Share Like
Simpan

Halo, Ibu! Bagaimana kabar kehamilan Ibu di trimester pertama ini? Semoga si Kecil tetap sehat ya di dalam kandungan. Hari ini, saya akan berbagi cerita tentang pengalaman saya pada waktu kehamilan dulu perihal makanan sehat yang mengandung Asam Folat. Nah, saya waktu itu selalu diingatkan dokter kandungan saya dulu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang satu ini setiap hari. Hm, sebenarnya kenapa ya?

Sebelumnya, pernahkah Ibu mendengar tentang Asam Folat? Ya, kandungan ini sangat penting untuk Ibu hamil terutama di trimester pertama. ini karena asam folat sangatlah bermanfaat untuk mendukung perkembangan otak janin dan mengurangi risiko si Kecil lahir cacat.

Faktanya, Ibu setidaknya harus mengonsumsi sedikitnya 0,6 mg Asam Folat per hari di bulan pertama kehamilan. Memenuhi kebutuhan nutrisi ini setiap harinya bisa membuat risiko si Kecil lahir cacat berkurang sebanyak 38 persen, lho.

Nah, berikut ini adalah pilihan makanan yang mengandung Asam Folat tinggi yang baik untuk Ibu hamil di trimester pertama:

 

1. Pepaya

Buah pepaya merupakan salah satu dari buah-buahan yang mengandung Asam Folat tinggi. Bayangkan saja, satu buah pepaya dapat memenuhi kebutuhan Asam Folat Ibu sebanyak 29%, lho. Ibu bisa menyajikan pepaya dengan dipotong-potong, atau bisa juga dengan dihaluskan.

2. Bayam

Bayam adalah salah satu sayuran hijau yang mengandung banyak mengandung Asam Folat. Satu piring bayam rebus dapat memenuhi sebanyak 65% Asam Folat yang dibutuhkan Ibu dalam sehari.

3. Brokoli

Brokoli dapat memenuhi sekitar 24% dari kebutuhan Asam Folat harian Ibu, belum lagi kandungan nutrisi penting lain yang bermanfaat untuk janin. Sebaiknya, sajikan brokoli kukus sebagai camilan di sore hari.

4. Jeruk

Jeruk termasuk buah-buahan yang kaya Asam Folat. Satu buah jeruk dapat memenuhi 10% asam folat harian Ibu, lho. Selain dimakan begitu saja, Ibu bisa membuat jus jeruk sebagai variasi.

5. Wortel

Semangkuk kecil wortel rebus dapat memenuhi hampir 5% Asam Folat harian. Ibu bisa mengonsumsi wortel muda rebus sebagai camilan atau menambahkannya sebagai campuran salad.

6. Bit

Bit adalah sumber antioksidan yang sangat baik bagi  tubuh. Sepiring kecil kecil bit yang direbus memenuhi sekitar 34% dari Asam Folat harian yang Ibu butuhkan. Salad bit adalah salah satu variasi menu lezat, sehat, dan bergizi.

7. Jagung

Sepiring jagung rebus dapat memenuhi hampir 20% dari kebutuhan Asam Folat harian Ibu. Hindari jagung kalengan dan piihlah jagung organik, ya.

8. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang hijau, kacang polong, dan kacang merah mengandung asam Folat tinggi, lho. Semangkuk kacang hijau dapat memenuhi 25% kebutuhan Asam Folat harian Ibu.

9. Selada

Sayuran ini bisa dimasukkan sebagai isi sandwich atau sebagai lauk pauk harian. Satu mangkuk kecil selada dapat memenuhi kebutuhan Asam Folat sebanyak 19% per hari.

10. Alpukat

Satu buah Alpukat dapat memenuhi kebutuhan Asam Folat harian sebanyak 22%. Buah hijau ini juga mengandung Vitamin K dan serat yang baik. Alpukat bisa ditambahkan ke dalam sandwich atau salad yang Ibu buat.

 

Banyak bukan variasi makanan tinggi Asam Folat yang bisa Ibu konsumsi? Nah, satu lagi yang paling penting. Selain makanan, pastikan juga Ibu selalu melengkapi asupan nutrisi dan gizi selama hamil dengan rutin minum susu yang mengandung Asam Folat ya, Bu. Sejak dulu, saya selalu memilih susu Frisian Flag Mama yang diperkaya dengan kandungan Asam Folat, ALA/AA, Serat Inulin, Kolin, serta 28 vitamin dan mineral lainnya. Dengan begitu, saya pun tidak perlu khawatir lagi karena kebutuhan nutrisi harian saya dan janin bisa terus terpenuhi dengan baik!