Share Like
Simpan

“Katanya, saat hamil trimester pertama, Ibu tidak disarankan minum air dingin atau es. Apakah nasihat ini benar?” Ini menjadi pertanyaan yang sering sekali saya dengar saat mengobrol dengan teman-teman sesama Ibu. Saya pun sempat penasaran apakah salah satu pantangan Ibu hamil ini fakta atau mitos belaka. Untuk itu, setelah berkonsultasi dengan dokter, saya rangkumkan informasinya untuk Ibu.

Awal Mula Pantangan Ibu Hamil Minum Es

Tahukah, Ibu? Banyak orang beranggapan bahwa rahim merupakan inkubator janin yang berfungsi untuk memberi kehangatan saat berada di dalam perut Ibu. Itu sebabnya, mereka menduga minuman dingin yang masuk dalam perut Ibu bisa membuat si Kecil kaget dan pada akhirnya memengaruhi perkembangan janin. Selain itu, pantangan ini juga muncul karena masyarakat awam khawatir janin akan terlalu besar sehingga sulit dilahirkan akibat Ibu hamil meminum air es.

Fakta Konsumsi Air Es dan Air Dingin Bagi Ibu Hamil

Bu, saat ini ada banyak sekali mitos kehamilan yang dipercayai masyarakat. Itu sebabnya, dokter pun memberi tahu saya fakta dari mengonsumsi minuman dingin dan air es bagi Ibu hamil berikut ini.

  • Minum Air Putih dengan Es Tidak Memengaruhi Ukuran dan Berat Janin

Ternyata bukan air esnya yang membuat si Kecil berukuran besar di dalam kandungan Bu, melainkan sirup dan tambahan pemanis lainnya yang dilarutkan bersama air es. Jadi, apabila Ibu hanya meminum air mineral dingin atau air putih yang dicampur es, tidak apa-apa. Sebaliknya, apabila Ibu membuat air sirup dingin, berat dan kadar gula darah si Kecil rentan meningkat. Ini dikarenakan konsumsi kandungan gula berlebihan bisa meningkatkan asupan gula yang diterima oleh janin dan meningkatkan risiko obesitas ketika si Kecil lahir nanti. 

  • Hubungan Minum Es dengan Risiko Diare Pada Ibu Hamil

Pada dasarnya, mengonsumsi minuman dingin tidak ada kaitannya dengan masalah pencernaan saat hamil. Meski begitu, risiko ini tetap dapat terjadi jika es batu yang dimasukan ke dalam air minum telah terkontaminasi bakteri atau kotoran lainnya. Itu sebabnya, pastikan tempat makan yang Ibu kunjungi bersih dan menggunakan air matang untuk membuat esnya. Apabila memungkinkan, usahakan untuk memesan minuman dingin dalam kemasan tanpa menambah es batu ya, Bu. 

Ternyata tak semua pantangan Ibu hamil benar ya, Bu. Apakah ada mitos seputar kehamilan yang Ibu percayai selama ini? Yuk, berbagi di Forum Ibu dan Balita!