Whatsapp Share Like Simpan

Perkembangan dan pertumbuhan anak balita memang harus benar-benar menjadi perhatian utama setiap orang tua. Salah satunya adalah dengan memperhatikan setiap asupan yang diberikan. Saat si Kecil menginjak usia 1 tahun, ia akan memerlukan lebih banyak nutrisi untuk tumbuh kembangnya. 

Sejak lahir anak sudah dianjurkan untuk mendapatkan asupan susu, dimulai dari ASI yang mengandung banyak nutrisi serta sumber untuk daya tahan tubuh, hingga tahap selanjutnya di usia 1-2 tahun anak mulai mengonsumsi jenis susu utuh atau whole milk. Kandungan susu utuh atau whole milk ini sangat dibutuhkan anak karena lemak dalam kandungan susu pertumbuhan ini untuk membantu perkembangan otaknya.

Manfaat Susu Bubuk untuk Pertumbuhan Anak

Pada masa pertumbuhan, anak wajib diberikan asupan makanan dengan gizi yang seimbang dan Ibu melengkapinya dengan pemberian susu yang disarankan oleh para ahli. Hal tersebut bertujuan untuk membantu proses tumbuh kembang anak yang optimal. Banyak penelitian juga yang mengatakan bahwa pemberian susu pada anak juga bermanfaat membantu pembentukan tulang untuk jangka panjang. Sebagai pelengkap nutrisi, pemberian susu pada anak sebaiknya  disesuaikan dengan usia anak, Ayah dan Ibu. Agar, nutrisi pada kandungan susu tersebut dapat tersalurkan dengan baik di tubuh sang buah hati.

Susu bubuk pertumbuhan memiliki banyak manfaat yang dibutuhkan oleh anak di masa emasnya. Selain baik untuk pertumbuhan tulang, ternyata susu ini juga sangat baik untuk perkembangan dan kecerdasan otak anak. Ibu pasti ingin si Kecil tumbuh menjadi anak yang cerdas, bukan? Meski kecerdasan anak juga dipengaruhi oleh faktor genetik dan stimulasi yang diberikan, tapi susu juga berperan penting dalam memenuhi nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan otaknya. Untuk itu jangan pernah ragu untuk memenuhi kebutuhan susu si Kecil untuk pelengkap gizinya sehari-hari.

Kandungan Susu Bubuk untuk Kecerdasan dan Pertumbuhan Anak

Sebelum memutuskan untuk memberikan susu bubuk pertumbuhan untuk si Kecil, sebaiknya Ayah dan Ibu memahami terlebih dahulu kandungan susu yang hendak Ibu beli. Susu bubuk pertumbuhan sangat dianjurkan karena mengandung nilai gizi yang lengkap untuk perkembangan si Kecil. Apa saja kandungan susu tersebut, Ibu? Berikut ini beberapa kandungan susu yang patut Ibu pahami manfaatnya untuk si Kecil: 

Artikel Sejenis

Laktosa

Susu balita terbaik mengandung salah satu nutrisi yang tidak tergantikan oleh asupan makanan lainnya, yaitu laktosa yang manfaatnya sangat baik untuk perkembangan otak anak. Zat ini merupakan pecahan dari karbohidrat yang juga terkandung pada ASI. Laktosa tersebut kemudian akan dipecah kembali menjadi galaktosa, yaitu komponen gula paling sederhana yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak. Dalam tubuh, zat tersebut kemudian diproses untuk membentuk glikolipid yang bermanfaat untuk membentuk sel-sel saraf otak dan saraf pusat lainnya.

Selain itu laktosa juga sangat bagus untuk menjaga saluran cerna agar tetap sehat sebagai salah satu kunci penting dalam meningkatkan pertumbuhan anak. Saluran cerna bahkan disebut sebagai ‘otak kedua’. Mengapa? Menurut seorang pakar dari Happy Tummy Council, DR. Dr. Ahmad Suryawan, SpA(K), ada sebuah konsep bernama Gut-Brain Axis. Konsep tersebut mengemukakan bahwa otak dan saluran cerna secara aktif melakukan komunikasi dua arah. Saluran cerna yang sehat akan mengirimkan sinyal positif yang dapat mempengaruhi perkembangan otak. Sinyal yang dikirimkan otak kemudian akan berdampak pada komposisi mikrobiota di dalam saluran cerna yang mempengaruhi proses penyerapan nutrisi dalam tubuh. Itulah mengapa kesehatan saluran cerna berkaitan erat dengan tingkat kecerdasan otak seorang anak.

