Whatsapp Share Like Simpan

Hai, Bu, bagaimana dengan kandungan Ibu? Apakah Ibu dan janin dalam kondisi sehat? Agar Ibu dan janin selalu sehat, maka Ibu harus rutin mengonsumsi makanan bergizi untuk ibu hamil. Tak hanya kesehatan saja, tumbuh kembang janin di dalam kandungan juga sangat bergantung pada asupan makanan yang masuk ke tubuh Ibu.

Namun Ibu juga perlu berhati-hati, karena tidak semua makanan bergizi boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Contohnya saja daging dan telur mentah serta ikan laut yang rawan mengandung merkuri. Makanan bergizi untuk ibu hamil yang aman untuk dikonsumsi adalah sebagai berikut:

Telur

Dikarenakan telah mengandung hampir seluruh zat gizi yang Ibu butuhkan, maka telur sangat direkomendasikan untuk rutin dikonsumsi oleh ibu hamil. Di dalam telur terkandung nutrisi berupa protein, lemak, vitamin, mineral, kalori, dan kolin. Kolin ini bermanfaat untuk perkembangan dan menjaga kesehatan otak janin. Hindarilah mengonsumsi telur setengah matang, karena bisa mengandung kuman yang berbahaya untuk kesehatan Ibu maupun janin.

Salmon

Salmon juga merupakan salah satu makanan bergizi untuk ibu hamil yang wajib untuk dikonsumsi. Ini karena tingginya kandungan asam lemak omega 3 di dalam salmon yang berperan penting dalam perkembangan mata dan otak janin. Salmon juga mengandung vitamin D yang akan menjaga kesehatan tulang Ibu dan janin.

Daging Tanpa Lemak

Untuk protein, pilihlah jenis daging tanpa lemak. Ibu hamil sebaiknya menjaga asupan lemak karena dapat berdampak buruk bagi Ibu dan janin. Mengonsumsi lemak berlebih bisa mengakibatkan terhambatnya perkembangan otak janin, berkurangnya metabolisme janin, meningkatkan risiko bayi terlahir dengan berat badan lebih, dan kenaikan berat badan berlebih bagi Ibu.

Artikel Sejenis

Daging tanpa lemak mengandung zat besi yang bermanfaat untuk membentuk sel darah merah yang bertugas mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh. Selama hamil, Ibu membutuhkan zat besi yang lebih banyak, karena volume darah ikut meningkat. Saat kebutuhan darah kurang tercukupi, maka Ibu berisiko mengalami anemia, bayi terlahir prematur, atau bayi lahir dengan berat badan rendah.

Ubi

Saat merasa bosan dengan nasi, Ibu bisa mengganti sumber karbohidrat dengan ubi. Ubi membantu mencukupi kebutuhan vitamin A yang dibutuhkan selama mengandung karena nutrisi ini berperang penting dalam perkembangan jaringan dan sel janin. Selain vitamin A, makanan bergizi untuk ibu hamil ini juga mengandung kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Bahkan menurut sebuah studi, ubi dikatakan mampu mengurangi kadar gula di dalam darah bagi penderita diabetes.

Brokoli

Brokoli adalah jenis sayuran yang mengandung banyak nutrisi yang ibu hamil butuhkan. Di antara kandungan brokoli adalah vitamin C, asam folat, zeaxanthin, karotenoid, dan kalsium. Dengan adanya kandungan tersebut, maka brokoli dapat memberikan manfaat untuk mengurangi risiko bayi terlahir cacat dan memiliki berat badan rendah, menguatkan tulang, dan menjaga kesehatan mata.

Bayam

Pada Ibu yang sedang hamil muda, maka akan sangat disarankan untuk mengonsumsi asam folat. Nah, zat tersebut banyak terkandung di dalam bayam, Bu. Di awal kehamilan, asam folat berperan penting untuk mencegah bayi mengalami cacat bawaan, seperti spina bifida dan anensepali. Selain itu, asam folat dapat mengurangi risiko Ibu mengalami preeklampsia dan persalinan prematur.

Alpukat

Memasuki trimester kedua, makanan bergizi untuk ibu hamil yang disarankan untuk rutin dikonsumsi adalah alpukat. Buah ini memiliki banyak sekali kandungan nutrisi, mulai dari vitamin B6, C, K, asam folat, kalium, asam lemak baik, dan serat.

Asam lemak baik yang terkandung di dalam alpukat berperan untuk mengoptimalkan perkembangan sistem saraf, kulit, jaringan, dan otak janin. Sedangkan kalium bermanfaat untuk mengurangi keluhan kram pada kaki yang sering dirasakan oleh ibu hamil.

