Share Like
Simpan

Tidak terasa Bu, si Kecil sudah memasuki usia untuk mengikuti puasa. Meski si Kecil baru berpuasa beberapa jam, Ibu tetap harus memerhatikan kondisi kesehatannya. Puasa untuk anak adalah hal baru, jadi usahakan tidak mengganggu kesehatannya, ya. Oleh sebab itu, kenali kondisi fisik yang mengharuskan si Kecil membatalkan puasanya. Yuk, disimak, Bu!

1. Dehidrasi

Apakah si Kecil sering mengeluh sakit pada bagian kepala dan perutnya? Bisa jadi si Kecil mengalami dehidrasi, Bu! Ini tidak bisa dianggap remeh karena dehidrasi dapat meningkatkan risiko kerusakan otot dan masalah batu ginjal. Oleh sebab itu, Ibu perlu mengetahui tanda-tanda tubuh kekurangan cairan seperti pusing, sembelit, sering merasa lelah, warna urine lebih pekat, dan demam. Jika si Kecil mengalami gejala yang sama, ada baiknya Ibu membatalkan puasa si Kecil dan konsultasikan hal ini ke dokter, ya.

2. Metabolisme Menurun

Bu, selama berpuasa, kadar kalori pada tubuh si Kecil akan berkurang, sehingga menyebabkan sistem metabolismenya ikut menurun. Umumnya, kerja metabolisme yang lambat ditandai dengan munculnya keringat dingin saat malam hari. Si Kecil di rumah dulu sempat mengalaminya. Khawatir akan kesehatannya, saya coba memeriksakan hal ini ke dokter. Dokter pun menyarankan si Kecil untuk berhenti berpuasa selama beberapa hari. Menurut dokter, jika metabolisme dibiarkan melambat, ini dapat mengganggu kesehatan balita. Alhasil, si Kecil akan mudah sakit, Bu.

3. Nyeri Lambung Hingga Muntah

Jika si Kecil merasa nyeri pada bagian lambung, sebaiknya segera batalkan puasanya ya, Bu. Dari hasil konsultasi saya kepada dokter, nyeri lambung muncul akibat tubuh telah terbiasa dengan pola makan sebelumnya. Itu sebabnya, jika pola makan si Kecil berubah, lambung akan mengeluarkan zat asam yang menyebabkan rasa nyeri pada bagian perut. Masalah kesehatan ini sebaiknya segera diatasi karena nyeri lambung dapat mengakibatkan kondisi yang lebih serius.

 

Itulah tiga kondisi puasa untuk anak yang perlu  Ibu diperhatikan. Agar kesehatan si Kecil tetap terjaga, lengkapi kebutuhan nutrisinya dengan mengonsumsi Frisian Flag Karya, ya. Kandungan nutrisi lengkap dan rasa nikmat, sekaligus membantu memenuhi kebutuhan Protein, Karbohidrat, Lemak, Kalsium, serta Vitamin D, A, C & E meski sedang berpuasa. Semoga puasa Ibu dan si Kecil dapat berjalan lancar!