Terakhir, laktosa juga berperan dalam memaksimalkan pertumbuhan tulang dan gigi anak karena zat ini membantu penyerapan kalsium dan fosfor. Dengan begitu anak bisa tumbuh lebih tinggi dan memiliki tulang yang kuat sehingga tidak rentan terkena osteoporosis.

Zat Besi

Zat Besi termasuk ke dalam unsur penting dalam memproduksi dan mempengaruhi aktivitas saraf otak anak. Zat besi di kandungan susu berguna untuk membantu kerja enzim yang juga penting dalam perangsangan saraf anak. Memang secara penelitian, zat besi pada otak anak ditemukan secara tidak merata, hal tersebut karena zat besi disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing bagian otak tersebut. Bahayanya kekurangan zat besi pada anak adalah menyebabkan rendahnya kecerdasan otak anak. Jadi, zat besi sangat berpengaruh pada kecerdasan otak anak-anak, ibu. 

Zat besi juga diyakini dapat merangsang pertumbuhan otak anak sehingga dapat meningkatkan kecerdasannya. Dalam 100 gr susu mengandung 143 mg kalsium, 3,2 gr protein, dan 61 Kkal yang ketiganya sangat dibutuhkan untuk perkembangan si Kecil. Sebuah studi juga telah membuktikan bahwa seorang anak yang minum susu setiap hari terlihat lebih cerdas dibandingkan dengan anak yang tidak minum susu setiap hari. Untuk anak berusia 1-3 tahun sebaiknya minum susu 3 kali sehari, sedangkan usia 4-6 tahun cukup 2 kali sehari.

AHA dan DHA

AHA atau AA merupakan singkatan dari Arachidonic Acid  sedangkan DHA adalah kepanjangan dari Docosahexaenoic Acid. Zat gizi AHA dan DHA ini termasuk ke dalam golongan long chain polyunsaturated fatty acid (LC PUFA), yaitu golongan asam lemak esensial, yang di mana asam lemak tersebut tidak bisa dibentuk oleh tubuh, harus di dapat dari luar. Oleh karena itu, AHA dan DHA bisa didapatkan pada makan-makanan yang mengandung zat tersebut, seperti ikan tuna, salmon, makarel, sarden, daging, dan telur. 

Selain dari makanan tersebut, AHA dan DHA juga bisa didapatkan pada susu pertumbuhan, sebagai gizi pelengkap dan penyeimbang. Kedua zat gizi tersebut berguna untuk meningkatkan kecerdasan otak pada anak, pembentukan sistem imun, jaringan visual atau penglihatan, serta membentuk jaringan saraf pada anak. Bila keduanya tercukupi, anak tidak hanya lebih cerdas secara akademik dan kreativitas, tapi anak juga lebih kebal terhadap penyakit dan kesehatan matanya bisa lebih optimal.

Selain kandungan AHA dan DHA, terdapat kandungan lain yang memiliki fungsi yang sama dengan AHA dan DHA, yaitu ALA (Alpha Linolenic Acid) dan LA (Linoleic Acid). Keduanya merupakan bahan pembentukan DHA dan AHA. Jadi, kedua zat pembentukan tersebut merupakan zat asam lemak yang juga sangat baik untuk meningkatkan perkembangan otak dan kesehatan mental anak. Jadi, Ayah dan Ibu sudah tahu nih harus memilih susu pertumbuhan untuk si Kecil yang mengandung zat gizi tersebut, agar pertumbuhan buah hati Ayah dan Ibu bisa optimal sesuai dengan usianya.

Protein (Kasein dan Whey)

Selain telur, susu menjadi salah satu sumber protein berkualitas tinggi yang baik untuk kesehatan dan pertumbuhan anak. Jenis protein pada kandungan susu adalah protein kasein dan whey. Protein kasein berguna dalam meningkatkan penyerapan mineral pada tubuh, misalnya zat kalsium dan fosfor. Sedangkan protein whey zat gizi terbaik yang berguna untuk pertumbuhan dan pemeliharaan otot pada anak. 

Pada umumnya terdapat 3,2 gram kandungan protein dalam susu. Rasio dari protein Whey dan Kasein dalam susu bergantung pada jenis susunya. Dasarnya, jumlah rasio tersebut berkaitan dengan proses masa cernanya. Susu yang mengandung protein Whey lebih banyak akan lebih mudah dicerna oleh buah hati Ibu dan Ayah. Sedangkan jumlah protein Kasein yang lebih besar akan membuat proses cerna susu agak lebih lama. Namun, keduanya sama-sama penting untuk pertumbuhan si Kecil.

