Whatsapp Share Like
Simpan

Setiap orang tua pasti menginginkan buah hatinya pintar dan cerdas. Tak terkecuali Ibu, bukan? Agar menjadi pintar, anak memang harus belajar. Namun itu saja tidak cukup, Bu. Asupan nutrisi otak anak lah yang harus lebih diperhatikan, karena otak juga membutuhkan ‘makanan’ agar dapat berkembang lebih optimal.

Nutrisi otak ini akan lebih baik jika diberikan sejak anak masih bayi, yaitu sejak mulai memasuki masa MPASI. Tahukah Ibu apa saja nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan otak anak? Berikut jawaban selengkapnya untuk Ibu:

Telur

Merupakan bahan makanan yang mudah dan murah, tapi telur adalah salah satu sumber nutrisi otak anak. Selain sebagai sumber protein, di dalam kuning telur terkandung kolin yang berfungsi dalam meningkatkan perkembangan otak. Tak sampai situ saja, telur juga mengandung karbohidrat, lemak, vitamin A, vitamin B, kalsium, juga fosfor. Jadi sudah sangat jelas bahwa telur baik sekali untuk rutin dikonsumsi agar bayi mendapatkan seluruh manfaat dari nutrisi yang dikandungnya.

Susu dan Yogurt

Susu dan yogurt merupakan sumber protein, vitamin B, dan vitamin D yang berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan jaringan otak, enzim, dan neurotransmitter. Vitamin D tersebut berperan dalam menjaga siklus hidup sel, fungsi saraf, dan otot.

Susu dapat Ibu berikan sebagai pelengkap nutrisi bayi saat masa MPASI, terlebih saat ia susah makan. Sementara yogurt adalah pilihan makanan selingan yang baik di antara waktu makannya.

Artikel Sejenis

Ikan

Berbeda dari sumber protein lainnya, ikan mengandung asam lemak yang bermanfaat yang bernama omega 3. Fungsi dari omega 3 ini sudah dikenal sangat baik untuk perkembangan otak. Dengan gemar menyantap ikan yang mengandung omega 3, bayi akan lebih cepat belajar hal baru, menangkap ilmu yang diajarkan Ibu, memiliki pikiran yang tajam, dan lebih mudah mengingat. Untuk itu sangatlah penting untuk menambahkan ikan ke dalam menu MPASI bayi sesering mungkin, Bu. Beberapa ikan yang mengandung omega 3 antara lain salmon, makerel, tuna, sarden, dan lele.

Daging Sapi Tanpa Lemak

Untuk pilihan protein lainnya, ada daging sapi tanpa lemak yang kaya nutrisi. Tak hanya kaya protein, daging sapi juga merupakan sumber zat besi yang berkhasiat memberikan energi dan menjaga konsentrasi bayi. Kandungan lainnya yaitu zinc mampu memelihara daya ingat bayi, sehingga ia akan lebih cepat menyerap hal-hal yang ia pelajari.

Kacang Hijau

Tak sekedar enak, kacang hijau ternyata juga sangat direkomendasikan sebagai menu MPASI bayi, sebab kandungan nutrisinya sangat lengkap. Tak cuma tinggi protein dan karbohidrat kompleks, jenis kacang-kacangan ini juga mengandung banyak zat penting lainnya untuk tubuh dan perkembangan otak bayi. Diantara kandungan adalah vitamin C, zat besi, asam folat, potasium, tembaga, magnesium, mangan, thiamin, fosfor, dan zinc.

Oat

Untuk MPASI bayi, Ibu juga bisa memberikan karbohidrat berupa sereal yang mengandung oat. Oat termasuk ke dalam nutrisi otak anak karena merupakan jenis karbohidrat kompleks yang diserap secara bertahap oleh tubuh dan otak anak. Selain itu oat juga kaya vitamin B, vitamin E, zinc, dan potasium yang ampuh dalam mengoptimalkan kinerja tubuh dan otak bayi.

Sayuran

Tak dapat dipungkiri bahwa sayuran memiliki manfaat yang banyak bagi tubuh, termasuk dalam mengembangkan kemampuan otak. Beberapa sayuran, terutama yang berwarna jingga dan hijau, adalah sumber makanan yang mengandung antioksidan tinggi.

Sayuran seperti bayam, wortel, labu, dan tomat dipercaya ampuh dalam menjaga kekuatan dan kesehatan membran sel. Beberapa dari sayuran tersebut bahkan mengandung zat yang dapat mencegah timbulnya sel-sel kanker, seperti wortel dan tomat.

Selai Kacang

Siapa sangka bahwa selai kacang juga merupakan nutrisi otak anak. Ini benar, Bu, karena kacang mengandung vitamin E yang tinggi serta antioksidan yang mampu melindungi membran sel-sel otak dari radikal bebas.

Ada banyak jenis kacang-kacangan yang tersedia, tapi kacang almond dan macademia adalah jenis yang paling banyak mengandung vitamin E dan antioksidan. Selain itu Ibu juga harus lebih selektif dalam memilih selai kacang yang banyak dijual di pasaran. Sebaiknya pilih selai kacang mengandung natrium (garam) dan gula yang rendah agar tidak berdampak buruk pada kesehatan bayi.

Buah Beri

Buah beri seperti blackberry, stroberi, dan blueberry dikenal mengandung zat antioksidan berupa vitamin C yang ampuh dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh. Ternyata, menurut sebuah studi buah beri juga baik dalam meningkatkan daya ingat bayi.

Demikianlah daftar nutrisi otak anak yang dapat Ibu berikan ke dalam menu MPASI bayi setiap hari. Dengan rutin mengonsumsi sembilan sumber makanan di atas akan meningkatkan perkembangan otaknya, sehingga ia akan tumbuh menjadi anak yang pintar, cerdas, dan berprestasi.

Butuh berkonsultasi seputar anak, Bu? Ibu bisa konsultasikan di fitur Tanya Pakar. Di sana Ibu dapat bertanya apapun tentang anak dan akan dijawab langsung oleh ahlinya. Namun jangan lupa untuk registrasi terlebih dulu ya, Bu, agar bisa mengakses fitur tersebut.

Sumber:
Lifestyle.kompas.com