Whatsapp Share Like
Simpan

Halo Ibu, apakah Ibu sedang mencari alternatif Makanan Pendamping ASI (MPASI) agar bayi sehat? Saat ini, si Kecil sudah mulai menyantap makanan padat. Ibu pun harus mulai memikirkan berbagai menu makanan, supaya kebutuhan nutrisinya tetap terpenuhi. Nah, kacang hijau bisa menjadi salah satu alternatifnya, Bu. Tak hanya memiliki harga yang terjangkau, manfaat kacang hijau sebagai MPASI juga baik sekali lho, Bu. Apa saja manfaatnya? Yuk, teruskan membaca!

Kacang Hijau sebagai Sumber Vitamin dan Mineral

Banyak vitamin penting yang terkandung dalam kacang hijau, mulai dari vitamin C, A, K, E, sampai B-6. Vitamin-vitamin tersebut tentunya sangat dibutuhkan untuk menunjang kesehatan balita. Misalnya, vitamin C dapat mencegah penyakit akibat virus dan meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, kacang hijau cocok sebagai MPASI karena kaya akan kalsium dan berbagai mineral lainnya, seperti Kalium, Magnesium, Asam Folat, Seng, Besi dan Fosfor. Kalium  dan  Magnesium  ini baik untuk kesehatan pembuluh darah si Kecil, sehingga menyehatkan jantungnya.

Kacang Hijau Kaya Protein

Protein penting untuk mendukung tumbuh kembang balita, termasuk membentuk otot dan organ si Kecil. Menurut data nutrisi yang dimiliki oleh . Angka yang cukup tinggi ini sangat bisa dibandingkan dengan ikan, telur dan daging. Berbeda dengan sumber protein hewani, kacang hijau sebagai sumber protein nabati tidak memiliki lemak jenuh. Selain itu, kacang hijau juga lebih aman dipilih sebagai MPASI, karena tidak memicu alergi.

Kacang Hijau Kaya Serat

Manfaat kacang hijau untuk bayi selanjutnya adalah kandungan seratnya yang kaya. Sehingga sangat baik untuk pencernaan dan gizi balita. Ya, kacang hijau sangat mudah untuk dicerna oleh tubuh karena kaya akan serat. Ada dua macam serat yang terkandung dalam kacang hijau, yaitu serat larut yang dapat mengurangi masalah sembelit dan tidak larut yang berguna menjaga kadar gula darah.

Kacang Hijau Membantu Fungsi Hati

Ternyata, kacang hijau juga dapat meningkatkan metabolisme dan mengeluarkan racun dalam tubuh atau detoksifikasi untuk kesehatan balita. Hal ini tentunya dapat meningkatkan fungsi hati si Kecil yang dapat mengurangi risiko berbagai penyakit kronis.

Artikel Sejenis

Kacang Hijau Sehatkan Jantung

Mengonsumsi kacang hijau secara teratur bermanfaat untuk meningkatkan fleksibilitas pembuluh arteri dan vena, sehingga tekanan darah dapat lebih terjaga dan jantung si Kecil pun menjadi lebih sehat. Oh iya, Bu, selain itu, kacang hijau sebagai MPASI juga dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh, lho.

Nah, sudah tahu kan Bu banyaknya manfaat kacang hijau sebagai MPASI? Sekarang Ibu bisa memberikan si Kecil gizi yang lebih lengkap dari menu MPASI yang bervariasi. Selamat mencoba untuk menjaga bayi tetap sehat ya, Bu!

Jika ibu memiliki pertanyaan lain seputar nutrisi maupun tumbuh kembang si Kecil, silakan berkunjung ke laman Tanya Pakar. Para ahli di sana akan menjawab pertanyaan Ibu secara langsung. Untuk dapat menggunakan fitur tersebut, jangan lupa untuk registrasi terlebih dulu ya, Bu.