Asam Amino

Kandungan susu selanjutnya yang membantu perkembangan kecerdasan otak adalah Asam Amino. Zat gizi baik yang berguna membentuk struktur otak dan zat penghantar rangsangan (zat neurotransmitter) ini terdapat pada kebaikan asam amino. Selain itu, asam amino juga berperan untuk mengatur pembentukan senyawa serotonin yang terlibat dalam sistem saraf otak yang penting untuk daya ingat anak. 

Selain berada di dalam kandungan susu pertumbuhan, Asam amino juga bisa didapatkan dari sumber makanan seperti protein hewani, misalnya daging sapi, daging ayam, telur, dan produk susu. Kacang-kacangan juga sumber makanan yang menghasilkan asam amino lho. Jadi, Ibu-ibu gak harus bingung lagi memilih susu yang baik untuk si Kecil. Kandungan asam amino pada susu turut mendukung perkembangan dan kecerdasan otak anak, jadi Ibu-ibu harus cermat dalam memilih kandungan susu untuk dikonsumsi anak setiap hari.

Lemak Susu

Ayah dan Ibu, jangan khawatir dengan kandungan lemak yang terdapat pada susu pertumbuhan. Karena kandungan lemak susu pertumbuhan ini tidak akan menimbulkan resiko obesitas pada anak. Lemak yang terdapat pada kandungan susu ini merupakan lemak sehat yang memiliki gizi tinggi untuk pertumbuhan anak. Bahkan lemak susu bisa menurunkan resiko obesitas yang secara tidak langsung juga menurunkan resiko penyakit jantung. Bentuk lemak pada susu adalah cair sehingga mudah dicerna. Jumlah lemak pada kandungan susu ini ada sekitar 3,5 gram. Jumlah tersebut sedikit lebih banyak dari kandungan proteinnya.

Jadi, Ayah dan Ibu gak perlu khawatir dengan lemak yang terdapat pada kandungan susu pertumbuhan buah hati Anda. Lemak susu bisa dibilang sebagai salah satu lemak alami yang paling kompleks. Walaupun begitu manfaat dari lemak susu ini dapat membantu dan menunjang pertumbuhan si Kecil lebih optimal tanpa meningkatkan risiko obesitas pada anak.

Seng atau Zinc

Kandung susu yang terdapat zat seng atau zinc ini dibutuhkan untuk pembelahan dan kemampuan membrane sel-sel otak pada anak. Walaupun unsur zinc atau seng di dalam tubuh berjumlah kecil, tetapi jumlah tersebut sangat dibutuhkan otak. Zat zinc ini membentuk ratusan jenis enzim untuk tubuh dan pemberi vitalitas. Selain itu, Zinc juga berperan dalam proses penyatuan protein dan nucleic acid, sehingga sangat berpengaruh langsung terhadap pembelahan sel, pertumbuhan, dan regenerasi sel otak anak. 

Oleh karena itu, Zinc sangat berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan kecerdasan otak anak. Jika anak kekurangan zat seng ini, kemungkinan yang akan terjadi anak akan mengalami gangguan pertumbuhan kecerdasan otak. Jadi, ibu-ibu harus memanfaatkan zat zinc dalam kandungan susu bubuk pertumbuhan anak, agar kecerdasan anak bisa optimal dalam perkembangannya.

Vitamin B

Selanjutnya, ada kandungan Vitamin B pada susu yang sangat berguna untuk membantu perkembangan otak dan mengaktifkan fungsi otak serta meningkatkan memori di otak anak. Sering kali anak mengalami penurunan memori di otaknya. Hal itu disebabkan oleh kekurang vitamin B. Jadi, kandung vitamin B pada susu anak memiliki peran yang sangat penting untuk tumbuh kembang memori otak anak. Ibu-ibu harus cermat nih dalam memilih kandungan susu dan nutrisi makanan anak setiap harinya.

Selain kekurang vitamin B yang menyebabkan menurunnya memori anak, ada juga vitamin B-12 yang ibu-ibu juga harus menjaganya tetap ada di tubuh si Kecil. Kekurangan vitamin B12 ini sering kali dikaitkan dengan kerusakan saraf otak, kehilangan memori, perubahan suasana hati, dan kelambatan mental. Jadi, selain vitamin B ibu-ibu juga harus memperhatikan asupan vitamin B12 ini. Vitamin B12 ini banyak dijumpai dalam daging, seperti daging sapi, kambing, ikan, dan domba. 

