Whatsapp Share Like
Simpan

Saat si Kecil menginjak usia 1 tahun, ia akan memerlukan lebih banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangannya. Kandungan nutrisi yang terdapat pada ASI juga sudah mulai berkurang, sehingga ia harus mendapatkannya dari sumber makanan lainnya. Anak akan membutuhkan asupan karbohidrat, protein, vitamin, zat besi, kalsium, dan mineral yang merupakan nutrisi wajib yang harus ada dalam menu makanannya sehari-hari. Di samping itu anak di atas usia 1 tahun juga memerlukan tambahan susu bubuk pertumbuhan.

Susu bubuk pertumbuhan memiliki banyak manfaat yang dibutuhkan oleh anak di masa emasnya. Selain baik untuk pertumbuhan tulang, ternyata susu ini juga sangat baik untuk perkembangan dan kecerdasan otak anak. Ibu pasti ingin si Kecil tumbuh menjadi anak yang cerdas, bukan? Meski kecerdasan anak juga dipengaruhi oleh faktor genetik dan stimulasi yang diberikan, tapi susu juga berperan dalam memenuhi nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan otaknya. Untuk itu jangan pernah ragu untuk memberikan susu kepada buah hati setiap hari ya, Bu!

Kandungan Dalam Susu Bubuk Pertumbuhan untuk Otak Anak

● Laktosa

Susu balita terbaik mengandung salah satu nutrisi yang tidak tergantikan oleh asupan makanan lainnya, yaitu laktosa yang manfaatnya sangat baik untuk perkembangan otak anak. Zat ini merupakan pecahan dari karbohidrat yang juga terkandung pada ASI. Laktosa tersebut kemudian akan dipecah kembali menjadi galaktosa, yaitu komponen gula paling sederhana yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak. Dalam tubuh, zat tersebut kemudian diproses untuk membentuk galaktolipid yang bermanfaat untuk membentuk sel-sel saraf otak dan saraf pusat lainnya.

Selain itu laktosa juga sangat bagus untuk menjaga saluran cerna agar tetap sehat sebagai salah satu kunci penting dalam meningkatkan pertumbuhan si Kecil. Saluran cerna bahkan disebut sebagai ‘otak kedua’. Mengapa? Menurut seorang pakar dari Happy Tummy Council, DR. Dr. Ahmad Suryawan, SpA(K), ada sebuah konsep bernama Gut-Brain Axis. Konsep tersebut mengemukakan bahwa otak dan saluran cerna secara aktif melakukan komunikasi dua arah. Saluran cerna yang sehat akan mengirimkan sinyal positif yang dapat mempengaruhi perkembangan otak. Sinyal yang dikirimkan otak kemudian akan berdampak pada komposisi mikrobiota di dalam saluran cerna yang mempengaruhi proses penyerapan nutrisi dalam tubuh. Itulah mengapa kesehatan saluran cerna berkaitan erat dengan tingkat kecerdasan otak seorang anak.

Terakhir, laktosa juga berperan dalam memaksimalkan pertumbuhan tulang dan gigi anak karena zat ini membantu penyerapan kalsium dan fosfor. Dengan begitu anak bisa tumbuh lebih tinggi dan memiliki tulang yang kuat sehingga tidak rentan terkena osteoporosis.

● Zat Besi

Zat besi yang terkandung dalam susu bubuk pertumbuhan ternyata tidak hanya baik untuk pertumbuhan tulang anak lho, Bu. Zat besi juga diyakini dapat merangsang pertumbuhan otak anak sehingga dapat meningkatkan kecerdasannya. Dalam 100 gr susu mengandung 143 mg kalsium, 3,2 gr protein, dan 61 Kkal yang ketiganya sangat dibutuhkan untuk perkembangan si Kecil. Sebuah studi juga telah membuktikan bahwa seorang anak yang minum susu setiap hari terlihat lebih cerdas dibandingkan dengan anak yang tidak minum susu setiap hari. Untuk anak berusia 1-3 tahun sebaiknya minum susu 3 kali sehari, sedangkan usia 4-6 tahun cukup 2 kali sehari.

● AHA dan DHA

Kandungan lainnya yang berperan dalam kecerdasan otak anak adalah AHA (Arachidonic Acid) dan DHA (Docosehaxaenoic Acid) yang merupakan asam lemak tak jenuh dalam rantai panjang. Keduanya sangat dibutuhkan dalam pembentukan otak, pembentukan sistem imun, jaringan penglihatan, serta jaringan saraf pada anak. Bila keduanya tercukupi, anak tidak hanya lebih cerdas, tapi juga lebih kebal terhadap penyakit dan memiliki penglihatan yang sehat.

● ALA dan LA

ALA (Alpha Linoleid Acid) merupakan bahan pembentuk DHA sedangkan LA (Linoleid Acid) merupakan bahan pembentuk AHA. Keduanya merupakan zat asam lemak yang sangat baik untuk meningkatkan perkembangan otak dan kesehatan mental anak.

● Protein, Kolin, dan Lemak Esensial Omega 3 dan Omega 6

Keempat zat tersebut merupakan kandungan lain dengan cara kerja yang langsung menyasar pada sel saraf pusat yang akan meningkatkan kemampuan berpikir dan daya ingat anak. Otak si Kecil pun bisa menangkap dan mengingat hal-hal baru yang dilihatnya dengan lebih mudah. 

Menginjak usia 1 tahun, si Kecil akan memasuki masa sosialisasi dan imajinasi yang membutuhkan banyak nutrisi untuk mendukung semua aktivitasnya. Otak anak terus bekerja untuk mempelajari semua hal baru yang ia temui di sekitarnya. Di sinilah peran susu bubuk pertumbuhan sangat dibutuhkan sebagai asupan tambahan selain makanan yang ia konsumsi. Jangan salah memilih susu ya, Bu! Ibu bisa memberikan Frisian Flag 123 yang mengandung semua nutrisi yang diperlukan untuk perkembangan dan kecerdasan otak si Kecil.

Baca juga: kandungan nutrisi dalam susu yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak