Whatsapp Share Like Simpan

Sebagai salah satu produk olahan yang kaya protein, apakah yogurt untuk ibu hamil aman dikonsumsi? Mungkin sebagian Ibu bertanya-tanya terkait hal tersebut. Sebab, tak sedikit pula Ibu yang lebih cermat dalam memilih makanan yang dikonsumsi selama kehamilan agar tak berdampak terhadap kesehatan dan tumbuh kembang bayi. Apalagi yogurt untuk ibu hamil termasuk makanan yang mengandung bakteri baik. Untuk mengetahui penjelasan mengenai yogurt untuk ibu hamil, kita simak di bawah ini, yuk! 

Bolehkah Ibu Hamil Makan Yogurt?

Yogurt merupakan hasil olahan susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Proses fermentasi inilah yang menyebabkan yogurt memiliki rasa dan tekstur yang terbilang cukup unik, yaitu tekstur kental dengan perpaduan rasa asam dan manis, bila Ibu memilih yogurt yang memiliki rasa. Namun, ada pula yogurt yang tidak mengandung pemanis tambahan, sehingga rasanya cukup hambar dan sedikit asam. 

Produk olahan susu ini dianggap memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, tetapi bagaimana dengan ibu hamil? Apakah yogurt untuk ibu hamil aman dikonsumsi? Jawabannya aman ya, Bu. Selama masa kehamilan, ibu dapat mengonsumsi yogurt untuk mendukung asupan protein, kalsium, serta berbagai vitamin dan mineral lain. Lantas, bagaimana dengan bakteri baik dalam yogurt untuk ibu hamil? Tentu saja bakteri baik atau probiotik dalam yogurt untuk ibu hamil pun bermanfaat bagi kesehatan. 

Probiotik merupakan bakteri baik dan umumnya secara alami ditemukan pada usus setiap orang. Probiotik tidak mengganggu kesehatan ibu hamil, justru bakteri baik ini dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan ibu hamil. Pasalnya, salah satu keluhan yang dialami oleh ibu hamil adalah sembelit atau konstipasi. Nah, yogurt untuk ibu hamil bisa jadi salah satu pilihan untuk mengatasi kondisi tersebut, tentunya dengan kadar asupan yang sesuai batas normal dan tidak berlebihan. 

Bahkan, manfaat yogurt untuk ibu hamil tak hanya didapatkan dari probiotik saja lho, Bu. Terdapat berbagai nutrisi penting lainnya yang terkandung di dalam yogurt, di antaranya protein, lemak, karbohidrat, serat pangan, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, vitamin D, kalsium, kalium, zat besi, fosfor, natrium, dan magnesium. Di balik banyaknya nutrisi dalam yogurt, tak heran jika sumber protein hewani yang satu ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan ibu hamil. 

Artikel Sejenis

Manfaat Yogurt untuk Ibu Hamil

Berikut ini beberapa manfaat yogurt untuk ibu hamil yang perlu diketahui, antara lain:

  • Menjaga kesehatan tulang dan gigi

    Nutrisi yang terkandung dalam yogurt untuk ibu hamil, seperti protein, vitamin B2, vitamin B12, kalsium, kalium, dan magnesium dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Bahkan, manfaat ini bukan hanya dirasakan oleh Ibu saja lho, tetapi juga penting bagi bayi dalam kandungan. Sebab, nutrisi-nutrisi tersebut bermanfaat untuk pembentukan tulang dan gigi si Kecil. Ibu bisa memilih yogurt yang rendah lemak atau low fat karena mengandung kalsium yang cukup tinggi dan sehat. 

  • Mengurangi risiko sembelit 

    Seperti yang telah dibahas, salah satu manfaat utama yogurt untuk ibu hamil yaitu dapat mengurangi risiko sembelit. Kondisi ini merupakan salah satu masalah yang sering dirasakan oleh sebagian besar ibu hamil. Oleh karena itu, Ibu dapat mencegah munculnya sembelit dengan mengonsumsi yogurt untuk ibu hamil, serta diimbangi dengan asupan nutrisi seimbang lainnya dan pola hidup sehat. Pastikan Ibu mencukupi kebutuhan cairan harian dari air mineral, cukupi waktu istirahat dan tidur, rutin melakukan aktivitas fisik yang aman untuk ibu hamil, serta mengurangi stres. 

  • Membantu meningkatkan daya tahan tubuh

    Mengonsumsi yogurt untuk ibu hamil secara rutin juga dapat memperkuat sistem imun tubuh lho, Bu. Hal ini dikarenakan kandungan probiotik di dalam yogurt juga memiliki efek antiradang, sehingga dapat membantu mencegah tubuh dari serangan berbagai penyakit, seperti infeksi virus dan radang usus. Selain itu, yogurt juga diperkaya dengan vitamin D yang dapat membantu mencegah sejumlah penyakit, termasuk flu. 

  • Membantu mengurangi komplikasi kehamilan

    Manfaat yogurt untuk ibu hamil selanjutnya yaitu dapat membantu mengurangi komplikasi kehamilan, seperti diabetes gestasional, preeklamsia, infeksi vagina, dan alergi. Ini karena kandungan probiotik yang terdapat di dalam yogurt untuk ibu hamil berperan penting sebagai antiradang untuk melawan munculnya komplikasi kehamilan tersebut. Selain probiotik, lemak baik yang terkandung dalam yogurt juga bermanfaat untuk menjaga keseimbangan tekanan darah ibu hamil. Ditambah dengan kandungan kalium yang bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan jantung dan mencegah hipertensi saat kehamilan. 

Apa Jenis Yogurt yang Aman Dikonsumsi untuk Ibu Hamil?

Meskipun yogurt menawarkan beragam manfaat dan aman dikonsumsi saat hamil, namun ada beberapa hal yang perlu Ibu perhatikan dalam memilih yogurt untuk ibu hamil. Hal yang perlu Ibu perhatikan, pastikan memilih yogurt yang terbuat dari susu pasteurisasi (susu yang sudah matang). Sebab, susu yang belum dipasteurisasi masih mengandung bakteri yang berbahaya bagi Ibu dan bayi di dalam kandungan. Perlu Ibu ketahui, tak sedikit pula jenis yogurt yang belum dipasteurisasi atau terbuat dari susu yang belum dipasteurisasi, sebaiknya hindari jenis yogurt untuk ibu hamil tersebut ya, Bu. 

Selain itu, Ibu juga dianjurkan untuk mengonsumsi yogurt yang rendah lemak (low fat) dan tidak mengandung gula tambahan. Sebab, yogurt yang tinggi lemak dan mengandung pemanis tambahan bisa menambah berat badan Ibu secara berlebih jika dikonsumsi terlalu banyak. Yogurt yang mengandung pemanis dan memiliki tekstur lebih kental juga cenderung memiliki nutrisi yang lebih sedikit. Sebagai gantinya, Ibu dianjurkan untuk mengonsumsi yogurt yang tanpa rasa (plain yogurt) karena mengandung protein lebih tinggi yang penting bagi kesehatan Ibu dan bayi dalam kandungan. 

Supaya manfaat yogurt untuk ibu hamil lebih optimal, Ibu juga mengonsumsi yogurt bersama potongan buah-buahan yang segar untuk dijadikan camilan sehat. Ibu juga perlu memerhatikan konsumsi yogurt dengan tepat. Porsi yang disarankan bagi ibu hamil untuk mengonsumsi yogurt yaitu tidak lebih dari 3-4 cangkir per hari, sebagai alternatif asupan kalsium selain susu. Ibu juga sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu apabila memiliki riwayat alergi atau kondisi kesehatan lain sebelum mengonsumsi yogurt. 

Seperti yang Ibu ketahui, yogurt memang produk olahan susu yang kaya akan protein. Namun, Ibu tetap perlu menambah asupan protein hewani dari susu ibu hamil dan menyusui yang dapat menambah nutrisi secara optimal bagi Ibu dan si Kecil. Susu yang bisa Ibu pilih yaitu susu Frisian Flag MAMA yang mengandung beragam nutrisi penting, mulai dari protein, karbohidrat, lemak, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, vitamin D, kalsium, kalium, zat besi, zinc (seng), fosfor, natrium, dan magnesium. 

Frisian Flag MAMA juga mengandung serat pangan inulin yang berfungsi sebagai prebiotik (makanan sehat untuk bakteri baik) yang dapat membantu kesehatan saluran pencernaan dan membantu menghindari Ibu dari masalah sembelit atau konstipasi yang umumnya dialami oleh ibu hamil.

Susu Frisian Flag MAMA memiliki 2 manfaat sekaligus dalam 1 produknya, yaitu bermanfaat bagi ibu hamil dan menyusui, sehingga nutrisi di dalamnya penting bagi kesehatan Ibu dan si Kecil. Susu Frisian Flag MAMA hadir dengan rasa cokelat yang lezat dan bisa diminum dalam sajian susu panas maupun dingin sesuai selera Ibu. Konsumsi 2 gelas susu Frisian Flag MAMA setiap hari dapat memberikan tambahan energi sebanyak 380 kkal dan protein 18 gram, guna mendukung asupan gizi selama periode kehamilan dan menyusui.