Share Like
Simpan

Saat mengandung, mengonsumsi makanan ibu hamil yang kaya gizi merupakan suatu keharusan. Melalui asupan makanan yang tepat, kebugaran tubuh Ibu akan senantiasa terjaga dan tumbuh kembang janin menjadi lebih optimal. Nah, di antara begitu banyak nutrisi yang diperlukan tubuh, iron alias zat besi tidak boleh Ibu lupakan karena memiliki begitu banyak manfaat selama masa kehamilan.

Agar Ibu mengetahui apa saja manfaatnya serta bagaimana cara mengonsumsi zat besi secara tepat, mari simak penjelasan berikut ini:

1. Manfaat zat besi

Zat besi merupakan mineral yang menjadi bagian penting dari hemoglobin, yaitu sebagai substansi dalam darah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Selain itu, zat besi yang ada dalam makanan ibu hamil juga membantu meningkatkan ketahanan tubuh terhadap serangan penyakit serta mengurangi risiko kelelahan berlebih dan timbulnya stres selama masa kehamilan.

2. Asupan minimal zat besi

Berdasarkan penelitian yang dilakukan U.S. Recommended Daily Allowance, wanita hamil harus mengonsumsi 30 mg zat besi dalam sehari. Zat besi ini bisa didapat dari makanan ibu hamil yang dikonsumsi ataupun dari suplemen yang diberikan oleh dokter. Jika Ibu menderita anemia selama masa kehamilan, maka asupan zat besi yang masuk perlu ditambah untuk memastikan jumlah sel darah merah dalam tubuh tetap stabil.   

3. Makanan kaya akan zat besi

Ikan, ayam, kepiting, kuning telur, daging kambing, hati, udang, dan kerang merupakan sumber zat besi yang sangat baik untuk tubuh. Selain berasal dari hewan, zat besi dalam makanan ibu hamil juga dapat diperoleh dari aneka sayur seperti brokoli, kentang manis, bayam, kubis, legum, dan lobak. Jika Ibu gemar mengonsumsi buah sebagai hidangan penutup, pilihlah anggur, plum, dan semangka yang juga kaya akan kandungan zat besi. 

4. Konsumsi vitamin C

Makanan ibu hamil yang kaya vitamin C akan membantu tubuh menyerap zat besi 6 kali lebih cepat, terutama yang berasal dari sayur-sayuran. Untuk itu, jangan lupa untuk selalu mengonsumsi vitamin C setiap hari saat menyantap makanan ibu hamil yang terbuat dari sayuran dengan kandungan zat besi, seperti bayam dan brokoli.

5. Hindari kopi dan teh

Jika Ibu mempunyai kebiasaan mengonsumsi kopi dan teh saat sedang makan, sebaiknya hentikan mulai sekarang. Kopi dan teh memiliki kandungan bernama fenol yang akan mengganggu penyerapan zat besi dalam tubuh sehingga tidak baik dikonsumsi bersamaan dengan waktu makan. Jika Ibu ingin minum teh atau kopi, lakukan 1 jam setelah makan dan pastikan jumlahnya tak lebih dari 200 mg per hari (2 cangkir kecil kopi=200 mg, 4 cangkir kecil teh=200 mg).

Melihat betapa pentingnya zat besi dalam makanan ibu hamil, mulai sekarang rajinlah mengonsumsi sajian yang kaya akan mineral satu ini. Ibu bisa memenuhi 30 mg zat besi dalam sehari dengan mengombinasikan aneka bahan makanan dan menciptakan masakan yang lezat sesuai selera.