Share Like
Simpan

Ibu tentu sudah tahu bahwa Karbohidrat adalah salah satu nutrisi penting untuk mewujudkan gizi seimbang pada balita. Nutrisi ini berperan penting dalam memberikan energi pada si Kecil saat ia beraktivitas. Namun setelah membaca artikel di sebuah majalah kesehatan anak, ternyata tidak semua kandungan Karbohidrat itu baik untuk si Kecil lho, Bu. Ada juga Karbohidrat yang termasuk dalam kategori ‘jahat’. Agar Ibu bisa memberikan asupan nutrisi yang tepat untuk si Kecil, kenali dulu dua jenis Karbohidrat yang biasa terkandung dalam makanan berikut ini, yuk!

Karbohidrat Sederhana dan Karbohidrat Kompleks

Secara umum, Karbohidrat bisa dibagi menjadi Karbohidrat sederhana dan kompleks. Yang termasuk dalam Karbohidrat sederhana adalah Fruktosa, Glukosa dan Laktosa yang mudah dicerna, sehingga bisa membuat kadar gula darah naik lebih cepat dan memberikan energi pada tubuh. Karbohidrat sederhana sebenarnya baik untuk memberikan energi pada si Kecil. Namun jika dikonsumsi terlalu banyak, kandungan tersebut malah dapat membuat ia berisiko mengalami diabetes. Jenis Karbohidrat ini biasa terkandung dalam buah-buahan, tepung terigu, dan nasi putih.

Sementara itu, Karbohidrat kompleks adalah tipe Karbohidrat yang perlu dicerna oleh tubuh secara perlahan, sehingga tidak dapat menyebabkan gula darah meningkat secara cepat. Jenis Karbohidrat yang satu ini bisa ditemukan pada jagung, gandum, serta nasi merah.

Walaupun kedua jenis Karbohidrat ini dibutuhkan oleh tubuh si Kecil, Ibu tetap harus mengendalikannya agar tidak berlebihan untuk mencegah terjadinya penyakit seperti diabetes dan obesitas. Selain itu, sebaiknya hindari memberikan asupan Karbohidrat dari makanan dan minuman yang mengandung gula buatan ya, Bu. Sebab, jenis makanan tersebut memiliki kadar gula yang cenderung lebih tinggi dan tidak alami, sehingga si Kecil semakin berisiko terkena berbagai penyakit seperti yang sudah disebutkan di atas.

Karbohidrat Jahat dan Karbohidrat Baik

Lalu, apa yang membedakan Karbohidrat baik dan jahat ya, Bu? Karbohidrat jahat adalah Karbohidrat sederhana yang cenderung tinggi akan gula, namun tidak memiliki kandungan nutrisi lain. Contoh makanan dan minuman dengan Karbohidrat jahat di antaranya adalah permen, minuman bersoda, serta jus dan teh dalam kemasan.

Jenis makanan dan minuman tersebut biasanya terasa lezat namun tidak mengenyangkan. Inilah alasannya kenapa banyak orang termasuk si Kecil tertarik untuk mengonsumsinya lebih banyak. Padahal, hal tersebut dapat berakibat pada peningkatan gula darah yang dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti diabetes, obesitas, dan kerusakan gigi. Tidak heran jika Karbohidrat jenis ini disebut sebagai Karbohidrat jahat.

Meskipun begitu, ada juga lho makanan dengan Karbohidrat sederhana yang baik untuk si Kecil. Contohnya adalah buah apel dan pisang yang kaya akan kandungan Vitamin. Sebagai alternatif pengganti nasi putih dan roti putih yang tinggi kandungan Karbohidrat sederhana, Ibu bisa menggantinya dengan nasi merah dan roti gandum yang tidak hanya rendah gula, tapi juga kaya akan kandungan serat.

Sementara itu, secara umum, semua makanan yang mengandung Karbohidrat kompleks termasuk Karbohidrat baik. Sebut saja roti gandum, nasi cokelat, oatmeal, jagung, dan sereal. Kenapa? Alasannya adalah karena Karbohidrat jenis ini membutuhkan waktu cerna yang lebih lama, sehingga bisa diserap menjadi energi dengan lebih maksimal oleh tubuh. Tak hanya itu, Karbohidrat kompleks biasanya juga mengenyangkan, Bu, sehingga si Kecil akan terhindar untuk makan secara berlebihan.

Nah, sekarang Ibu sudah lebih tahu kan tentang jenis-jenis Karbohidrat untuk si Kecil? Guna memastikan kebutuhan nutrisinya terpenuhi dengan baik, pastikan juga untuk memberikan Frisian Flag Karya yang dapat membantu mendukung proses belajar dan berkarya si Kecil.