Sebagai salah satu produk olahan yang kaya protein, apakah yogurt untuk ibu hamil aman dikonsumsi? Mungkin sebagian Ibu bertanya-tanya terkait hal tersebut. Sebab, tak sedikit pula Ibu yang lebih cermat dalam memilih makanan yang dikonsumsi selama kehamilan agar tak berdampak terhadap kesehatan dan tumbuh kembang bayi. 

Banner Register
Banner AKP
Banner Register
Banner Pop Up

Apalagi yogurt untuk ibu hamil termasuk makanan yang mengandung bakteri baik. Untuk mengetahui penjelasan mengenai yogurt untuk ibu hamil, kita simak di bawah ini, yuk! 

Bolehkah Ibu Hamil Makan Yogurt?

Yogurt merupakan hasil olahan susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Proses fermentasi inilah yang menyebabkan yogurt memiliki rasa dan tekstur yang terbilang cukup unik, yaitu tekstur kental dengan perpaduan rasa asam dan manis. 

Namun, ada pula yogurt yang tidak mengandung pemanis tambahan, sehingga rasanya cukup hambar dan sedikit asam. Produk olahan susu ini dianggap memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, tetapi bagaimana dengan ibu hamil? Apakah yogurt untuk ibu hamil aman dikonsumsi? Jawabannya aman ya, Bu. 

Selama masa kehamilan, ibu dapat mengonsumsi yogurt untuk mendukung asupan protein, kalsium, serta berbagai vitamin dan mineral lain. Lantas, bagaimana dengan bakteri baik dalam yogurt untuk ibu hamil? Tentu saja bakteri baik atau probiotik dalam yogurt untuk ibu hamil pun bermanfaat bagi kesehatan. 

Artikel Sejenis

Probiotik merupakan bakteri baik dan umumnya secara alami ditemukan pada usus setiap orang. Probiotik tidak mengganggu kesehatan ibu hamil, justru bakteri baik ini dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan ibu hamil. 

Pasalnya, salah satu keluhan yang dialami oleh ibu hamil adalah sembelit atau konstipasi. Nah, yogurt untuk ibu hamil bisa jadi salah satu pilihan untuk mengatasi kondisi tersebut, tentunya dengan kadar asupan yang sesuai batas normal dan tidak berlebihan. 

Bahkan, manfaat yogurt untuk ibu hamil tak hanya didapatkan dari probiotik saja lho, Bu. Terdapat berbagai nutrisi penting lainnya yang terkandung di dalam yogurt, di antaranya protein, lemak, karbohidrat, dan serat pangan. 

Tak hanya itu, yogurt juga mengandung vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, vitamin D, kalsium, kalium, zat besi, fosfor, natrium, dan magnesium. Di balik banyaknya nutrisi dalam yogurt, tak heran jika sumber protein hewani yang satu ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan ibu hamil. 

Baca juga: 12 Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil, Catat!

Manfaat Yogurt untuk Ibu Hamil

YOGURT UNTUK IBU HAMIL - IBUDANBALITA

Berdasarkan penelitian yang dirilis melalui jurnal National Library of Medicine, yogurt menawarkan beragam manfaat bagi Ibu hamil. Terutama untuk konsumsi yogurt yang mengandung probiotik, yogurt untuk ibu hamil bermanfaat dalam meningkatkan metabolisme tubuh lho, Bu. 

Sebagaimana yang Ibu ketahui bahwa penyerapan nutrisi penting agar janin mendapatkan sumber makanan yang membantu perkembangannya. Selain itu, konsumsi yogurt untuk ibu hamil juga berguna dalam mengurangi risiko radang dan menghalau terjadinya infeksi. 

Selain dari yogurt, probiotik juga bisa Ibu dapatkan melalui konsumsi makanan alami yang melewati proses fermentasi. Berikut ini beberapa manfaat yogurt untuk ibu hamil yang perlu diketahui.

  1. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

    Nutrisi yang terkandung dalam yogurt untuk ibu hamil, seperti protein, vitamin B2, vitamin B12, kalsium, kalium, dan magnesium dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. 

    Bahkan, manfaat ini bukan hanya dirasakan oleh Ibu saja lho, tetapi juga penting bagi bayi dalam kandungan. Sebab, nutrisi-nutrisi tersebut bermanfaat untuk pembentukan tulang dan gigi si Kecil. Ibu bisa memilih yogurt yang rendah lemak atau low fat karena mengandung kalsium yang cukup tinggi dan sehat. 

  2. Mengurangi risiko sembelit 

    Seperti yang telah dibahas, salah satu manfaat utama yogurt untuk ibu hamil yaitu dapat mengurangi risiko sembelit. Kondisi ini merupakan salah satu masalah yang sering dirasakan oleh sebagian besar ibu hamil. 

    Oleh karena itu, Ibu dapat mencegah munculnya sembelit dengan mengonsumsi yogurt untuk ibu hamil, serta diimbangi dengan asupan nutrisi seimbang lainnya dan pola hidup sehat. 

    Pastikan Ibu mencukupi kebutuhan cairan harian dari air mineral, cukupi waktu istirahat dan tidur, rutin melakukan aktivitas fisik yang aman untuk ibu hamil, serta mengurangi stres. 

  3. Membantu meningkatkan daya tahan tubuh

    Mengonsumsi yogurt untuk ibu hamil secara rutin juga dapat memperkuat sistem imun tubuh lho, Bu. Hal ini dikarenakan kandungan probiotik di dalam yogurt juga memiliki efek antiradang, sehingga dapat membantu mencegah tubuh dari serangan berbagai penyakit, seperti infeksi virus dan radang usus. 

    Selain itu, yogurt juga diperkaya dengan vitamin D yang dapat membantu mencegah sejumlah penyakit, termasuk flu. 

  4. Membantu mengurangi komplikasi kehamilan

    Manfaat yogurt untuk ibu hamil selanjutnya yaitu dapat membantu mengurangi komplikasi kehamilan, seperti diabetes gestasional, preeklamsia, infeksi vagina, dan alergi. Ini karena kandungan probiotik yang terdapat di dalam yogurt untuk ibu hamil berperan penting sebagai antiradang untuk melawan munculnya komplikasi kehamilan tersebut. 

    Selain probiotik, lemak baik yang terkandung dalam yogurt juga bermanfaat untuk menjaga keseimbangan tekanan darah ibu hamil. Ditambah dengan kandungan kalium yang bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan jantung dan mencegah hipertensi saat kehamilan. 

  5. Nutrisi Untuk Janin 

    Salah satu alasan Ibu mengonsumsi yogurt untuk ibu hamil tentu adalah sebagai sumber nutrisi untuk janin. Pasalnya, yogurt dinilai memiliki kandungan baik dalam menjaga perkembangan janin optimal. 

    Di antara banyaknya manfaat yang tersedia, yogurt untuk ibu hamil mengandung asam folat, vitamin D, hingga omega 3 yang berperan dalam meningkatkan pertumbuhan jaringan otak dan saraf janin. 

    Baca juga: Tanda Hipertensi pada Ibu Hamil yang Berbahaya

  6. Mencegah Tekanan Darah Tinggi 

    Di masa kehamilan Ibu rentan untuk mengalami kondisi tekanan darah tinggi. Ibu perlu memastikan tekanan darah selalu berada dalam angka yang normal. Jika terlalu lama dibiarkan hal tersebut dapat menghadirkan risiko kesehatan pada janin. Oleh karena itu, penting bagi Ibu untuk melakukan pemeriksaan rutin terhadap kondisi tubuh dan janin. 

    Sebagai solusi cepat, ternyata yogurt untuk ibu hamil juga bermanfaat dalam mencegah terjadinya kondisi tekanan darah tinggi. Manfaat tersebut hadir berkat kandungan yang ada di dalam yogurt. 

    Tidak hanya menjaga tekanan darah, yogurt untuk ibu hamil juga berperan dalam menurunkan kadar kolesterol. Manfaat tersebut juga membantu jantung Ibu jadi lebih sehat. Namun, Ibu perlu memastikan bahwa menu makanan yang dikonsumsi berasal dari sumber yang sehat, ya Bu. 

  7. Menjaga Berat Badan 

    Penting bagi Ibu untuk terus menjaga kondisi berat badan ideal di saat kehamilan. Jangan sampai berat badan turun atau naik terlalu drastis ya, Bu. Untuk mengetahui berat badan ideal, alangkah baiknya Ibu melakukan konsultasi kepada dokter. Selain itu, pastikan Ibu mengonsumsi makanan yang dapat membantu sistem pencernaan bekerja dengan lebih baik, seperti yogurt. 

    Yogurt untuk ibu hamil bisa jadi pilihan untuk menemani snack time di sore hari ya, Bu. Dengan sistem pencernaan yang optimal, tubuh lebih mudah mencerna makanan agar memastikan tubuh tetap memiliki berat badan yang ideal. 

    Sebagaimana yang Ibu ketahui, di masa kehamilan kadang Ibu bisa mengonsumsi makanan dalam porsi yang lebih dari biasanya demi mencapai angka berat badan tertentu. Setelah tercapai, Ibu bisa menjaga kondisi tersebut dengan rutin mengonsumsi yogurt untuk ibu hamil. 

  8. Mengatasi Kecemasan 

    Suasana hati akibat perubahan hormon di masa kehamilan mudah membuat Ibu merasa cemas. Bahkan rentan untuk mengalami stres yang berlebih. Meskipun kondisi tersebut sering terjadi, penting bagi Ibu untuk segera melakukan antisipasi. Rasa cemas dan tingkat stres yang tidak terkontrol bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan yang juga mengganggu kehamilan. 

    Yogurt untuk ibu hamil mampu mencegah berkembangnya kortisol dalam tubuh. Kortisol merupakan salah satu hormon yang memicu peningkatan stres dan juga rasa cemas. Selain itu, kortisol juga menjadi pemicu meningkatnya berat badan. Agar hormon tubuh tetap seimbang, Ibu bisa mengonsumsi yogurt di waktu luang untuk menghadirkan ketenangan. 

Apa Jenis Yogurt yang Aman Dikonsumsi untuk Ibu Hamil?

JENIS YOGURT UNTUK IBU HAMIL - IBUDANBALITA

Meskipun yogurt menawarkan beragam manfaat dan aman dikonsumsi saat hamil, namun ada beberapa hal yang perlu Ibu perhatikan dalam memilih yogurt untuk ibu hamil. Terlebih untuk memilih yogurt untuk ibu hamil trimester ketiga. Hal yang perlu Ibu perhatikan, pastikan memilih yogurt yang terbuat dari susu pasteurisasi (susu yang sudah matang). 

Sebab, susu yang belum dipasteurisasi masih mengandung bakteri yang berbahaya bagi Ibu dan bayi di dalam kandungan. Perlu Ibu ketahui, tak sedikit pula jenis yogurt yang belum dipasteurisasi atau terbuat dari susu yang belum dipasteurisasi, sebaiknya hindari jenis yogurt untuk ibu hamil trimester ketiga dengan proses produksi tersebut ya, Bu. 

Selain itu, Ibu juga dianjurkan untuk mengonsumsi yogurt yang rendah lemak (low fat) dan tidak mengandung gula tambahan, seperti greek yogurt untuk ibu hamil. Sebab, yogurt yang tinggi lemak dan mengandung pemanis tambahan bisa menambah berat badan Ibu secara berlebih jika dikonsumsi terlalu banyak. 

Yogurt yang mengandung pemanis dan memiliki tekstur lebih kental juga cenderung memiliki nutrisi yang lebih sedikit. Sebagai gantinya, Ibu dianjurkan untuk mengonsumsi yogurt yang tanpa rasa plain yogurt atau greek yogurt untuk ibu hamil karena mengandung protein lebih tinggi yang penting bagi kesehatan Ibu dan bayi dalam kandungan. 

Supaya manfaat yogurt untuk ibu hamil lebih optimal, Ibu juga mengonsumsi yogurt bersama potongan buah-buahan yang segar untuk dijadikan camilan sehat. Ibu juga perlu memerhatikan konsumsi yogurt dengan tepat. 

Porsi yang disarankan bagi ibu hamil untuk mengonsumsi yogurt yaitu tidak lebih dari 3-4 cangkir per hari, sebagai alternatif asupan kalsium selain susu. Ibu juga sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu apabila memiliki riwayat alergi atau kondisi kesehatan lain sebelum mengonsumsi yogurt. 

Seperti yang Ibu ketahui, yogurt memang produk olahan susu yang kaya akan protein. Meski begitu, Ibu disarankan hanya mengonsumsinya sesuai anjuran. Karena jika berlebihan, yogurt juga dapat memicu asam lambung. 

Baca juga: 10 Manfaat Susu Ibu Hamil dan Tips Memilihnya

Selama kehamilan, Ibu perlu tambahan nutrisi dan kalori untuk mendukung kesehatan Ibu dan tumbuh kembang janin. 

Selain mengonsumsi makanan bergizi, Ibu juga perlu mengonsumsi susu yang mengandung 9AAE (9 Asam Amino Esensial – protein penting dalam bentuk siap diserap oleh tubuh untuk mengoptimalkan tumbuh kembang otak dan tulang janin serta menjaga kesehatan ibu) dan 9 nutrisi penting lainnya seperti: asam folat, omega 3 (ALA)/DHA, Omega 6 (LA), zat besi, serat pangan inulin, vitamin C, protein, kalsium dan seng untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tambahan selama masa kehamilan.

Semua nutrisi di atas bisa Ibu dapatkan dengan rutin mengonsumsi 1 gelas susu Frisian Flag PRIMAMUM setiap harinya karena Susu Frisian Flag PRIMAMUM memiliki kandungan 9AAE dan 9 nutrisi penting yang dibutuhkan oleh ibu selama masa kehamilan dan juga pada saat menyusui nanti. 

Terlebih lagi DHA sangat dibutuhkan di 1000 hari pertama kehidupan si Kecil sejak dalam kandungan dan DHA dalam Frisian Flag PRIMAMUM juga tertinggi dibandingkan dengan susu sejenisnya. Susu Frisian Flag Primamum tersedia dalam rasa cokelat yang lezat dan tidak membuat enek atau mual.

Selain itu, pastikan Ibu memahami apa saja hal yang boleh dan perlu dihindari selama masa kehamilan ya, Bu. Ibu bisa menggunakan Kamus Kehamilan yang dikembangkan oleh Akademi Keluarga Prima bersama dr. Aviela Beeleonie, SpOG. Yuk, coba sekarang di halaman ini!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.