Whatsapp Share Like
Simpan

Kacang hijau dikenal sebagai salah satu jenis kacang-kacangan yang lezat untuk diolah menjadi apa saja. Dibuat bubur, es, puding, maupun diambil sarinya, semua rasanya enak. Tak sekedar lezat, manfaat kacang hijau juga sangat banyak lho, Bu. Untuk si Kecil, kacang hijau merupakan sumber berbagai macam nutrisi yang menyehatkan dan bermanfaat bagi tumbuh kembangnya. Mau tahu apa saja manfaat kacang hijau untuk anak-anak? Simak langsung yuk informasinya berikut ini:

Sumber Protein Nabati

Kacang hijau adalah sumber protein nabati yang bisa dijadikan alternatif bagi si Kecil yang alergi terhadap protein hewani tertentu, seperti ayam, seafood, atau telur. Kacang hijau mengandung 20-24% protein nabati yang bermanfaat bagi tubuh. Diantaranya adalah sebagai sumber energi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membentuk struktur sel baru, mengoptimalkan tumbuh kembang, serta menghasilkan enzim.

Sumber Karbohidrat

Anak-anak kadangkala susah sekali makan ya, Bu. Bisa jadi ia bosan dengan makanan yang itu-itu saja. Sebagai selingan, coba berikan kacang hijau saja. Di samping sebagai sumber protein, kacang ini juga merupakan sumber karbohidrat serta berbagai jenis nutrisi lainnya, lho. Ini artinya si Kecil sudah cukup mendapatkan berbagai nutrisi yang dibutuhkan bagi tumbuh kembangnya.

Mencegah Anemia

Memiliki kandungan zat besi membuat manfaat kacang hijau dapat mencegah anemia menyerang si Kecil. Anemia bisa menyebabkan si Kecil merasa pusing, lemas, tidak bertenaga, dan cenderung kurang aktif. Oleh karenanya, rutin berikan kacang hijau sebagai cemilan sehat buah hati ya, Bu.

Meningkatkan Fungsi Mata, Kulit, dan Darah

Kacang hijau memiliki kandungan vitamin B6 yang akan meningkatkan fungsi mata, kulit, dan darah pada si Kecil. Ketiganya merupakan bagian penting yang dibutuhkan bagi proses tumbuh kembangnya. Dengan mengkonsumsi kacang hijau, risiko si Kecil terserang anemia, mata rabun, serta kulit kering pun dapat berkurang.

Artikel Sejenis

Menjaga Kesehatan Penglihatan

Manfaat kacang hijau lainnya adalah untuk membantu menjaga kesehatan indera penglihatan si Kecil, Bu. Ini karena kacang hijau mengandung vitamin A yang memang besar peranannya bagi mata. Tak hanya itu, vitamin A juga berfungsi untuk memperkuat daya tahan tubuh, menjaga kesehatan sel-sel tubuh, serta sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas.  

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Anak-anak masih belum memiliki sistem imunitas yang sempurna sehingga lebih rentan terserang penyakit. Untuk menyiasatinya, berikanlah sumber makanan yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil, seperti kacang hijau yang mengandung flavonoid. Zat ini berperan sebagai antimikroba dan anti inflamasi yang ampuh melawan bakteri, jamur, dan virus penyebab penyakit yang banyak berkeliaran di sekitar si Kecil.

 

Baca juga: Jus Kacang Hijau Susu

Mengoptimalkan Perkembangan Otak & Memperbaiki Daya Ingat

Kacang hijau adalah sumber makanan yang mengandung asam folat. Nutrisi ini tak hanya baik untuk ibu hamil, tapi juga untuk anak-anak, Bu. Asam folat adalah nutrisi penting bagi otak yang mampu mengoptimalkan perkembangan otak serta memperbaiki daya ingat. Hal ini akan sangat membantu  dalam proses belajar si Kecil supaya ia mudah dalam menyerap dan cepat menghafal pengetahuan baru.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Saat si Kecil mengeluh sakit perut atau susah buang air besar, mungkin pencernaannya sedang bermasalah karena adanya bakteri atau kuman. Cobalah untuk memberikan kacang hijau saja, karena didalamnya terkandung pati dan serat yang bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan si Kecil. Kedua kandungan tersebut akan memberikan nutrisi pada bakteri baik di saluran pencernaan guna memperlancar proses pencernaan.

Menurunkan Risiko Penyakit Tertentu

Kesehatan si Kecil harus dijaga sejak dini. Salah satu caranya adalah dengan memberikan kacang hijau, karena manfaat kacang hijau bisa menurunkan risiko penyakit tertentu. Dengan mengkonsumsi kacang ini si Kecil akan terhindar dari beberapa penyakit berbahaya yang sering menjadi penyebab kematian tertinggi, seperti hipertensi, diabetes, dan jantung.

Memperkuat Tulang & Menurunkan Risiko Osteoporosis

Memiliki kandungan magnesium, membuat manfaat kacang hijau juga dapat memperkuat tulang si Kecil. Ini artinya risiko si Kecil osteoporosis pun akan berkurang. Ia akan tumbuh dengan tulang yang lebih kuat dan tumbuh dengan optimal. Selain itu, magnesium juga mampu memperbaiki kinerja otot dan syaraf, memperlancar pencernaan, menetralkan asam lambung, menurunkan tekanan darah, serta menjaga kesehatan jantung.

Mencegah Obesitas

Adanya kandungan protein dan serat membuat kacang hijau memberikan rasa kenyang yang lebih lama pada si Kecil. Ia tidak akan mudah tergiur untuk makan dengan porsi banyak atau ngemil cemilan tinggi gula yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Dengan begitu, berat badan si Kecil pun dapat lebih terjaga dan ia jadi lebih sehat.

Wah, banyak sekali manfaat kacang hijau untuk si Kecil ya, Bu. Melihat hal tersebut, Ibu perlu menjadikannya sebagai cemilan yang menyehatkan bagi buah hati. Berikan juga sumber makanan lainnya agar kebutuhan nutrisi si Kecil tetap terpenuhi, ya.

Susu Frisian Flag 123 PRIMANUTRI turut membantu melengkapi kebutuhan nutrisi si Kecil dengan kandungan nutrisi lengkap. Susu ini telah diperkaya dengan protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral serta zat besi, omega 3 dan 6, kalsium, zinc, selenium, dan prebiotik inulin.

Butuh informasi lainnya seputar anak? Tanyakan saja di laman Tanya Pakar, Bu. Akan ada para ahli yang akan menjawab pertanyaan Ibu secara langsung. Untuk dapat menggunakan fitur tersebut, jangan lupa untuk registrasi terlebih dulu.

 

sumber:

Popmama