Share Like
Simpan

Nyeri punggung, mudah lelah, atau bahkan sulit tidur? Hal-hal seperti ini di trimester akhir kehamilan sedikit banyak cukup mengganggu aktivitas sehari-hari, ya.

Sama seperti saya dulu, Bu. Memasuki trimester ketiga, gangguan-gangguan tadi bisa dibilang hampir setiap hari saya keluhkan kepada suami maupun keluarga. Maklum, namanya juga pengalaman pertama, Bu. Nah, selain ketiga hal tadi, masih ada juga beberapa keluhan yang sempat saya alami, lho. Ingin tahu lebih lengkap? Yuk, kita baca bersama.

  • Konstipasi atau sembelit.

Pencernaan yang kurang lancar bisa dialami oleh Ibu di masa-masa kehamilan. Namun, gangguan ini bisa terasa semakin mengganggu di trimester akhir karena adanya tekanan dari tubuh si Kecil yang sudah semakin besar. Selain itu, tingginya kandungan Zat Besi pada tubuh juga dapat memicu timbulnya sembelit.

Agar pencernaan Ibu tetap lancar menjelang proses melahirkan, rutinlah mengonsumsi makanan kaya akan serat seperti buah-buahan, sayur, atau serealia yang diiringi dengan banyak meminum air putih ya, Bu.

  • Payudara masih bertumbuh.

Mendekati waktu persalinan, jaringan payudara Ibu akan bertumbuh sebagai persiapan untuk menyusui. Itulah sebabnya, payudara akan terasa lebih berat dan besar. Selain itu, puting Ibu akan mulai mengeluarkan colostrum atau cairan berwarna kekuningan yang merupakan tahap awal dari  produksi ASI.

  • Kontraksi palsu (Braxton Hicks).

Memasuki detik-detik menjelang persalinan, Ibu akan mengalami kontraksi yang terasa lebih kuat dengan frekuensi lebih sering. Biasanya, kontraksi palsu ini bisa datang sewaktu-waktu namun tidak begitu kuat. Hal ini bisa terjadi karena rahim dalam kondisi mengencang kemudian mengendur kembali. Banyak pendapat yang mengatakan bahwa kontraksi palsu ini merupakan “pemanasan” sebelum kontraksi yang lebih berat.

  • Berat badan semakin bertambah.

Seperti yang kita ketahui, salah satu hal yang terjadi saat Ibu hamil adalah kenaikan berat badan. Biasanya Ibu akan mengalami kenaikan berat badan sebanyak 11-16 kg hingga hari kelahiran tiba. Apalagi, memasuki trimester ketiga, si Kecil pun akan mengalami penambahan berat badan. Selain itu, cairan dan juga darah pada tubuh Ibu akan ikut bertambah seiring dengan membesarnya ukuran rahim.

  • Nyeri di bagian punggung, tulang panggul, dan pinggul.

Saat si Kecil bertumbuh besar di dalam kandungan, tekanan pada tubuh Ibu akan bertambah terutama pada bagian punggung. Begitu juga dengan bagian pinggul serta tulang panggul yang juga menyesuaikan tubuh sebagai persiapan kelahiran. Agar rasa nyeri ini bisa berkurang, cobalah untuk berolahraga dan mencari posisi tidur yang lebih nyaman ya, Bu.

  • Perut terasa panas.

Rasa mual yang dialami pada masa kehamilan tentu akan terasa cukup mengganggu. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya jumlah hormon yang menyebabkan proses pencernaan jadi melamban sehingga meningkatkan rasa panas di perut yang terjadi cukup sering. Agar rasa tidak nyaman ini bisa sedikit berkurang, Ibu disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan porsi lebih kecil dan frekuensi lebih sering dalam sehari.

  • Sulit tidur.

Seiring dengan perubahan tubuh yang Ibu alami, rasa kurang nyaman juga akan turut menyertai hari-hari di trimester ketiga dan menyebabkan Ibu jadi sulit tidur. Selain itu, rasa ingin buang air kecil juga semakin meningkat sehingga Ibu akan lebih sering pergi ke kamar mandi pada malam hari.

Adakah dari Ibu yang mengalami keluhan di atas? Nah, untuk mengurangi gangguan di masa kehamilan ini, pastikan Ibu selalu memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari, salah satunya dengan rutin meminum susu untuk Ibu Hamil. Kalau saya, sejak dulu selalu memilih susu Frisian Flag Mama. Ini karena Frisian Flag Mama dilengkapi dengan vitamin B6 untuk mengurangi rasa mual, serta Serat Inulin yang ikut menjaga kesehatan saluran cerna kita. Selain itu, ada 28 vitamin dan nutrisi penting lainnya yang diformulasikan untuk mendukung proses tumbuh kembang janin. Lengkap, bukan? Semoga tips saya ini membantu, ya. Selamat menanti kehadiran si Kecil!