penting dalam membantu meningkatkan daya ingat, kemampuan belajar, serta meningkatkan fungsi memori otak si Kecil dengan baik. 

  • Kolin
  • Kolin adalah nutrisi berupa senyawa yang larut dalam air dan lemak. Nutrisi organik ini berperan penting untuk meningkatkan kecerdasan otak, meningkatkan fungsi sistem saraf, dan menjaga kesehatan jantung. 

Semua nutrisi-nutrisi yang telah disebutkan di atas terkandung dalam susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+, sehingga susu ini dapat mendukung tumbuh kembang si Kecil lebih prima dan optimal. 

Bahkan, susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ mengandung DHA 4x lebih tinggi, asam lemak omega 3, asam lemak omega 6, minyak ikan, kolin, sphingomyelin, asam sialat, dan tirosin tertinggi dibandingkan susu bubuk pertumbuhan sejenis, sehingga dapat mendukung kreativitas si Kecil lebih baik. 

Tak hanya itu, susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ juga dapat mendukung daya tahan tubuh si Kecil karena di dalamnya mengandung 5 nutrisi penting lain, di antaranya zat besi, vitamin D3, zinc (seng), magnesium, dan vitamin C tertinggi yang dikombinasikan dengan kehebatan 9 Asam Amino Esensial (9AAE), serta diperkaya juga dengan serat inulin yang dapat mendukung kesehatan saluran cerna si Kecil.

Yang tak kalah penting, susu  Frisian Flag PRIMAGRO 1+ juga termasuk susu bubuk pertumbuhan yang mengandung rendah gula, sehingga rasanya tidak jauh berbeda dengan rasa ASI yang biasa si Kecil dapatkan sebelumnya. 

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memberi Susu Kepada Anak

Dalam mendukung pertumbuhan anak yang optimal, Ibu memberikan susu sebagai pelengkap nutrisi bagi anak. Ibu juga harus cermat dalam takaran pemberian susu pada anak yang sebaiknya disesuaikan dengan usia anak. Berikut ini takaran perkiraan pemberian susu pada anak sesuai usianya : 

  • Anak usia 2-3 tahun: Sekitar 480 ml atau 2 gelas susu per hari.
  • Anak usia 4-8 tahun: Sekitar 600 ml atau setara dengan 2-3 gelas per hari.
  • Anak usia 9 tahun ke atas: sekitar 720ml atau sekitar 3 gelas perhari.

Penelitian yang dilakukan oleh Prof. DR. dr. Damayanti Rusli Sjarif, SpA (K) pada anak balita membuktikan bahwa mengonsumsi susu bubuk pertumbuhan yang mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap dengan kadar di atas 300 ml sehari bisa mencegah terjadinya stunting sebesar 72%. Jadi, si Kecil dianjurkan untuk meminum susu sebanyak 2-3 gelas per hari agar mendukung potensinya lebih kreatif, tangguh, dan percaya diri.

Nah, demikianlah manfaat kandungan susu bubuk pertumbuhan yang sangat dibutuhkan untuk anak-anak Ibu. Seperti yang telah disebutkan, otak anak sedang berkembang untuk menyerap dan mempelajari semua hal baru yang si Kecil temui di sekitarnya. Di sinilah peran susu bubuk pertumbuhan sangat penting untuk menambah gizi harian si Kecil. Oleh karena itu, pastikan Ibu memilih susu pertumbuhan yang tepat, seperti susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ ya. 

Jika Ibu ingin mengetahui kondisi kesehatan dan status gizi si Kecil, sebaiknya konsultasi dengan dokter anak guna mendapatkan penanganan yang lebih tepat terkait tumbuh kembangnya. Selain itu, Ibu juga bisa memantau pertumbuhan dan perkembangan si Kecil menggunakan aplikasi Grafik Pertumbuhan di sini.

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz