Manfaat telur bagi anak ternyata ada banyak. Selain mudah diolah dan didapatkan, telur merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan nutrisi lengkap sehingga sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang anak. Salah satu nutrisi yang penting di dalam telur, yaitu protein. Manfaat telur yang berasal dari protein bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh, sebagai sumber energi, membangun antibodi, dan masih banyak manfaat telur lainnya.

Banner Register
Banner AKP
Banner Register

Sebelum kita membahas mengenai manfaat telur lebih lanjut, perlu Ibu ketahui bahwa telur termasuk sumber makanan protein hewani. Nah, protein hewani merupakan jenis protein yang paling penting dan dibutuhkan oleh tubuh si Kecil dibandingkan protein nabati, terutama di masa tumbuh kembang. Ini karena protein nabati, seperti kacang-kacangan, sayuran dan buah memiliki asam amino pembatas yang menyebabkan asam amino lainnya tidak terserap dengan baik di dalam tubuh. 

Padahal, kebutuhan 9AAE harus terpenuhi dalam 9 jenis yang lengkap dan jumlah yang tepat agar tumbuh kembang si Kecil lebih optimal. 9 jenis asam amino esensial ini meliputi leusin, isoleusin, valin, triptofan, fenilalanin, metionin, treonin, lisin, dan histidin. Semua jenis 9AAE ini bisa Ibu dapatkan dalam telur. Itulah sebabnya, manfaat telur baik bagi kesehatan tubuh si Kecil jika dikonsumsi sesuai batas normal. 

Kekurangan 1 jenis dari 9 Asam Amino Esensial (9AAE) akan menurunkan kinerja hormon pertumbuhan, termasuk potensi tinggi badan, tingkat kecerdasan, dan daya tahan tubuh sebanyak -34%. Bahkan, kekurangan semua jenis 9 Asam Amino Esensial (9AAE) akan menurunkan hormon pertumbuhan tersebut sebanyak -50%.

Selain dikenal sebagai sumber protein, manfaat telur nyatanya lebih dari itu. Kandungan gizi telur masih ada banyak dan semuanya berperan penting terhadap tumbuh kembang maupun kesehatan si Kecil.

Artikel Sejenis

Manfaat Telur untuk Kesehatan

Kandungan gizi telur ada banyak dan semuanya berperan penting terhadap tumbuh kembang maupun kesehatan si Kecil. Untuk mengetahui apa saja manfaat telur untuk kesehatan anak-anak, berikut penjelasannya.

  • Mengoptimalkan tumbuh kembang

    Sudah banyak diketahui bahwa salah satu manfaat telur paling besar adalah kandungan protein tinggi di dalamnya. Protein sendiri menjadi pilar utama tubuh manusia, karena digunakan untuk membuat segala macam jaringan dan molekul yang bekerja dengan tujuan struktural dan fungsional.

    Manfaat telur yang mengandung banyak protein akan mencukupi kebutuhan protein si kecil. Satu telur besar mengandung kurang lebih 6 gram protein. Telur juga mengandung semua asam amino esensial dalam rasio yang tepat, sehingga tubuh anak dilengkapi dengan protein yang bermanfaat.

    Mendapatkan asupan protein yang cukup dapat membantu anak meningkatkan masa otot, menurunkan tekanan darah, dan mengoptimalkan kesehatan tulang sehingga manfaat telur akan begitu terasa pada masa perkembangannya.

  • Membantu meningkatkan kecerdasan 

    Manfaat telur berikutnya adalah membantu tumbuh kembang otak si kecil. Telur mengandung nutrisi kolin yaitu nutrisi yang kebanyakan orang tidak memahaminya, namun itu adalah zat yang sangat penting dan sering dikelompokkan dengan vitamin B.

    Kolin yang berperan dalam manfaat telur digunakan untuk membangun membran sel dan memiliki peran dalam memproduksi molekul pensinyalan di otak, bersama dengan berbagai fungsi lainnya. Telur utuh adalah sumber kolin yang sangat baik. Sel telur tunggal mengandung lebih dari 100 mg nutrisi yang sangat penting bagi masa pertumbuhan anak.

  • Menjaga kesehatan mata

    Manfaat telur selanjutnya adalah membantu menangkal beberapa proses penurunan fungsi yang dapat memengaruhi mata anak. Dua nutrisi untuk membantu proses ini yang ada di dalam telur adalah Lutein dan Zeaxanthin. Dua nutrisi adalah antioksidan kuat yang ada di retina mata. Selain itu, manfaat telur juga karena memiliki kandungan tinggi vitamin A yang baik untuk mata.

  • Tidak meningkatkan kolesterol dalam darah

    Manfaat telur yaitu tidak selalu meningkatkan kolesterol dalam darah. Memang diketahui bahwa telur memiliki tingkat kolesterol tinggi. Faktanya, satu telur dapat mengandung 212 mg, yang merupakan lebih dari setengah dari asupan harian yang direkomendasikan 300 mg.

    Meskipun manfaat telur cukup baik, penting untuk diingat bahwa kolesterol dalam makanan tidak selalu meningkatkan kolesterol dalam darah. Organ hati sebenarnya menghasilkan sejumlah besar kolesterol setiap hari. Ketika anak mengonsumsi sejumlah asupan kolesterol dalam makanan, hati hanya menghasilkan lebih sedikit kolesterol untuk menyeimbangkannya. Namun demikian, respons terhadap makan telur bervariasi antar individu.

Kandungan dan Manfaat Telur

Setelah mengetahui berbagai manfaat telur untuk tubuh khususnya bagi tumbuh kembang si kecil, penting untuk Ibu memahami jenis-jenis kandungan gizi yang ada di dalam telur. Berikut penjelasannya:

Protein

Di balik manfaat telur yang beragam, protein berperan penting di dalamnya lho, Bu. Seperti yang telah disebutkan, protein menjadi zat gizi yang berperan penting dalam tumbuh kembang si Kecil. Sebab protein bermanfaat untuk memelihara dan membangun sel-sel tubuh, menjaga kesehatan tulang, meningkatkan sistem imun, meningkatkan perkembangan otak, sebagai sumber energi, dan dapat mengangkut zat gizi lain di dalam tubuh. Putih telur jadi salah satu sumber protein yang baik bagi kesehatan

Itulah sebabnya, anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan wajib mengonsumsi protein secara tepat. Menurut Angka Kecukupan Gizi 2019 dari Kementerian Kesehatan RI, anak-anak usia 3-6 tahun dianjurkan memenuhi asupan protein sebanyak 25 gram per hari. Kebutuhan protein ini bisa Ibu dapatkan dalam susu, telur, ikan, daging merah, dan daging putih.

Protein di dalam putih telur ini nantinya akan diubah menjadi bentuk yang lebih sederhana yang disebut 9 Asam Amino Esensial (9AAE). Asupan 9AAE ini harus dipenuhi dalam jumlah yang lengkap agar tumbuh kembang si Kecil lebih optimal. tanpa adanya 9AAE maka nutrisi lain tidak akan terserap dengan maksimal. 

Karbohidrat

Meski kadarnya tidak terlalu tinggi di dalam telur, karbohidrat memiliki fungsi sebagai sumber energi bagi tubuh, mengurangi risiko penyakit tertentu, hingga memenuhi asupan kalori secara sehat.

Lemak

Kandungan gizi lainnya yang berperan dalam manfaat telur adalah lemak jenuh dan tak jenuh. Keduanya sama-sama baik dikonsumsi dalam jumlah yang cukup karena punya fungsi sebagai cadangan energi bagi tubuh, melindungi organ, menjaga suhu tubuh, hingga menjalankan fungsi tubuh.

Vitamin A

Vitamin A adalah kandungan gizi berikutnya yang berperan dalam manfaat telur untuk menjaga kesehatan kulit, mencegah penyakit campak, memelihara kesehatan tulang, hingga membantu tumbuh kembang sel.

Vitamin B2

Di dalam telur juga terkandung vitamin B2 atau Riboflavin yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh sehingga harus didapatkan dari makanan. Vitamin B2 yang berperan dalam manfaat telur juga penting untuk fungsi penglihatan, metabolisme energi, hingga mendukung pertumbuhan.

Vitamin B12

Kandungan gizi telur juga ada vitamin B12. Dikarenakan tubuh tidak mampu memproduksinya, maka dibutuhkan asupan makanan untuk mencukupi kebutuhan akan vitamin ini. Vitamin ini punya fungsi untuk membentuk sel darah merah, mengubah makanan menjadi energi, hingga meningkatkan sistem imunitas dan saraf.

Vitamin D

Si Kecil yang sedang dalam masa pertumbuhan sangat membutuhkan asupan nutrisi untuk memperkuat dan mengoptimalkan pertumbuhan tulangnya yang salah satunya berasal dari Vitamin D yang termasuk ke dalam manfaat telur untuk kesehatan. 

Vitamin E

Manfaat telur dari vitamin E berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas, memelihara kesehatan jantung, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Vitamin B9 (Asam Folat)

Manfaat telur dari asam folat tak hanya penting bagi ibu hamil lho, tetapi juga dapat menghasilkan dan menjaga sel-sel baru dan membentuk sel darah merah dalam tubuh si Kecil. 

Selenium

Selenium adalah mineral yang dibutuhkan tubuh sebagai antioksidan untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan radikal bebas.

Fosfor

Fosfor adalah mineral yang berfungsi untuk membangun dan memelihara gigi dan tulang yang sehat hingga metabolisme energi.

Yodium

Kandungan gizi telur yang satu ini dibutuhkan untuk tiroid, yaitu kelenjar yang menghasilkan dan menyimpan hormon yang mengontrol banyak fungsi tubuh. 

Cara Mengolah Telur

Manfaat telur memang sangat beragam bagi tumbuh kembang bayi, tapi juga merupakan pemicu alergi yang cukup kuat. Untuk itu diperlukan pengawasan dalam pemberiannya. Jika bayi memiliki risiko alergi yang tinggi, maka sebaiknya baru diberikan setelah usianya 1 tahun.

Di samping itu, agar manfaat kuning telur dapat diperoleh secara optimal, Ibu sebaiknya mengikuti cara pengolahan di bawah ini:

  • Pilih telur yang masih segar. Telur yang segar tentu kualitasnya lebih baik. Cara paling cepat untuk mengetahui telur masih dalam kondisi segar adalah dengan merendamnya di dalam air. Jika telur tersebut langsung tenggelam ke dasar wadah dalam posisi tidur, menandakan kondisinya masih segar.
  • Masak hingga matang. Pastikan Ibu menyajikan MPASI kuning telur yang sudah dimasak hingga matang, sebab telur setengah matang mengandung bakteri Salmonella yang bisa masuk melalui kulit telur yang retak. Bakteri tersebut dapat mengakibatkan bayi mengalami Salmonellosis, yaitu penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella yang menyerang usus.
  • Jangan masak terlalu lama. Selain tidak boleh dimasak terlalu cepat, kuning telur juga tidak boleh dimasak terlalu lama karena dapat menghilangkan kandungan protein di dalamnya. Jika sudah muncul garis berwarna hijau keabuan pada telur, tandanya telur tersebut sudah dimasak terlalu lama. Waktu yang paling pas untuk merebus telur adalah selama 8-10 menit.
  • Jangan dikonsumsi berlebihan. Dikarenakan kandungan kolesterolnya cukup tinggi, yaitu 185 mg, maka sebaiknya jangan memberikan kuning telur secara berlebihan pada bayi. Mengonsumsi kolesterol berlebihan dapat berisiko menyebabkan bayi mengalami obesitas. Baiknya berikan kuning telur satu hingga dua kali saja dalam seminggu.

Itulah beberapa kandungan gizi dan manfaat telur yang dapat mendukung tumbuh kembang si Kecil lebih optimal. Pastikan memenuhi asupan telur sesuai dengan batas normal ya, Bu. Selain manfaat telur, protein juga terkandung dalam susu yang dapat dikonsumsi oleh si Kecil secara rutin. Pastikan Ibu memilih susu bubuk pertumbuhan yang mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE). Kandungan 9 Asam Amino Esensial (9AAE) bisa secara lengkap Ibu dapatkan dalam Frisian Flag PRIMAGRO 1+, kandungan nutrisi dalam susu pertumbuhan ini sudah ditingkatkan dari sebelumnya demi mendukung potensi tumbuh kembang si Kecil lebih prima.

Susu Frisian Flag PRIMAGRO 1+ juga mengandung kombinasi 8 nutrisi penting untuk dukung kreativitas si Kecil, di antaranya DHA 4x lebih tinggi, asam lemak omega 3, asam lemak omega 6, minyak ikan, kolin, sphingomyelin, asam sialat, dan tirosin tertinggi. Susu pertumbuhan ini pun diperkaya 5 nutrisi penting lainnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh, seperti zat besi, vitamin D3, zinc, magnesium, dan vitamin C tertinggi yang dikombinasikan dengan 9 Asam Amino Esensial (9AAE), serta mengandung serat pangan inulin yang dapat mendukung kesehatan saluran pencernaan si Kecil.

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.