 

Baca juga: Gizi Ibu Hamil Investasi Kesehatan dan Kecerdasan si Kecil

Pisang

Buah berwarna kuning ini adalah pilihan makanan bergizi untuk ibu hamil lainnya yang aman untuk dikonsumsi. Pisang juga bisa dijadikan alternatif camilan sehat saat Ibu merasa lapar tapi belum memasuki jam makan. Di dalam pisang terkandung vitamin B6 yang bermanfaat untuk mengurangi rasa mual yang sering dialami oleh ibu hamil, terutama di awal kehamilan. Ada juga kandungan kalium yang berperan dalam menjaga keseimbangan elektrolit dan cairan selama hamil. Lalu, ada potassium untuk menjaga kesehatan tulang serta mencegah penyakit stroke dan jantung.

Jeruk

Saat mulut Ibu terasa pahit atau cuaca sedang gerah, konsumsi jeruk saja. Makanan bergizi untuk ibu hamil ini tinggi kandungan vitamin C. Lalu, ada pula kandungan asam folat dan serat. Vitamin C akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh supaya Ibu tidak mudah terserang penyakit. Kandungan air di dalam jeruk juga hampir 90 persen, sehingga Ibu akan terhindar dari dehidrasi selama mengandung.

Mangga

Ibu hamil juga disarankan untuk mengonsumsi mangga, karena buah ini kaya akan kandungan vitamin A, C, dan kalium. Vitamin A dan C akan membantu menjaga kesehatan mata, meningkatkan sistem imun tubuh, dan sebagai antioksidan. Sedangkan kalium bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah dan menjaga kadar cairan di dalam tubuh. Buah ini juga tinggi kandungan serat sehingga bermanfaat untuk mencegah sembeli yang kerap dirasakan oleh ibu hamil.

Kacang-kacangan

Ibu hamil juga sebaiknya selalu selektif dalam memilih camilan. Pilihlah camilan sehat yang tetap bisa mencukupi kebutuhan nutrisi selama mengandung, seperti kacang-kacangan. Beberapa jenis kacang, seperti kacang tanah, kedelai, dan polong, yang mengandung protein, asam folat, kalsium, zat besi, dan serat dapat menjadi pilihan ibu hamil, terutama di trimester pertama kehamilan.

Kurma

Mengonsumsi kurma selama mengandung dapat membantu mencukupi kebutuhan potassium, zat besi, dan serat. Jika rutin dikonsumsi saat trimester ketiga dapat membantu pelebaran serviks yang akan menurunkan risiko induksi saat persalinan nanti. Namun jangan berlebihan mengonsumsi makanan bergizi untuk ibu hamil ini ya, Bu, karena kandungan gulanya cukup tinggi. Cukup makan satu saja setiap kali makan agar kadar gula dalam tubuh Ibu tetap terjaga.

Susu & Produk Olahannya

Susu merupakan sumber protein dan kalsium yang sangat bermanfaat untuk mendukung tumbuh kembang janin. Selain susu, Ibu juga bisa mengonsumsi produk olahannya, seperti keju dan yogurt. Namun berhati-hatilah dalam memilih susu ya, Bu. Hindari memilih susu yang belum dipasteurisasi karena mengandung banyak bakteri yang berbahaya bagi janin. Susu Frisian Flag Mama Tahap 0 SUPRIMA bisa menjadi pilihan tepat bagi ibu hamil, karena susu ini sudah mengandung nutrisi lengkap yang Ibu butuhkan.

Air Putih

Jangan lupa untuk selalu mencukupi kebutuhan cairan selama hamil dengan cara minum air putih secara cukup. Ibu hamil akan membutuhkan cairan lebih banyak dibandingkan sebelum hamil, yaitu 10 gelas per hari. Cairan diperlukan agar tubuh tidak mengalami dehidrasi yang bisa menyebabkan rasa lemas dan berkurangnya konsentrasi.

 

Catat baik-baik daftar makanan bergizi untuk ibu hamil di atas ya, Bu. Setelah itu masukkan ke dalam menu harian Ibu selama hamil hingga proses persalinan nanti. Semoga dengan rutin mengonsumsinya, Ibu serta janin selalu dalam keadaan sehat dan selamat.

Bagi Ibu yang ingin berkonsultasi seputar kehamilan, bisa berkunjung ke laman Tanya Pakar, ya. Pertanyaan Ibu akan dijawab langsung oleh ahlinya. Untuk bisa mengakses laman tersebut, jangan lupa untuk registrasi terlebih dulu.

 

Sumber:

alodokter

https://www.alodokter.com/daftar-makanan-bergizi-untuk-ibu-hamil-dan-manfaatnya