Ada lagi nih, vitamin B6 yang juga tidak boleh luput pada kandungan susu pertumbuhan. B6 ini berguna untuk meningkatkan konsentrasi anak dan menjaga memori jangka pendek si Kecil. Jika buah hati Anda kekurangan B6 ini, gejala yang dialami adalah anak mudah depresi dan cemas. Jadi, vitamin B,B12,dan B6 harus ada di dalam kandungan susu pertumbuhan anak Anda. Cermat dalam memilih susu agar manfaatnya lebih optimal untuk perkembangan dan kecerdasan otak anak.

Omega 3 dan Omega 6

Omega 3 dan Omega 6 ternyata memiliki peran penting dalam perkembangan otak anak lho, Ibu. Kedua zat gizi baik tersebut berfungsi sebagai anti-inflamasi atau anti penggumpalan darah yang penting bagi kelancaran aliran darah dan fungsi sendi. Sejak masih di dalam kandungan, buah hati Ibu membutuhkan asupan kedua nutrisi tersebut. Oleh karena itu, saat masa pertumbuhannya si Kecil juga membutuhkan nutrisi omega 3 dan omega 6 pada susu pertumbuhannya.

Terpenuhinya kebutuhan omega 3 dan 6 ini akan membuat pembentukan dinding sel neuron di otak anak berlangsung normal. Dengan begitu, otak anak akan berkembang secara normal dan optimal. Kecukupan pada zat gizi omega 3 dan omega 6 ini bervariasi menurut ukuran tubuh, usia, dan aktivitas si Kecil. Artinya, semakin banyak energy yang dikeluarkan si kecil, kebutuhan omega 3&6 ini juga meningkat. 

Nah, kedua nutrisi baik ini bisa Ibu temukan pada makanan yang bisa disediakan untuk anak setiap harinya, seperti ikan salmon, ikan tuna, minyak kanola, minyak jagung, dan ikan kod. Selain itu, Ibu juga memberikan nutrisi omega 3&6 kepada si Kecil melalui susu pertumbuhan, yang membantu dalam melengkapi nutrisi anak sehari-hari.

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Memberi Susu Kepada Anak

Dalam mendukung pertumbuhan anak yang optimal, Ibu memberikan susu sebagai pelengkap nutrisi bagi anak. Ibu juga harus cermat dalam takaran pemberian susu pada anak yang sebaiknya disesuaikan dengan usia anak. Berikut ini takaran perkiraan pemberian susu pada anak sesuai usianya : 

  • Anak usia 2-3 tahun: Sekitar 480 ml atau 2 gelas susu per hari
  • Anak usia 4-8 tahun: Sekitar 600 ml atau setara dengan 2-3 gelas per hari
  • Anak usia 9 tahun ke atas : sekitar 720ml atau sekitar 3 gelas perhari.

Selain kandungan susu dan usia anak dalam pemberian susu, ada beberapa hal lain yang Ibu harus cermati dalam menyediakan susu kepada anak. Jenis-jenis susu yang di jual pasaran juga harus Ibu perhatikan baik-baik. Ada berbagai jenis susu di pasaran berdasarkan proses produksinya. Contohnya susu UHT (Ultra High Temperature). Dalam memilih susu UHT ini, Ibu harus perhatikan tanggal kadaluarsa susu UHT tersebut. Pilihlah tanggal kadaluarsa yang masih jauh, agar risiko susu mengalami kontaminasi dapat dihindari. Selain itu, dalam susu kemasan tersebut Ibu juga harus memperhatikan kandungan susu kemasan tersebut. Agar nutrisi pada susu bisa sesuai dengan kebutuhan pertumbuhan si Kecil.

Nah, demikianlah manfaat kandungan susu pertumbuhan yang sangat dibutuhkan untuk anak-anak Ibu. Menginjak usia 1 tahun, si Kecil akan memasuki masa sosialisasi dan imajinasi yang membutuhkan banyak nutrisi untuk mendukung semua aktivitasnya. Otak anak terus bekerja untuk mempelajari semua hal baru yang ia temui di sekitarnya. Di sinilah peran susu bubuk pertumbuhan sangat dibutuhkan sebagai asupan tambahan selain makanan yang ia konsumsi. Jangan salah memilih susu ya, Bu! Ibu bisa memberikan Frisian Flag 123 yang mengandung semua nutrisi yang diperlukan untuk perkembangan dan kecerdasan otak si Kecil.

Jika Ibu masih ingin berkonsultasi seputar kesehatan anak, Ibu bisa menggunakan fitur Tanya Pakar di mana Ibu bisa bertanya langsung oleh pakar-nya mengenai si Kecil. Namun jangan lupa untuk registrasi terlebih dahulu ya, Bu.