Share Like
Simpan

Semenjak memiliki si Kecil, saya yang tadinya memang suka memasak jadi tambah senang di dapur. Apalagi waktu si Kecil menginjak usia 1 tahun, di mana makanannya mulai bisa bervariasi.

Salah satu favorit saya dalam membuat makanan si Kecil adalah camilan. Karena selain rasanya enak dan si Kecil suka, saya sering jadikan camilan sebagai makanan di mana bisa saya “selipkan” bahan-bahan bergizi saat ia sedang susah makan. Pasti akrab kan Bu, dengan situasi susah makan ini?

Nah, bahan yang paling sering saya selipkan ke dalam camilan si Kecil adalah oat. Bukan tanpa alasan lho, oat disebut sebagai makanan tersehat di dunia.  Manfaatnya dalam menurunkan kolesterol, gula darah dan menjaga kesehatan jantung orang dewasa telah dibuktikan oleh berbagai penelitian.

Bagaimana dengan manfaatnya untuk si Kecil? Banyak sekali, Bu. Pertama, mengandung banyak sekali serat yang baik untuk pencernaan si Kecil. Karbohidrat sederhana yang terdapat di dalamnya juga mensuplai energi yang cukup untuk aktivitasnya. Ketiga, oat mengandung vitamin dan mineral seperti zat besi, magnesium, kalsium, vitamin A, E, dan B.  Banyak sekali ya, Bu?

Dengan sejuta manfaatnya, oat punya kelemahan, yaitu kurang enak bila disantap begitu saja, apalagi buat si Kecil yang menyukai rasa enak. Namun tenang saja Bu, ada resep-resep berikut yang membuat si Kecil jadi doyan makan oat. Yuk, kita lihat sama-sama!

 

CHOCOLATE MOUSSE OAT

 

Bahan:

100 ml susu cair Frisian Flag

1 butir telur

50 gr coklat masak

1 sendok makan oatmeal atau sereal gandum

 

Cara membuat:

  1. Tim coklat masak hingga meleleh. Sisihkan.
  2. Campur susu dan telur, masak di api kecil sambil diaduk. Campurkan oat, angkat setelah mengental.
  3. Campur coklat leleh dengan oatmeal masak, aduk rata, tuang ke dalam mangkuk/gelas saji, dinginkan dalam kulkas.

 

KUE APEL OAT


Bahan:

3 sendok makan oatmeal

1 sendok makan mentega tanpa rasa

1 buah apel, kupas lalu parut

1 kuning telur

 

Cara membuat:

  1. Campur semua bahan, aduk rata.
  2. Masukkan ke dalam 2 wadah tahan panas, kemudian kukus sampai matang. Angkat.
  3. Sajikan dengan puree pisang atau puree buah kesukaan si Kecil.

 

GRANOLA BAR KENYAL TANPA PANGGANGAN

Bahan-bahan:

4 sendok makan mentega tanpa rasa

8 sendok makan gula aren

4 sendok makan madu

400 gram sereal

200 gram corn flakes

8 sendok makan kismis

100 gram chocolate chip

 

Cara membuat:

  1. Di panci ukuran medium, campur gula coklat dengan madu dan mentega. Panaskan hingga mendidih kemudian turunkan suhunya, sekitar 2 menit kemudian angkat.
  2. Tambahkan sereal, corn flakes, dan kismis ke dalam panci, kemudian campurkan dengan saus hingga merata. Pindahkan adonan yang sudah dilapisi saus ke dalam loyang panggangan, kemudian tekan hingga berbentuk kotak. Tambahkan chocolate chips di atasnya.
  3. Masukkan ke dalam kulkas selama 15 menit  dan potong-potong sesuai selera.

 

Wah, dari resepnya saja sudah terbayang kelezatannya kan, Bu? Pasti si Kecil tak menyadari adanya oat di dalam resep ini karena rasanya yang enak dan bentuknya cantik! Dengan camilan ini, si Kecil senang, kebutuhan gizinya dari oat pun tetap terpenuhi.

Apakah Ibu punya resep lain untuk camilan si Kecil yang terbuat dari oat? Boleh di-share di sini ya, Bu!